3 Kripto Terkenal Ini Keok Hingga Us$ 280 Miliar Dihajar Badai Minggu Lalu

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia – Pasar mata duit kripto, seperti diketahui sedang dalam keadaan genting setelah mengalami penurunan nan signifikan dalam tujuh hari terakhir. Melansir dari crypto.news, nilai kapitalisasi pasar dunia mata uang digital telah turun lebih dari US$ 280 miliar. Data ini merupakan catatan penurunan besar sebesar 10 persen menjadi US$ 2,32 triliun pada saat ini.

Penurunan nan terjadi ini telah melanda tiga koin papan atas, dengan keahlian paling mengkhawatirkan selama sepekan terakhir. Ketiga koin tersebut, yakni:

  1. Bitcoin 

Bitcoin nan dikenal sebagai ujung tombak pasar mata uang digital pada awalnya menunjukkan tanda-tanda positif di awal minggu. Nilainya melonjak melewati level US$ 70.000, tepatnya pada tanggal 8 April, dengan kenaikan sebesar 3,25 persen. 

Namun tak lama setelahnya, optimisme itu berubah menjadi kekhawatiran ketika pasar mendapat tekanan dari penjual. Berdasarkan info dari CoinMarketCap, BTC tergelincir di bawah US$ 70.000 keesokan harinya dengan kerugian sebesar 3,45 persen. Penurunan ini semakin diperparah oleh info inflasi AS nan mengejutkan.

Meskipun sempat ada upaya kembali pulih, Bitcoin akhirnya kembali terdampar dalam penurunan nan berkelanjutan. Dalam tiga hari berturut-turut dari tanggal 11 hingga 13 April, mata uang digital utama itu terjun bebas ke level terendah dalam sebulan, mencapai US$ 61.596 pada tanggal 13 April lalu. Hingga kini, upaya untuk bangkit kembali ke level US$ 65.000 terus berlangsung, meskipun nilai BTC turun 8 persen dalam dua hari terakhir.

  1. Solana

Solana (SOL), nan merupakan salah satu aset papan atas dulain nan terkenal juga mengalami nasib serupa. Dari info nan dihimpun, SOL merosot tajam di bawah rata-rata pergerakan eksponensial 50 hari (EMA) dalam minggu nan penuh gejolak ini. 

Dari tanggal 11 hingga 13 April, SOL merosot sebesar 21,19 persen. Penurunan ini mencerminkan bahwa Solaan kehilangan level-level resisten penting, dan ditutup pada US$ 139,94 dengan penurunan 24 persen selama seminggu.

  1. Pepecoin 

Sementara itu, koin meme seperti Pepecoin (PEPE) turut terdampak parah oleh penurunan pasar. Kendati sempat mengalami lonjakan nilai dalam waktu singkat, PEPE akhirnya terjun bebas ke level terendah dalam sebulan, dan diperdagangkan di bawah level support US$ 0,000004. 

Volatilitas Pepe terlihat jelas sepanjang minggu, dengan kenaikan dan penurunan nan signifikan. Jika dilihat secara keseluruhan, aset guyonan dengan tema kodok ini mengalami penurunan sebesar 29 persen. 

Selain itu, Indeks Kanal Komoditas (CCI) Pepe merosot menjadi -245, nan menandakan bahwa koin ini sangat undervalued dan mempunyai potensi pertumbuhan di masa depan. Namun demikian, sejarah menunjukkan bahwa Pepe mungkin mengalami penurunan lebih lanjut sebelum pemulihan.

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di Kincaimedia bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. Kincaimedia tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis
Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis