5 Ikan Hias Yang Sering Dipelihara Di Kolam Dan Tips Merawat Kolam

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Grameds, tidak hanya anjing dan kucing nan bisa menjadi piaraan andalan, namun ikan juga bisa dipertimbangkan loh untuk menjadi piaraan kamu, terutama perawatan ikan nan tidak terlalu susah dan dapat dikatakan mempunyai nilai perawatan nan terjangkau pula. Ikan hias biasanya dipelihara untuk menambah kecantikan rumah dan kenyamanan rumah terutama jika memelihara ikan hias menggunakan kolam ikan bukan hanya aquarium.

Nah Grameds, ada banyak sekali jenis ikan hias nan dapat dipelihara di kolam. Dari ukuran ikan nan lumayan besar hingga nan berukuran kecil. Jika Anda mencari-cari jenis ikan hias apa nan bisa Anda gunakan untuk mempercantik kolam ikanmu, tulisan ini bakal membahas mengenai ikan hias nan sering dipelihara di kolam.

Jenis Ikan Hias nan Cocok untuk Dipelihara Di Kolam

(Sumber foto: www.pexels.com)

Grameds, ikan hias tentu bakal banyak sekali jenis dan ukuran. Kamu bisa memilih ikan hias dari nilai nan murah hingga nan mahal untuk menghiasi kolam ikan kamu. Selain itu ada beberapa ikan hias nan tidak dapat digabungkan dengan jenis ikan lainnya sehingga jangan sampai Anda salah pilih ikan, ya Grameds.

1. Ikan Koi

Ikan koi merupakan ikan favorit di kalangan pecinta ikan hias lantaran mempunyai corak dan warna nan beragam dan cerah. Ikan koi juga sering kali dikaitkan dengan simbol keberuntungan bagi pemilik rumah dan dipercaya dapat membawa kebahagiaan bagi pemilik rumah. Maka tidak heran jika ada lahan untuk membikin kolam pasti pilihan pertama adalah ikan koi.

Jika Anda mau memelihara ikan koi ada perihal nan perlu Anda ingat ya Grameds, Anda perlu mempunyai ukuran kolam nan cukup luas dan juga dalam dilengkapi air nan mempunyai arus. Pasalnya ikan koi ini dapat tumbuh dengan baik dan mencapai ukuran 100cm. Selain itu ikan koi juga tidak perlu terlalu sering diberi makan lantaran pencernaannya nan pendek sehingga bakal lama mengolah makanan.

2. Ikan Wakin

Grameds apa ada nan tau jenis ikan ini? Ikan Wakin memang jarang sekali didengar ya, Ikan Wakin adalah perpaduan ikan mas komet dan ikan mas koki. Ikan Wakin memiliki corak warna nan merah cerah dan putih seperti ikan komet namun ekornya tetap menjuntai seperti ikan mas koki.

Ikan wakin termasuk salah satu ikan nan cukup lincah meski mempunyai ukuran nan besar. Ikan ini juga termasuk ikan nan rakus jadi terkadang mengakibatkan ikan lain nan berada di kolam nan sama bakal kekurangan makanan.

3. Ikan Palmas

Ikan palmas atau biasa juga dipanggil ikan bichir merupakan jenis ikan nan mempunyai jumlah sirip nan banyak dan tersusun dengan rapi. Bichir atau palmas merupakan ikan nan termasuk dalam family polypteridae yang merupakan golongan ikan purba nan mempunyai sirip nan bersinar.

Sirip ikan palmas menyerupai sirip naga maka tak heran sebagian orang juga menyebutnya ikan naga. Warna pada sisik dan sirip ikan bichir dapat memantulkan sinar jika Anda menempatkannya di tempat nan cukup terang. Di Indonesia sendiri ikan ini termasuk ikan langka, namun jika Anda merupakan kolektor ikan, Anda bisa memelihara ikan ini.

4. Ikan Mas

Grameds, pasti Anda sudah sering mendengar nama ikan nan satu ini ya. Ikan mas merupakan jenis ikan nan termasuk kuat dan dapat memperkuat hidup dalam kondisi apapun. Ikan ini tidak butuh perawatan ekstra nan banyak. Biasanya ikan mas digunakan untuk pilihan ikan hias untuk kolam pada taman.

Ikan Mas sendiri dapat tumbuh hingga 12 inchi dengan usia 10 tahun alias lebih. Warna ikan mas juga terlihat elok seperti oranye, kuning emas, dan putih sehingga kolam mu bakal terlihat lebih menarik.

5. Ikan Sapu-Sapu

Grameds, ikan sapu-sapu alias bisa juga dikenal dengan nama ikan plecos bisa Anda jadikan pilihan untuk ikan hias nan bakal ditaruh di dalam kolam. Ikan ini bisa menjadi support Anda untuk membersihkan alga dan lumut dan dapat hidup dengan rukun berbareng dengan ikan lainnya.

Ikan sapu-sapu juga merupakan ikan nan tidak perlu perawatan ekstra lantaran tidak mempunyai perihal nan sensitif. Pada umumnya, ikan sapu-sapu mempunyai warna kulit nan condong gelap, namun untuk beberapa spesies, ikan ini mempunyai corak warna nan beragam seperti corak totol alias garis hitam putih alias warna lainnya.

Langkah-langkah Membuat Kolam Ikan

(Sumber foto: www.pexels.com)

Grameds, untuk membikin kolam ikan nan bakal ditempati oleh ikan-ikan hias ada beberapa langkah nan perlu diperhatikan agar kolam ikan dapat berfaedah dengan baik dan mempunyai ukuran nan pas dengan besarnya ikan. Nah Grameds, jika Anda tidak mau menggunakan jasa desainer untuk kolam ikan mu maka berikut ini adalah langkah-langkah nan bisa Anda lakukan untuk membikin kolam ikan sendiri dirumah.

  • Memilih Lokasi Kolam

Hal pertama nan kudu Anda lakukan untuk membikin kolam ikan adalah menentukan letak kolam ikan itu sendiri. Biasanya kolam ikan lebih cocok ditempatkan di area nan terbuka seperti taman depan rumah, taman belakang alias apalagi di tengah rumah nan mempunyai genting nan terbuka. Untuk menentukan letak kolam ikan Anda perlu memerhatikan jalan untuk lampau lalang di dalam rumah dan jangan sampai kolam ikan ini malah menghalangi aktivitas mu. Jika Anda mau membikin kolam ikan sebagai hiasan rumah maka Anda bisa membuatnya di depan rumah nan dekat dengan pintu masuk sehingga para tamu bakal langsung memandang kolam ikan. Namun, jika Grameds percaya dengan feng shui mengenai kolam ikan, maka Anda bisa mencari tahu area mana nan baik dibangun kolam ikan.

  • Memilih Bentuk dan Ukuran Kolam

Selanjutnya adalah menentukan corak dan ukuran kolam itu sendiri. Kamu bisa menyesuaikan dengan lahan nan tersedia di rumahmu dan juga rencana ikan apa nan bakal Anda pelihara. Pastikan kolam ikan Anda tidak terlalu mini alias terlalu besar untuk ikan nan bakal Anda peliharaan. Jika Anda mau memelihara ikan koi tentu Anda kudu mempertimbangkan untuk membikin air terjun mini buatan. Ukuran dan corak kolam ikan tidak selalu bulat dan persegi, Anda bisa membikin nya dalam corak absurd alias seperti aliran sungai.

  • Memilih Material Kolam

Selanjutnya adalah penentuan material kolam, biasanya kolam ikan bakal menggunakan batu alam alias keramik dalam pembuatannya. Bagi Anda nan menyukai konsep natural dan minimalis maka batu alam ini bisa menjadi pilihan nan tepat. Untuk pemilihan bahan menggunakan keramik bisa Anda gunakan bagi Anda nan menyukai konsep modern dan minimalis dan pemilihan warna nan cerah juga menjadikan kolam ikan Anda terlihat luas dan bersih.

  • Mengatur Sistem Pengairan

Grameds, nan tidak kalah krusial dalam membangun rencana pembangunan kolam ikan adalah mengenai sistem pengairannya. Untuk beberapa ikan, Anda perlu membikin beberapa sistem pengairan nan mengalir terus menerus dan menggunakan pompa filter nan berfaedah menahan kotoran. Selain itu Anda bisa menambahkan ornamen untuk sistem pengairan seperti air terjun mini, guci air, alias potongan bambu nan menarik.

Tips Merawat Kolam Ikan

Grameds, jika Anda sudah membangun kolam ikan Anda perlu merawat kolam ikan tersebut agar ikan hias piaraan nyaman dan kolam ikan selalu bersih dan terhindar dari lumut alias jentik nyamuk. Nah Grameds, jika Anda tetap bingung langkah merawat kolam ikan, Anda bisa mencoba tips-tips dibawah ini!

  • Jangan Memberi Makan Ikan Terlalu Banyak 

Grameds, ketika Anda memberi makan untuk memberikan sesuai dengan banyaknya ikan nan ada di kolam. Ikan di dalam biasanya bisa bakal menghabiskan makanan selama 3 menit. Ketika Anda memberikan makanan ikan terlalu banyak dan makanan nya tidak termakan nan terjadi adalah maka makanan ikan bakal hancur dan menjadi kolam menjadi keruh dan memengaruhi ekosistem kolam.

  • Kuras Kolam Ikan

Untuk menjaga kolam ikan tetap bersih, Anda bisa menguras kolam ikan setiap satu minggu sekali dan mengganti air nya dengan air nan bersih untuk menghilangkan lumut nan tumbuh. Jika Anda merasa seminggu kolam ikan mu belum kotor maka Anda bisa menggantinya maksimal sebulan sekali.

  • Cek Alat Pendukung

Nah Grameds, jika Anda kolam ikan mu menggunakan perangkat pendukung seperti perangkat filtrasi dan mesin pompa. Alat tersebut bisa Anda giat bersihkan dan cek untuk mencegah terjadi kerusakan dan tetap menjaga sirkulasi udara, oksigen dan kebersihan air kolam. Dikhawatirkan terjadi kerusakan nan bakal membikin air kolam menjadi keruh dan ikan mudah mati.

  • Jaga Kepadatan Isi Kolam

Grameds, jumlah ikan nan banyak dan beragam jenis bakal membikin kolam terlihat indah. Namun, isi kepadatan kolam kudu dijaga dan diperhatikan lantaran jika kolam ikan mempunyai populasi nan terlalu padat maka bakal membikin air menjadi sigap keruh dan populasi ikan lebih sigap mati.

  • Berikan Tanaman pada Kolam Ikan

Grameds, Anda juga bisa menambahkan tanaman pada kolam ikan mu. Tanaman di kolam berfaedah untuk menjaga sirkulasi oksigen menjadi baik. Selain itu, tanaman juga bisa membikin kondisi ikan lebih sehat. Kamu bisa menambahkan tanaman teratai, eceng gondok alias selada air.

Penutup

Nah Grameds, itu adalah beberapa ikan hias nan bisa Anda pelihara di dalam kolam. Jika Anda tidak mempunyai kolam di rumah, Anda bisa membuatnya sesuai dengan kemauan kamu. Selain itu, jika Anda membikin kolam ikan ada beberapa perihal nan perlu Anda perhatikan untuk membikin kolam dan ikan hias mu menjadi sehat.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku mengenai perusahaan dan pekerjaan hanya di gramedia.com alias toko kitab gramedia di kotamu! Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds memiliki info #LebihDenganMembaca

Penulis : Devina

Rekomendasi Buku Terkait

101 Ikan Hias Air Tawar Nusantara

101 Ikan Hias Air Tawar Nusantara

Buku ini berisi info 101 jenis ikan hias air tawar Asli Indonesia nan selanjutnya disebut ikan Hias Nusantara. ikan-ikan tersebut tersebar di Papua Barat Irian, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Akan tetapi condong didominasi oleh ikan hias nan berasal dari Papua nan berjumlah 49 jenis. Dua jenis diantaranya merupakan hasil rekayasa (hibridisasi) nan dilakukan di Laboratorium Pusat Penelitian Limnologi-LIPI Kedua ikan hasil hibridisasi tersebut diberi nama Glonisaida dan Glopicoo.

Ensiklopedia Ikan Hias Air Tawar

Ensiklopedia Ikan Hias Air Tawar

Salah satu jenis hewan alias hewan adalah golongan pisces alias nan biasa kita kenal sebagai ikan. Ikan juga dibagi menjadi beberapa golongan seperti ikan air laut dan ikan air tawar. Di bumi ini terhitung sudah terdapat lebih dari 1.000 jenis ikan hias air tawar nan diperdagangkan secara global. Dari jumlah itu, negeri kita, Indonesia telah mempunyai 400 spesies. Namun, baru sekitar 90 jenis nan dibudidayakan. Buku ini menjelaskan nama ilmiah, famili, nama daerah, asal ikan, ukuran, morfologi, pemeliharaan, dan perkembangbiakan dari jenis ikan hias air tawar nan dikenal di Indonesia. Melalui kitab ini, Anda dapat menambah wawasan mengenai ikan hias air tawar. Jika Anda seseorang nan kegemaran untuk memelihara ikan, Anda dapat lebih mengenal hewan piaraan Anda sehingga dapat lebih maksimal dalam memeliharanya. Dapatkan kitab ini hanya di toko kitab Gramedia kesayangan Anda !

Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Buku Pintar Budi Daya Ikan Hias Air Tawar

Berisi info krusial mengenai beragam ikan hias air tawar populer, antara lain dari jenis cyprinid, characin, livebearer, catfish, killifish, dan cichlid. Membudidayakan ikan-ikan ini merupakan aktivitas nan banget mengasyikkan. Beberapa ikan berkembang biak dengan mudah di dalam akuarium, sementara nan lain memerlukan keahlian dan ketelitian hobiis. Simaklah perincian teknik-teknik pemijahan masing-masing ikan plus perawatan anak ikan nan dipaparkan di sini. 

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog