12 Presale Koin Meme Solana Berujung Terbengkalai Bikin Investor Rugi Jutaan Dolar

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Kincaimedia – Dalam bumi mata uang digital nan penuh gejolak, ekosistem Solana baru-baru ini menjadi sorotan. Bagaimana tidak, aktivitas presale koin meme dengan lebih dari US$ 26,7 juta terkumpul hanya dalam 30 hari terakhir. Namun, kegembiraan itu tampaknya sekarang hanya untuk dikenang, lantaran seorang detektif blockchain independen dengan nama panggung ZachXBT mengungkapkan bahwa setidaknya 12 dari proyek-proyek ini telah “sepenuhnya terbengkalai.”

ZachXBT, dalam sebuah postingan di media sosial X pada Minggu (21/4/2024) menyebut bahwa proyek-proyek ini mengalami penurunan drastis setelah sukses mengumpulkan biaya besar melalui metode presale nan kontroversial. 

“Salah satu proyek nan paling mencolok adalah “I like this coin” (LIKE), nan sukses mengumpulkan 52.220 token SOL, alias setara dengan US$ 7,7 juta pada nilai saat ini,” ungkap ZachXBT, seperti dilansir dari cointelegraph.com.

Meskipun dimulai dengan antusiasme besar serta kapitalisasi pasar mencapai US$ 577 juta saat launching pada 17 Maret, nilai LIKE turun lebih dari 90 persen dalam delapan jam pertama. Saat ini, LIKE mengalami penurunan mencolok sebesar 99,2 persen dari nilai peluncurannya.

“Pihak developer juga tak nampak adanya aktivitas apa pun, baik di akun resmi X-nya alias pernyataan resmi sejak 31 Maret,” ujarnya. 

Kasus lain nan menarik perhatian ZachXBT, ialah presale MOONKE, nan diluncurkan oleh pendiri berjulukan samaran RockyXBT. Meskipun mendapat penilaian awal nyaris mencapai US$ 500 juta saat peluncurannya pada 20 Maret, MOONKE mengalami penurunan nilai nan sama drastisnya dalam waktu singkat.

“Yang lebih mengkhawatirkan, adalah proyek nan sukses mengumpulkan 4.567 SOL (US$ 812.000) namun tidak pernah meluncurkan tokennya. Mereka meninggalkan penanammodal dengan kekecewaan,” kata ZachXBT. Sampai saat ini, pendiri LIKE dan MOONKE, pokeee.eth dan RockyXBT belum memberikan pernyataan resmi. 

Bagaimana Kondisi Pasar Koin Meme? 

Sementara antusiasme pasar koin memr tampak merosot lantaran beberapa memecoin berbasis Solana, telah mengalami penurunan tajam lebih dari 40 persen sejak 1 April. Trend ini membawa indvestor kita pada masa boom ICO di Ethereum pada tahun 2017, di mana banyak proyek mata uang digital mengumpulkan jutaan dolar namun pada akhirnya kandas memberikan hasil.

Dalam kejadian nan luar biasa, salah satu kegagalan presale Solana nan paling mencolok terjadi pada Maret dengan Slerf (SLERF). Dalam perihal ini, pihak developer menyatakan secara tidak sengaja membakar seluruh alokasi presale SLERF, total 535.000 SOL (senilai sekitar $10 juta pada saat itu) dalam kesalahan pembakaran “fat finger.” 

Meskipun begitu, SLERF menjadi favorit di kalangan penanammodal memecoin, dengan nilai pasar melonjak hingga sekitar $750 juta. 

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di Kincaimedia bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. Kincaimedia tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis
Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis