11 Susunan Acara Lamaran Secara Umum Dan Ide Isi Seserahan!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Lamaran adalah prosesi nan ditunggu-tunggu lantaran merupakan prosesi awal untuk suatu pasangan menuju pernikahan. Mulai dari pertemuan dua family dimana pihak laki-laki datang secara resmi menyampaikan maksud hati untuk meminang sang perempuan. Lamaran sendiri bisa dilakukan sesuai dengan budaya dan kemauan dari kedua calon mempelai alias family namun tetap ada patokan umum nan menjadi inti dari prosesi lamaran nan sudah sering dilakukan.

Lamaran sendiri menggunakan cincin lamaran alias tunangan sebagai simbol komitmen nan diberikan oleh pihak laki-laki nan melamar pihak wanitanya. Setelah prosesi lamaran biasanya pasangan bakal bersiap untuk mempersiapkan pernikahan mulai dari pemilihan tanggal pernikahan, menentukan lokasi, dan melakukan persiapan lain. Nah Grameds, ada beberapa step nan dilakukan saat prosesi lamaran itu sendiri, jika Grameds sedang mau melakukan aktivitas lamaran dan bingung dengan rundown susunan acaranya maka Anda bisa membaca tulisan dibawah ini nan bakal membahas mengenai rundown susunan aktivitas lamaran.

Pengertian Lamaran

Lamaran adalah momen ketika seseorang terutama calon mempelai laki-laki dengan resmi menyatakan niatnya untuk menikahi calon mempelai wanita di depan seluruh personil family baik dari calon mempelai laki-laki alias calon mempelai wanita. Tradisi lamaran ini biasanya diikat dengan sebuah cincin tunangan sebagai corak komitmen nan bakal dijalankan oleh kedua belah pihak.

Pada beberapa tata langkah banyak orang nan menggunakan lamaran sesuai dengan budaya dan budaya masing-masing dan ada juga nan menggunakan langkah nasional alias langkah umum. Yuk simak rundown susunan aktivitas lamaran di bawah ini!

Rundown Susunan Acara Lamaran

Grameds, berikut ini adalah rundown susunan aktivitas lamaran nan bisa menjadi inspirasi Anda untuk Anda jalani ketika prosesi lamaran

1. Calon Pengantin Pria Datang Bersama Keluarga Besar

sumber: pexels

Inti prosesi lamaran sendiri adalah ketika pengantin laki-laki datang berbareng family besar menyampaikan niat hati untuk melamar pengantin wanita. Maka dari itu prosesi ini menjadi perihal pertama nan dilakukan dalam lamaran. Biasanya lamaran dilakukan di rumah pengantin wanita dan ketika mempelai laki-laki menginjakan kaki di rumah pengantin wanita dan dengan hangat pengantin wanita bakal menyambut dan membujuk pengantin laki-laki untuk masuk dan prosesi bakal langsung berjalan.

Namun saat ini aktivitas lamaran tidak hanya dilakukan di rumah terutama jika besarnya rumah tidak memungkinkan. Banyak nan menggantinya dengan melakukannya di restoran alias di hotel nan dapat menampung family besar. Prosesi lamaran di restoran alias hotel biasanya tidak terlalu beda hanya nan membedakan adalah tempatnya, bakal ada prosesi pengantin laki-laki menghampiri pengantin wanita.

2. Pembukaan Acara Oleh MC

Setelah prosesi itu biasanya MC bakal melakukan pembukaan dan meminta para hadirin untuk mengambil tempat duduk nan sudah disediakan. MC bakal membuka dengan salam dan rasa syukur atas kesediaan tamu untuk datang dan melakukan angan pembukaan. Sebagai pembukaan juga MC bakal menyampaikan kembali alias menanyakan tujuan kehadiran calon mempelai laki-laki ke tempat mempelai wanita.

3. Wakil Calon Mempelai Pria Menyatakan Tujuan

Selanjutnya aktivitas dilanjutkan dengan wakil calon family laki-laki nan bakal menyampaikan tujuan mereka datang ialah untuk melamar putri dari family tersebut. Selanjutnya dia bakal menanyakan mengenai kesediaan apakah calon mempelai wanita untuk menjadi pasangan anak laki-laki mereka. Biasanya wakil calon mempelai laki-laki bakal diisi oleh sang ayah alias family inti dari laki-laki.

4. Wakil Calon Mempelai Perempuan Memberikan Respons

Setelah wakil calon mempelai laki-laki mengutarakan tujuannya aktivitas prosesi lamaran dilanjutkan dengan wakil calon mempelai wanita memberikan respon dan jawaban atas tujuan nan sudah disampaikan wakil calon mempelai pria. Biasanya wakil calon mempelai wanita juga diisi posisinya oleh sang ayah namun jika tidak dapat digantikan dengan family nan lain. Wakil calon mempelai bakal menyampaikan apakah putrinya bakal bersedia menerima lamaran tersebut.

5. Penyerahan Seserahan

sumber: detik

Calon mempelai laki-laki nan datang bakal didampingi family besar dan membawa seserahan sebagai tanda kasih nan bakal diberikan kepada calon mempelai perempuan. Setelah lamaran diterima secara resmi dan lamaran pihak laki-laki sudah diterima maka pihak laki-laki bakal memberikan seserahan. Biasanya dilakukan secara simbolis dari ibu calon mempelai laki-laki ke ibu calon mempelai wanita. Seserahan ini dapat dijadikan sebagai bukti kesungguhan hubungan nan bakal mereka jalani.

Biasanya isi dari seserahan ini adalah barang-barang nan digunakan oleh mempelai wanita seperti sepatu, baju, perangkat makeup, skincare, alias buah-buahan dan makanan.

6. Prosesi Tukar Cincin

Setelah selesai penyerahan beragam seserahan dari mempelai laki-laki ke pihak wanita maka dilanjutkan dengan tukar cincin. Cincin dijadikan sebagai simbol bahwa keduanya sudah diikat dalam hubungan nan lebih serius lagi menuju pernikahan. Penukaran cincin bisa dimulai dari ibu calon mempelai laki-laki nan memakaikan cincin kepada calon mempelai wanita dan selanjutnya diikuti oleh pihak wanita nan membalas memasangkan cincin kepada calon mempelai pria.

7. Perkenalan Masing-Masing Keluarga Besar

sumber: hipwee

Sesi selanjutnya dilakukan aktivitas perkenalan masing-masing family besar dari kedua pihak laki-laki dan wanita. Tujuan dari prosesi ini adalah saling memadukan dua family nan awalnya tidak saling kenal menjadi saling mengenal satu sama lain dan menjadi dua family nan harmonis. Biasanya pada sesi ini bakal ada banyak tawa dan candaan dari masing-masing family untuk mencairkan suasana.

8. Penutupan dan Pembacaan Doa

Selanjutnya aktivitas dilanjutkan dengan penutupan oleh MC dan angan penutup untuk mengakhiri prosesi lamaran. Doa penutup ini bisa dilakukan oleh family nan datang alias tokoh kepercayaan nan hadir. Selain itu calon mempelai laki-laki bakal mengucapkan salam perpisahan berbareng dengan family besar kepada calon mempelai wanita dan family sebagai penghormatan. Selain itu juga pada penutupan calon mempelai wanita bakal mengucapkan terimakasih kepada family calon mempelai laki-laki atas niat baik dan kehadirannya.

9.       Foto Bersama

Setelah aktivitas ditutup oleh MC dan pembacaan angan penutup, selanjutnya adalah sesi foto-foto bersama. Foto-foto ini bisa dimulai dari masin-masing family laki-laki dan wanita hingga foto berbareng antara dua keluarga. Sesi ini juga merupakan momen nan krusial lantaran sesi ini bakal mengabadikan moment kebersamaan dalam sebuah foto.

10. Makan Siang / Malam

Setelah melakukan foto berbareng biasanya para tamu undangan bakal melanjutkan dengan sesi makan siang alias makan malam sesuai dengan jam aktivitas lamaran nan diadakan. Biasanya pada sesi makan bakal membikin kedua family semakin dekat dan semakin mengenal satu sama lain.

11. Penyerahan Seserahan Kepada Pihak Pria

Setelah aktivitas makan siang bersama, pihak family mempelai laki-laki bakal siap-siap meninggalkan tempat wanita alias tempat acara. Ada juga kesepakatan dimana pihak wanita memberikan seserahan kembali kepada pihak laki-laki sebagai tanda terimakasih untuk dibawa pulang oleh pihak laki-laki. Seserahan ini juga sama bisa berupa makanan, buah dan peralatan nan digunakan sehari-hari. Setelah itu prosesi aktivitas lamaran sudah selesai.

Apa Saja nan Biasanya Menjadi Isi Seserahan

Grameds, mungkin dari Anda nan sedang menyiapkan lamaran bingung untuk menyiapkan isi seserahan nan begitu beragam, nah jika Anda tetap bingung untuk mengisi peralatan apa nan digunakan untuk isi seserahan maka berikut ini adalah beberapa buahpikiran isi seserahan nan bisa Anda gunakan

1. Perlengkapan Ibadah

sumber: kompasiana

Perlengkapan ibadah adalah isi seserahan nan kudu ada dalam seserahan lamaran. Perlengkapan ibadan ini sebagai simbol bahwa kedua calon mempelai nantinya bakal setiap dan senantiasa berpegang pada agama. Untuk calon mempelai muslim bisa memakai mukena, sajadah, Al quran dan tasbih namun jika calon mempelai wanita nasrani maka Anda bisa menggunakan rosario, alkitab, patung salib dan lain-lain.

2. Baju

Selanjutnya adalah isi seserahan berupa baju, baju ini dapat berupa setelan baju seperti satu stel penampilan baju kantor, baju tidur alias baju sehari-hari. Seserahan baju ini melambangkan bahwa calon mempelai laki-laki nantinya bakal bisa memenuhi kebutuhan calon pengantin wanita ketika sudah menikah nanti.

3. Peralatan Mandi

Selanjutnya adalah peralatan mandi nan bisa menjadi isi dari kotak seserahan, peralatan mandi ini bisa berupa sabun, shampoo, lotion dan lain-lain untuk kebutuhan kebersihan calon pengantin wanita. Peralatan mandi ini tidak perlu selengkap mungkin dan sesuai kesepakatan kedua mempelai. Peralatan mandi ini mempunyai simbol sebagai menjaga kebersihan tubuh calon mempelai wanita.

4. Make Up

sumber: bridestory

Selanjutnya adalah make up yang bisa menjadi buahpikiran isi seserahan. Karena seserahan ini diberikan dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai wanita maka dari itu makeup alias kosmetik adalah peralatan nan memang digunakan pihak wanita. Seserahan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon mempelai wanita sendiri seperti bedak, lipstik, pensil alis dan lain-lain. Makeup ini menjadi simbol bahwa mempelai wanita selalu mempercantik dirinya untuk calon suaminya nanti.

5. Tas

Selanjutnya adalah tas nan bisa menjadi buahpikiran isi kotak seserahan. Tas nan diberikan bisa sesuai dengan kebutuhan dari calon mempelai wanita apakah tas kerja alias tas pesta alias tas nan dapat digunakan sehari-hari.

6. Sepatu

Selanjutnya adalah sepatu nan juga bakal digunakan calon mempelai wanita setiap hari. Sepatu bisa Anda berikan model nan elok alias kesukaan calon mempelai wanita alias bisa juga sesuai dengan kesepakatan bersama. Kamu bisa memberikan sepatu pesta, sepatu kets alias sepatu lainnya.

 7. Perhiasan

Ide isi kotak seserahan selanjutnya adalah perhiasan. Perhiasan ini dapat Anda berikan dalam corak satu set seperti kalung, gelang, anting dan cincin. Barang-barang ini menjadi simbol bahwa calon pengantin wanita nantinya bisa bercahaya dan bercahaya dengan menggunakan perhiasan nan diberikan. Perlu diketahui bahwa perhiasan ini berbeda dengan cincin tunangan kelak ya Grameds.

8. Beberapa Jenis Makanan

Selanjutnya adalah beragam makanan nan bisa menjadi isi dari kotak seserahan. Makanan-makanan ini bisa dinikmati seluruh family nantinya baik dari pihak wanita alias pria. Biasanya makanan nan paling umum dibawa adalah beragam kue tradisional nan terbuat dari ketan, perihal ini menjadi simbol dan angan agar family kedua mempelai selalu lengket.

Penutup

Nah Grameds, itu dia rundown susunan aktivitas lamaran nan bisa menjadi inspirasi bagi Anda nan mau melangsungkan aktivitas lamaran dengan pasangan, beserta buahpikiran isi seserahan nan dapat Anda gunakan. Acara lamaran bukanlah dilihat dari seberapa megah dan mewah namun dilihat dari ketulusan hati masing-masing pasangan.

Semua rekomendasi kitab nan ada di bawah ini, bisa Anda dapatkan di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca.

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Baca Buku Ini Saat Engkau Ingin Menikah

Baca Buku Ini Saat Engkau Ingin Menikah

Buku ini membahas tema nan tiada habisnya, ialah “pernikahan” bagi orang-orang nan terpapar sindrom usia “seperempat abad.” Sebab, usia segitu menjadi momentum munculnya suara-suara nan menanyakan “kapan nikah?” Tema nan diulas adalah “kebelet” nikah, di mana perihal ini menjadi suatu pembenaran perseorangan untuk segera melangsungkan pernikahan atas dasar “takut zina, takut ketuaan, takut tidak laku, takut tidak membahagiakan ortu” dan dalih-dalih nan lain. Buku ini mengupas tentang the power of “kebelet” nikah nan menjadi hujjah para pengantin muda (di luar kemapanan mental dan finansial) nan notabene apakah sunah Rasul alias murni pembenaran pribadi untuk menjaga “keseimbangan” norma sosial.

50 Nasihat Pernikahan

50 Nasihat Pernikahan

Menikah merupakan salah satu fase terpenting dalam kehidupan seorang muslim. Ini merupakan sebuah komitmen untuk menjalin ikatan suci dengan dasar ketaatan untuk menjalankan ibadah kepada Allah dan menjalankan sunnah nan diteladankan Rasulullah. Dengan menikah, muslim menjalani fitrahnya sebagai manusia nan memerlukan pasangan dalam mengarungi hidup ini. Harapannya setelah menikah, laki-laki sebagai suami dan wanita sebagai istri, dapat saling melengkapi satu sama lain, saling mendukung, sehingga kebahagian dapat sama sama dinikmati. Namun, dalam perjalanan banyak perihal nan kudu disesuaikan dengan saling mengerti lantaran perbedaan perbedaan bakal sering terjadi. Suami dan istri seyogyanya sama sama menyadari posisi dan peran masing-masing, sehingga kerja sama dalam mengarungi kehidupan rumah tangga dapat terjalin dengan mesra.

30 Langkah Menuju Nikah

30 Langkah Menuju Nikah

Alhamdulillah, janji-Mu nyata. Ketika sudah menikah, siapa nan fakir maka bakal Engkau berikan kekayaan. Kekayaan kekayaan dan hati. Dengan menikah, nan hartanya miskin jadi kaya. nan hatinya miskin jadi kaya. Harta nan tadi tidak punya menjadi berada. Hati nan resah resah menjadi sumringah dan bungah. Semua itu berkah dari menikah. Alhamdulillah. Melalui kitab ini, izinkan saya berbagi dengan siapa saja nan sedang mencari pasangan hidup, pasangan sebagai istri alias suami. Mudahkanlah bagi siapa saja, siapa pun untuk mengikuti perintah dan sunah Nabimu. Menikah! Karena asasi dan sejatinya dengan menikah; hati tenang dan bahagia. Semoga dengan pernikahan ini, janji dan sigat taklik nan pernah terucap menjadi janji suci di hadapan-Mu kelak di akhirat.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog