15 Universitas Tertua Di Dunia, Yang Paling Tua Dibangun Umat Islam 

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Terdapat sekitar 25.000 universitas di bumi nan menyediakan beragam kesempatan pendidikan tinggi, namun sudah berapa lama sebenarnya universitas tersebut berdiri. Ternyata banyak catatan peneliti nan sepakat bahwa universitas tertua di bumi dibangun oleh Muslim di benua Afrika.

Dilansir dari tulisan nan ditulis Jessica Mason pada laman Oxford Scholastica Academy, dituliskan ada 15 universitas tertua di dunia. Berikut ini 15 universitas tertua nan dipublis laman Oxford Scholastica Academy, Juli 2023.

1. Universitas Al-Qarawiyyin

Universitas tertua di bumi adalah Universitas Al-Qarawiyyin, di Fez, Maroko, Benua Afrika. Awalnya didirikan sebagai masjid pada tahun 859, sebelum berkembang menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka di Zaman Keemasan Islam.

Pada tahun 1963, universitas Al-Qarawiyyin secara resmi menjadi bagian dari sistem universitas negeri modern di Maroko. Sekarang dikenal luas sebagai universitas tertua nan tetap beraksi di dunia.

Universitas Al-Qarawiyyin telah memberikan kontribusi nan signifikan terhadap pendidikan Islam global, dan telah memainkan peran besar dalam membentuk tradisi intelektual dan budaya. Kelas-kelas nan diajarkan di sana sangat berkonsentrasi pada pengetahuan kepercayaan dan norma Islam, dengan konsentrasi unik pada tata bahasa dan linguistik Arab Klasik serta norma Maliki.

Bangunan masjidnya sendiri menampilkan unsur-unsur dari beragam periode sejarah Maroko, sehingga menjadi landmark arsitektur penting.

2. Universitas Bologna

Universitas tertua kedua di bumi adalah Universitas Bologna nan didirikan pada tahun 1088 di Bologna, Italia. Sebagai universitas tertua di Eropa, dan lembaga pemberi gelar pertama di bagian pendidikan tinggi, universitas ini memainkan peran nan sangat berpengaruh dalam pengembangan sistem norma dan ilmiah modern.

3. Universitas Oxford

Universitas Oxford adalah universitas tertua ketiga di dunia, didirikan pada abad ke-12 di Oxford, Inggris. Kini menjadi pusat pembelajaran dunia nan terkenal.

Sebagai universitas perguruan tinggi, kegunaan utamanya dibagi menjadi 44 perguruan tinggi tempat mahasiswanya tinggal dan bekerja. Perguruan tinggi tertua University College, Merton College, dan Balliol College, semuanya didirikan antara tahun 1249 dan 1264. Namun perguruan tinggi terbaru, Reuben College, baru didirikan pada tahun 2019, menunjukkan gimana universitas ini terus tumbuh dan berkembang selama berabad-abad.

4. Universitas Salamanca

Universitas tertua keempat di bumi adalah Universitas Salamanca nan didirikan pada tahun 1134 di Salamanca, Spanyol. 

5. Universitas Paris

Universitas Paris adalah universitas tertua kelima di dunia, didirikan sekitar tahun 1150 di ibu kota Perancis. Universitas ini terkenal sebagai pusat pembelajaran abad pertengahan, dan mempertahankan statusnya sebagai simbol pencarian intelektual.

6. Universitas Cambridge

Universitas tertua kedua di Inggris adalah Universitas Cambridge. Universitas ini didirikan pada abad ke-13 di Cambridge, Inggris. Selama berabad-abad, universitas ini mempunyai persaingan persahabatan dengan Universitas Oxford.

7. Universitas Al-Azhar

Universitas Al-Azhar adalah salah satu universitas Islam tertua di dunia, meskipun baru mencapai status universitas pada tahun 1961. Awalnya didirikan pada tahun 970 di Kairo, Mesir, Benua Afrika. Sejak itu mempunyai pengaruh besar terhadap kepercayaan dan tradisi intelektual. 

Sebelum tahun 1961, Al-Azhar diklasifikasikan sebagai madrasah, pusat pendidikan tinggi. Setelah sebagian besar disebut sebagai universitas keagamaan. Mata kuliah seperti Bisnis, Ekonomi, Teknik dan Kedokteran diperkenalkan pertama kali ketika Al-Azhar memperoleh status universitas pada tahun 1961.

8. Universitas Padua

Universitas Padua didirikan pada tahun 1222 di Padua, Italia, dan mempertahankan reputasi sebagai pusat pendidikan kedokteran terkemuka setelah perannya nan krusial dalam memajukan pengetahuan ilmiah pada periode Renaisans.

9. Universitas Montpellier

Universitas Montpellier didirikan pada tahun 1289 di Montpellier, Prancis, dan terkenal lantaran kontribusinya pada bagian pendidikan kedokteran. Fakultas Kedokterannya adalah sekolah kedokteran tertua di bumi nan tetap beroperasi.

10. Universitas Napoli Federico II

Salah satu universitas negeri tertua di bumi adalah Universitas Naples Federico II. Universitas ini didirikan pada tahun 1224 dan telah memberikan kontribusi besar pada beragam disiplin ilmu, termasuk filsafat, hukum, dan pengetahuan alam.

Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam