Dalam 25 tahun sejak Google didirikan, teknologi telah menghasilkan banyak transformasi besar — nan mungkin paling terasa di Asia-Pasifik. Saat ini, kebanyakan pengguna internet bumi berada di area ini, dan peralihan teknologi – seperti munculnya smartphone dan ekonomi seluler – telah menunjukkan akibat nan lebih besar di sini dibandingkan tempat lain.



Dan dengan AI, kita bakal segera menjalani perubahan besar berikutnya. Studi awal memperkirakan bahwa penggunaan AI bakal meningkatkan faedah ekonomi bagi Indonesia hingga sebesar Rp2.612 triliun (US$167 miliar) pada tahun 2030. Jumlah ini setara dengan nyaris 13% PDB Indonesia tahun 2022. AI mempunyai potensi untuk mempercepat kemajuan digital dan membantu memecahkan beberapa tantangan paling mendesak di area ini. Kami sudah memandang akibat positif penerapan AI dalam bagian pertanian, iklim, dan deteksi penyakit di Asia. Namun, banyak orang tetap merasa kurang mempunyai keahlian untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal.



Melalui pendanaan baru AI Opportunity Fund: Asia-Pacific sebesar US$15 juta nan didukung Google.org, kami bakal berinvestasi dalam pengembangan keahlian utama di bagian AI dan membangun kepercayaan diri para pekerja dan pencari kerja, khususnya dari organisasi nan kurang terlayani di seluruh kawasan. Upaya ini melengkapi inisiatif keahlian digital dan AI kami nan sudah melangkah di Asia-Pasifik, seperti AI Essentials untuk pemula, AI Startup School untuk entrepreneur, dan program AI Google Cloud untuk bisnis.


Bekerja sama dengan Asian Venture Philanthropy Network (AVPN), sebuah jaringan penanammodal sosial, dan didukung oleh Asian Development Bank, biaya ini bakal mengundang proposal dari organisasi akibat sosial nan dapat membantu kami menjangkau orang-orang nan paling mungkin memperoleh faedah dari training AI. AVPN bakal bekerja sama dengan mitra lokal, nan dipilih melalui undangan proposal terbuka, untuk mengidentifikasi tantangan dan kesempatan spesifik mengenai AI bagi pencari kerja nan kurang terlayani serta upaya mikro dan mini di kawasan.

Organisasi terpilih bakal menerima support AI dalam bahasa lokal untuk membantu mereka memberikan training keahlian langsung ke organisasi masing-masing. Selain itu, hibah tunai bakal membantu mengatasi halangan belajar, seperti terbatasnya akses ke sumber daya pendidikan.



Organisasi nan bekerja dengan organisasi nan kurang terlayani dapat mempelajari selengkapnya di situs AI Opportunity Fund alias menyampaikan minat kepada AVPN.


http://1.bp.blogspot.com/-mX0dxJxp8dg/Vo8MSdxypWI/AAAAAAAARsI/EjaFhvgAEgc/s1600/Beutler_Google_Giftwrap_-v2TW.png -->