12 Manfaat Terumbu Karang Di Kehidupan: Mulai Dari Tempat Wisata Hingga Obat Tradisional

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Terumbu karang adalah salah satu sumber daya laut nan dilindungi, dikarenakan mempunyai kegunaan nan baik untuk lingkungan sekitar. Di Indonesia, terumbu karang sangat mudah ditemukan lantaran negara ini menyandang gelar sebagai surga terumbu karang.

Terumbu karang di Indonesia mempunyai corak dan ragam nan elok serta faedah nan beragam. Secara ekologis, terumbu karang menjadi tempat organisme, hewan serta tumbuhan untuk berlindung serta mencari makan.

Tak hanya itu saja, rupanya ada faedah terumbu karang nan lain seperti digunakan untuk obat tradisional, mengurangi pemanasan dunia apalagi menjadi bahan baku kosmetik dalam bumi kecantikan.

Penasaran kan apa peran terumbu karang di Indonesia dan kenapa tanaman satu ini perlu dilindungi? Yuk, simak faedah terumbu karang dalam beragam bagian berikut ini.

Manfaat Terumbu Karang dalam Berbagai Bidang

(Sumber foto: www.pexels.com)

Dalam bahasa Inggris, terumbu karang dikenal pula sebagai coral reef dan tahukah Grameds bahwa coral reef termasuk organisme nan hidup dalam ekosistem laut serta berasal dari sekumpulan hewan mini dengan corak tabung.

Hewan-hewan mini tersebut mempunyai bersimbiosis dengan alga dan akhirnya terbentuklah terumbu karang. Terumbu karang ini mempunyai banyak faedah dalam beragam aspek kehidupan tak hanya untuk ekosistem laut saja.

Apa saja faedah dari terumbu karang atau coral reef tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Memajukan Roda Ekonomi Negara

Terumbu karang mempunyai tampilan nan elok serta unik. Dalam lautan, terumbu karang dijadikan sebagai tempat berlindung hewan laut seperti ikan-ikan kecil, udang, gurita dan lainnya.

Dikarenakan kegunaan dan keelokan bentuknya tersebut, terumbu karang dapat menarik minat para visitor untuk berjamu dan ikut memandang keelokan corak coral reef di lautan. Hal ini rupanya menjadikan terumbu karang sebagai perangkat untuk memajukan roda ekonomi suatu negara.

Lautan nan mempunyai banyak terumbu karang bagus biasanya bakal lebih menarik minat visitor untuk berkunjung, sehingga bakal membantu mendongkrak roda perekonomian suatu negara.

Beberapa contoh tempat di Indonesia nan dijadikan sebagai lokasi wisata lantaran terkenal mempunyai terumbu karang nan bagus adalah Taman Laut Bunaken, Pulau Raja Ampat hingga Taman Nasional Wakatobi.

2. Pemecah Gelombang Laut

Tak hanya mempunyai penampilan nan unik serta cantik, terumbu karang juga mempunyai peran krusial di lautan, salah satunya adalah sebagai pemecah gelombang lautan. Mengapa penting?

Tanpa adanya terumbu karang, maka gelombang besar bakal memporak-porandakan seluruh barang hingga makhluk hidup nan ada di pantai. Dengan adanya terumbu karang, gelombang nan besar pun bakal terpecah menjadi mini ketika sampai ke pantai dan tak menghancurkan barang alias makhluk hidup di dalamnya.

3. Habitat Hewan Laut

Ada banyak makhluk hidup nan berlindung di sekitar terumbu karang, oleh lantaran itu coral reef ini mempunyai peran krusial sebagai tempat berkembang biak, tempat tinggal serta tempat untuk mencari makan bagi beberapa biota laut.

Menurut National Ocean Services, terumbu karang menjadi kediaman bagi 4000 jenis ikan serta 800 karang keras dan jutaan jenis tak teridentifikasi lainnya. Oleh lantaran itu, terumbu karang menjadi ekosistem laut nan paling beragam serta berharga.

4. Obat Tradisional

Terumbu karang mempunyai segudang faedah untuk beragam aspek kehidupan, salah satunya adalah dalam bumi pengobatan tradisional. Siapa sangka, batu karang nan elok ini rupanya dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

Beberapa penyakit nan dianggap bisa diobati oleh obat tradisional dengan bahan dasar terumbu karang adalah radang sendi, jangkitan kuman alias virus apalagi hingga kanker dengan tingkat keparahan tertentu.

Dilihat dari khasiatnya tersebut, tidak heran bahwa obat tradisional dari terumbu karang saat ini semakin terkenal dan banyak dicari.

5. Media Bibit

Secara ekologis, terumbu karang alias coral reefs merupakan makhluk hidup laut nan mempunyai peran krusial bagi keberlangsungan makhluk hidup lainnya di lautan. Dikarenakan perannya tersebut, terumbu karang juga dimanfaatkan sebagai media bibit budidaya.

Ada beberapa jenis ikan laut nan hidup di terumbu karang, seperti ikan betok laut, serinding, sapu-sapu hingga blenniidae atau ikan peniru.

6. Mengurangi Pemanasan Global

Tak hanya menjadi tempat berlindung bagi ratusan hewan alias ikan di lautan, terumbu karang juga mempunyai faedah sebagai pencegah pemanasan dunia alias dikenal pula sebagai global warming.

Global warming ini terjadi ketika suhu bumi semakin meningkat seiring dengan waktu dan terumbu karang bisa menyerap gas karbon dioksida serta merubahnya menjadi unsur kapur. Proses penyerapan ini disebut pula sebagai klasifikasi.

Dengan perannya dalam penyerapan gas karbon dioksida tersebut, terumbu karang mempunyai kontribusi krusial dalam mengurangi upaya pemanasan di bumi akibat global warming.

7. Penghasil Obat Antivirus

Seperti nan telah dijelaskan sebelumnya, terumbu karang dapat digunakan menjadi obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit nan berasal dari virus. Dikarenakan khasiatnya tersebut, terumbu karang pun menjadi campuran untuk olahan obat anti nyeri.

Selain itu, terumbu karang juga dikembangkan sebagai obat anti vitus Ara-A serta AZT. Tak hanya itu saja, ekstrak dari biota laut ini juga diolah menjadi obat untuk terapi penyakit kanker. Biasanya, bagian nan digunakan adalah ekstrak spons pada terumbu karang di Karibia.

8. Sarana Penelitian

Terumbu karang merupakan salah satu biota laut nan unik serta mempunyai banyak faedah tersembunyi. Untuk dapat mengetahui faedah apa nan tersimpan dalam terumbu karang ini, maka banyak dilakukan penelitian terkait, seperti sebagai bahan baku obat dan lainnya.

Selain menjadi sarana penelitian, terumbu karang juga dijadikan sebagai salah satu aktivitas pendidikan nan menyenangkan untuk dapat mengenal ekosistem pada area pesisir serta tumbuhan laut.

9. Keanekaragaman Hayati nan Unik

Terumbu karang adalah salah satu organisme dengan nilai keanekaragaman hayati nan paling tinggi, terutama andaikan dibandingkan dengan organisme laut lainnya lantaran terumbu karang mempunyai biodiversitas cukup tinggi.

Dikarenakan biodiversitas tinggi tersebutlah, terumbu karang menjadi tempat bagi banyak jenis serta organisme di lautan. Keanekaragaman jenis tersebutlah nan membikin biota terumbu karang semakin banyak dimanfaatkan.

10. Tempat Berlindung Hewan Laut

Manfaat terumbu karang nan selanjutnya adalah sebagai tempat berlindung bagi makhluk hidup lainnya dari predator. Ada banyak makhluk hidup nan ikut berlindung di antara terumbu karang seperti ikan-ikan mini hingga organisme nan suka berkerumun.

Terumbu karang sebagai rumah dan tempat berlindung bagi beberapa hewan dapat mencegah para predator ketika bakal memangsa makhluk hidup nan lebih kecil.

11. Sarana Rekreasi

Salah satu faedah terumbu karang nan banyak dirasakan alias paling terlihat adalah sebagai sarana rekreasi. Biasanya suatu lokasi wisata bakal lebih ramai dikunjungi oleh visitor andaikan mempunyai pesona laut nan indah.

Salah satu aspek nan membikin laut menjadi lebih bagus adalah lantaran mempunyai terumbu karang nan sehat, berwarna serta bermacam-macam. Banyak terumbu karang dalam lautan tersebut juga bakal mengundang biota laut lain seperti ikan-ikan kecil.

Maka tidak heran jika faedah terumbu karang salah satunya adalah menjadi sarana rekreasi bagi para visitor nan mau melakukan aktivitas snorkeling atau apalagi diving.

12. Bahan Baku Perhiasan dan Industri

Selain mempunyai faedah sebagai bahan baku obat, terumbu karang juga digunakan sebagai bahan baku perhiasan serta aktivitas industri nan lainnya. Perhiasan dengan bahan baku terumbu karang biasanya mempunyai nilai jual tinggi.

Pada umumnya, terumbu karang nan digunakan sebagai bahan baku perhiasan adalah karang nan telah mati. Sehingga pemanfaatannya tidak bakal merusak ekosistem laut.

Itulah 12 faedah terumbu karang nan perlu Grameds ketahui. Dari kedua belas faedah tersebut, Grameds kini tahu bahwa terumbu karang alias coral reef memiliki peran krusial untuk menjaga keberlanjutan area pesisir serta lautan.

Selain itu, terumbu karang juga mempunyai nilai ekonomi tinggi andaikan dimanfaatkan dengan baik. Untuk memanfaatkan coral reefs menjadi peralatan bernilai, Grameds perlu mengenal terumbu karang dan langkah mengelolanya. Nah, perihal ini bisa Grameds ketahui dengan membaca kitab berjudul Mengenal Dan Mengelola Terumbu Karang yang bisa dibeli di Gramedia.com.

Mengenal dan Mengelola Terumbu Karang

button

Mengenal Terumbu Karang alias Coral Reefs

(Sumber foto: www.pexels.com)

Setelah mengetahui faedah terumbu karang, Grameds tentu kudu mengenal tentang terumbu karang agar dapat ikut berkontribusi menjaga ekosistemnya serta memanfaatkan dengan langkah baik tanpa mengeksploitasi.

Terumbu karang merupakan struktur masif nan terbentuk dari batu kapur nan telah diendapkan oleh polip karang. Polip dalam jumlah banyak kemudian bakal membentuk suatu koloni nan dikenal pula sebagai karang.

Proses polip menjadi sebuah koloni hingga akhirnya membentuk karang batu alias karang lunak ini memerlukan waktu sangat lama apalagi hingga ribuan tahun. Dikarenakan proses nan lama dalam pembentukan ekosistem terumbu karang ini, maka perlu dilakukan pemeliharaan.

Bagaimana caranya? Dalam kitab Pemeliharaan Terumbu Karang menjelaskan langkah pemeliharaan terumbu karang nan dirusak oleh aktivitas manusia, seperti aktivitas ekonomi oleh masyarakat pesisir.

Pemeliharaan Terumbu Karang

button

Terumbu karang didefinisikan sebagai struktur bawah air dan terdiri dari kerangka invertebrata laut kolonial alias disebut pula sebagai koral alias karang. Spesies koral nan membanung terumbu karang kemudian dikenal sebagai hermatypic.

Disebut hermatypic karena terumbu karang bisa mengekstraksi kalsium karbonat nan ada pada air laut untuk membikin rangka luar keras serta tahan lama nan berfaedah melindungi tubuh lunaknya dari luar.

Sementara itu, jenis koral lainnya nan tidak melalui proses pembentukan terumbu dikenal sebagai karang lunak. Jenis dari koral ini termasuk organisme elastis dan seringkali mempunyai corak seperti tanaman alias pohon.

Terumbu karang juga mempunyai ratusan jenis unik dengan rangkaian corak serta warna nan berbeda-beda. Mulai dari jenis karang dengan corak bulat terlipat, cemeti laut tinggi hingga karang berbentuk kipas nan rumit.

Karang-karang tersebut tergolong dalam filum cnidaria, ialah golongan nan mencakup ubur-ubur anemon laut, Portuguese man o war serta invertebrata laut agar-gara nan menyengat lainnya.

Ada beberapa jenis karang nan bisa menangkap biota laut mini seperti plankton alias ikan mini dengan tentakel penyengat nan ada pada luar tubuhnya. Akan tetapi, sebagian karang berjuntai pada alga untuk mendapatkan energi, sehingga bisa berfotosintesis.

Spesies karang lainnya seperti karang otak nan merupakan hermaprodit bisa menghasilkan telur serta sperma di waktu bersamaan. Sementara lainnya mempunyai sifat gonokoris yang artinya membikin koloni nan terdiri dari jantan semua alias sebaliknya.

Melihat Pesona Terumbu Karang Terbaik di Indonesia

(Sumber foto: www.pexels.com)

Indonesia dikenal sebagai surga terumbu karang, sehingga banyak pelancong asing nan berjamu ke wilayah tertentu untuk memandang dan menikmati keelokan dari terumbu karang nan ada di lautan Indonesia.

Salah satunya adalah Raja Ampat nan terkenal mempunyai lautan terindah dengan kekayaan alam mempesona. Nah, selain Raja Ampat ada pula tempat lain untuk dapat menikmati keelokan terumbu karang. Di mana saja? Yuk simak lebih lanjut.

1. Wakatobi

Tempat pertama nan cocok untuk memandang pesona bagus dari terumbu karang adalah Wakatobi nan berada di Sulawesi Tenggara dengan area seluas 1,39 juta hektar. Pulau Wakatobi dikenal sebagai taman laut nan mempunyai surga bawah laut.

Keindahan surga bawah laut tersebut bisa dinikmati dengan snorkeling atau apalagi diving di area taman laut dengan terumbu karang nan cantik. Pulau Wakatobi menjadi salah satu destinasi favorit bagi visitor mancanegara nan mau memandang keelokan karang.

2. Alor

Setelah pulau Wakatobi, Alor adalah destinasi berikutnya nan cocok untuk menikmati keelokan terumbu karang adalah Alor nan berada di Nusa Tenggara Timur dan berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Dibandingkan dengan pulau Wakatobi alias Raja Ampat, Alor memang salah satu letak memandang terumbu karang nan kurang populer. Akan tetapi, keelokan dari Alor juga tak kalah dengan kedua pulau tersebut.

Alor dikenal mempunyai lautan dengan air bening serta wilayah nan asri, sehingga sangat cocok jika Grameds ingin healing sambil menikmati keelokan alamnya.

3. Pulau Komodo

Masih berada di Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo adalah spot diving terbaik di bumi untuk memandang pesona terumbu karang serta beragam macam ikan elok dalam laut. Di pulau ini, Grameds bisa memandang hewan laut nan unik.

4. Bunaken

Bunaken adalah pulau kelima nan cocok menjadi tempat untuk memandang pesona bagus dari terumbu karang nan ada di Indonesia. Bunaken berada di Sulawesi Utara serta dikenal sebagai salah satu spot diving serta snorkeling menarik.

5. Derawan

Wisata terkenal terakhir nan cocok untuk memandang pesona terumbu karang di Indonesia adalah Derawan. Kepulauan Derawan sendiri merupakan ikon wisata bahari dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Selain terkenal mempunyai keelokan terumbu karangnya, Derawan juga dikenal mempunyai legenda tujuh pulau nan menyimpan kekayaan hayati laut, salah satunya adalah penyu hijau. Dengan karakter tersebut, Derawan menjadi salah satu spot diving paling terkenal apalagi telah berskala internasional.

Tercatat bahwa setidaknya ada 28 spot diving dengan 460 jenis batu karang memesona serta 259 ekor penyu hijau di area konservasi Pulau Derawan. Tertarik mengintip kecantikan dan keseruan di pulau ini?

Grameds bisa mengetahui keelokan dari Pulau Derawan sekaligus mendapatkan tips serta pedoman jika mau berjamu nan telah ditulis dalam kitab Derawan: Menyusuri Sang Legenda Tujuh Pulau. 

Derawan Menyusuri Sang Legenda Tujuh Pulau

button

Penutup

Nah, jadi itu faedah terumbu karang di kehidupan kita, Grameds. Tanpa disangka rupanya banyak juga, ya, manfaat terumbu karang. Bagi Grameds nan tertarik dengan hal-hal mengenai laut, Anda dapat mencari tahu lebih lengkapnya di buku-buku Gramedia.com.

Sumber:

  • https://www.gramedia.com/literasi/manfaat-terumbu-karang/#10_Manfaat_Terumbu_Karang
  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-terumbu-karang
  • https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/14/074500865/mengenal-apa-itu-terumbu-karang-pengertian-dan-fungsinya
ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog