10 Peristiwa Agung Yang Terjadi Pada Bulan Dzulhijjah Dalam Riwayat Ibnu Abbas

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

KINCAIMEDIA,  JAKARTA— Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan berasas hisab posisi bulansabit wilayah Indonesia nan sudah masuk kriteria MABIMS tersebut, serta adanya laporan bulansabit terlihat, disepakati bahwa 1 Dzulhijjah 1445 Hijriyah jatuh pada Sabtu 8 Juni 2024 Masehi.  

Sebagaimana bulan dalam tahun Hijriyah lainnya, terdapat sejumlah peristiwa krusial dalam Dzulhijjah. 

Dalam kitab “Hikmah & Rahasia Puasa” karya Al-Ghazali dkk diungkapkan sebuah hadits nan diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. 

Dalam hadits itu, Rasulullah berfirman tentang 10 peristiwa krusial nan terjadi pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Berikut daftarnya: 

1. Dosa Nabi Adam diampuni

Hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hari di mana Allah SWT mengampuni Nabi Adam As. Barang siapa nan berpuasa pada hari pertama ini, maka Allah SWT bakal mengampuni segala dosanya.

Nabi Adam dan Hawa diampuni setelah dikeluarkan dari surga akibat menyantap buah khuldi. Setelah memohon maaf dan terpisah, Nabi Adam dan Hawa dipertemukan kembali oleh Allah di padang Arafah pada 1 Dzulhijjah.

2. Nabi Yunus keluar dari mulut ikan paus

Hari kedua adalah hari di mana Allah SWT mengabulkan angan nabi Yunus AS dengan mengeluarkannya dari mulut ikan paus. Saat itu, Nabi Yunus sedang ada dalam perjalanan dengan kapal laut lantaran meninggalkan umatnya nan tidak kunjung beragama pada Allah SWT.

Barang siapa nan berpuasa pada hari kedua ini, seolah-olah dia telah beragama selama setahun penuh tanpa disertai dengan kemaksiatan kilatan mata sekalipun.

3. Terkabulnya angan Nabi Zakariya

Hari ketiga adalah hari di mana Allah SWT mengabulkan angan nabi Zakariya. Barang siapa nan berpuasa pada hari ketiga Dzulhijjah ini, maka Allah SWT mengabulkan doanya.

Dikisahkan, Allah SWT mengabulkan angan Nabi Zakariya nan terus menerus dipanjatkan. Nabi Zakariya nan pada tahun itu sudah tua berumur lebih dari 100 tahun akhirnya menyambut kelahiran anak pertamanya. 

4. Dilahirkannya Nabi Isa

Hari keempat adalah hari di mana Nabi Isa As dilahirkan. Pada 4 Dzulhijjah, Nabi Isa dilahirkan oleh ibunya, Maryam di perspektif kota Batlehem alias Baitullahm dalam kedaan sehat. Barang siapa nan berpuasa pada hari keempat Dzulhijjah ini, bakal terselamatkan dari kemiskinan dan kemiskinan.

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam