3 Poin Penting Dari Google Core Update 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Di bulan Maret 2024 lalu, Google Core Update terbaru telah dirilis. Pembaharuan tersebut berakibat cukup signifikan pada ranking konten dan sistem ranking pada search engine. 

Mengutip dari laman resmi Google, pembaruan dari Google berfokus pada peningkatan kualitas hasil pencarian dengan mengurangi konten berbobot rendah. Hal ini dilakukan Google untuk memastikan bahwa hasil pencarian lebih relevan dan berfaedah untuk audiens. 

Adanya pembaruan ini menjadikan para penggiat SEO (Search Engine Optimization) sepatutnya lebih beragam macam aspek mengenai kualitas konten dan pengaruhnya terhadap ranking website. Apa saja poin nan perlu diperhatikan? Simak lengkapnya berikut ini! 

Kebijakan Spam Terbaru 

Google sekarang telah mengembangkan sistem terbaru dan kebijakan anti spam untuk mencegah konten berbobot rendah muncul dalam hasil pencarian. Inilah beberapa rincian konten spam nan dimaksud: 

Penyalahgunaan Konten Skala Besar 

Beberapa pengelola website memproduksi konten sebanyak-banyaknya melalui proses otomatisasi (software alias artificial intelligence), penulisan manual oleh manusia, maupun perpaduan di antara keduanya. 

Tujuan pembuatan konten skala besar ini adalah menunjang hasil ranking pencarian. Sayangnya, konten-konten tersebut tak jarang mempunyai kualitas rendah dan apalagi tidak autentik alias mempunyai tingkat plagiarisme nan tinggi. 

Penyalahgunaan Reputasi Website 

Terkadang, situs web nan mempunyai konten berbobot juga menampung konten berbobot rendah dari pihak ketiga, di mana pihak ketiga ini mempunyai tujuan memanfaatkan reputasi situs nan memuat konten unggulan.  

Masalahnya, kasus seperti ini bisa membikin user experience dari pembaca bisa berkurang, dikarenakan konten nan tertera tidak memberikan faedah apapun. Sehingga dapat dikategorikan sebagai konten berbobot rendah. 

Penyalahgunaan Domain Kadaluarsa 

Kebijakan spam terbaru dari Google bakal menargetkan penyalahgunaan domain nan kadaluarsa. Sebab, tak jarang domain nan sudah kadaluarsa nan sudah tidak digunakan seringkali diperjualbelikan dengan maksud meningkatkan search ranking dari konten berbobot rendah. 

Praktik ini dapat menyesatkan audiens, lantaran audiens berpikir bahwa konten baru adalah bagian dari situs lama nan terpercaya. Tak heran jika Google menganggap bahwa penyalahgunaan ini tergolong spam. 

Konten Spam Akan Dieliminasi oleh Google

Lantas, apa nan bakal dilakukan oleh Google sehubungan dengan konten nan menyalahi izin baru ini? Google bakal menghilangkan konten alias website dari search engine jika melanggar kebijakan spam terbaru. 

Sistem ranking nan telah disempurnakan ini bisa memahami secara mendalam apakah konten bisa memberikan solusi user, mempunyai user experience nan baik, dan memang dirancang spesifik untuk manusia, bukan untuk search engine. 

Google sendiri memperkirakan campuran dari pembaruan core pada Maret 2024 dan sistem nan sudah ada dapat mengurangi konten berbobot rendah dan jiplakan di search engine sebesar 40%.

High Quality Content Lebih Diutamakan 

Pada dasarnya, Google selalu menekankan pada orisinalitas, tingkat kedalaman informasi, dan nilai bagi pembaca. Konten nan berbobot selayaknya memenuhi aspek E-E-A-T (Expertise, Experience, Authoritativeness, Trustworthiness). 

Penggunaan prinsip E-E-A-T berfaedah untuk menunjukkan kepada Google dan audiens jika website Anda adalah pihak nan mempunyai otoritas dan expertise di bidangnya.

Di samping itu, user experience adalah poin krusial lainnya nan memengaruhi parameter high quality content bagi algoritma Google. Navigasi dan layout pada web Anda wajib terlihat baik dan intuitif bagi pengunjung.

Situs web nan hanya konsentrasi pada optimasi kata kunci, tetapi mengabaikan aspek kreasi user interface dan experience tentunya bakal dikenai sanksi. Hal krusial lain nan tak boleh ketinggalan adalah page speed serta keahlian website dan konten untuk bersaing di dalam optimasi search engine. 

Penyesuaian dan perubahan dari Google menjadi pengingat bagi Anda untuk selalu memproduksi konten nan mengutamakan manusia terlebih dulu daripada hanya terus-terusan berpatokan pada SEO. 

Apa nan Perlu Dilakukan Terkait Update Ini? 

Dengan perubahan kebijakan dan algoritma Google, ada beberapa langkah krusial nan perlu Anda lakukan untuk mencegah hukuman dari Google. 

  1. Lakukan audit konten secara menyeluruh di situs Anda. Pastikan semua konten berkarakter orisinal, dan memberikan nilai tambah bagi pembaca. Jangan lupa untuk pembaruan konten sudah tidak lagi relevan.
  2. Tingkatkan aspek E-E-A-T melalui penulisan nan mendalam dan sumber nan terpercaya. Pastikan juga untuk memperjelas skill penulis di situs Anda.
  3. Perbaiki kreasi dan navigasi situs Anda untuk memastikan website mudah digunakan dan dipahami oleh user. 
  4. Selalu ikuti pedoman dan perubahan algoritma Google. Anda dapat menggunakan perangkat analitik untuk mengawasi perubahan trafik dan peringkat. 
  5. Dan terakhir, sesuaikan strategi SEO Anda berasas kajian info nan ada. 

Kesimpulan

Google Core Update 2024 telah membawa perubahan signifikan terhadap langkah Google menilai dan meranking konten di mesin pencariannya, dengan konsentrasi utama pada peningkatan kualitas hasil pencarian dan penghapusan konten berbobot rendah. 

Di samping itu, tujuan utama pembuatan sebuah konten semakin digarisbawahi untuk  memberikan nilai tambah bagi pembaca. Bukan hanya sekadar dalam rangka memenuhi kriteria SEO alias search engine. 

Meson Digital Agency menawarkan jasa SEO untuk membantu Anda meraih hasil maksimal. Dengan pengalaman luas dalam beragam industri, tim kami siap mengembangkan strategi terbaik untuk upaya Anda. Hubungi Meson Digital untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai penerapan SEO. 

Selengkapnya
Sumber Digital Marketing Agency
Digital Marketing Agency