5 Keuntungan Menjalankan Iklan Online Untuk Bisnis Anda

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Setiap tahunnya, waktu nan diluangkan orang untuk online semakin meningkat. Fenomena tersebut membikin menjalankan iklan online semakin efektif dalam mendatangkan beragam untung bagi upaya skala besar maupun kecil, baik itu untuk mendatangkan leads, meningkatkan penjualan, ataupun untuk meningkatkan brand awareness.

Hal tersebut juga lah nan menjadi argumen kenapa alokasi bisnis untuk menjalankan iklan online terus mengalami peningkatan. Untuk lebih detailnya, simak pembahasan di bawah mengenai untung apa saja bisa upaya Anda tuai dari menjalan iklan online.

1. Efisiensi Biaya

Efisiensi biaya

Salah satu kelebihan utama dari online advertising jika dibandingkan dengan iklan konvensional adalah tidak memerlukan budget alias biaya iklan nan besar.

Hanya dengan budget ratusan ribu saja, Anda sudah bsia memulai menjalankan campaign iklan untuk upaya Anda di beragam platform iklan online seperti Google Ads alias Facebook Ads.

Kisaran budget minimal menjalankan iklan online tersebut tentu jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan beriklan di channel konvensional. Sebagai gambaran, Anda memerlukan budget setidaknya puluhan juta untuk dapat menampilkan iklan di televisi.

Atas argumen inilah kenapa iklan online sangat cocok digunakan bagi upaya dengan skala kecil.

2. Menargetkan Audience nan Diinginkan

Target audience

Menjalankan iklan online memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan kepada audience dengan kriteria nan Anda inginkan. Paid search alias SEM misalnya, bakal menampilkan iklan Anda pada website-website dalam network mereka nan biasa dikunjungi oleh sasaran audience Anda.

Sebagai contoh, pemilik upaya tepung roti nan menjalankan iklan paid search dapat memunculkan iklannya pada website-website nan relevan dengan niche upaya tertentu seperti website media unik kuliner, alias website peralatan bakery.

Selain berasas website, Anda juga bisa menampilkan iklan online kepada sasaran audience Anda berasas kriteria demografis seperti lokasi, umur, gender, minat, perilaku, status, pendapatan, dan tetap banyak lagi.

3. Ketersediaan Data Performa Iklan nan Rinci

Analytics

Kelebihan lain nan dimiliki oleh iklan online adalah kesiapan info performa iklan nan sangat perincian sehingga memungkinkan Anda untuk memantau keberhasilan kampanye iklan mulai dari funnel awal sampai pada terjadinya konversi alias pembelian.

Kelebihan ini tidak ditawarkan oleh iklan konvensional seperti iklan televisi dan radio nan bakal relatif susah untuk melacak dan memantau kesuksesan kampanye iklan secara efisien.

Lewat iklan online, Anda dapat mengetahui beragam metrik krusial seperti berapa kali iklan Anda ditayangkan (Impressions), berapa orang nan memandang iklan Anda (reach), berapa biaya nan dibutuhkan untuk mendapatkan setiap klik dari iklan Anda (CPC), sampai pada iklan mana nan paling banyak mendatangkan penjualan.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menghitung ROAS (return on ad spend) dari kampanye iklan nan Anda jalankan dan melakukan pertimbangan untuk merancang startegi beriklan nan lebih efektif.

4. Mendatangkan Hasil dengan Waktu nan Relatif Cepat

Analytics

Menjalankan iklan online memang bukan satu-satunya strategi digital marketing nan bisa Anda jalankan untuk mengembangkan upaya Anda. Beberapa startegi digital marketing lain seperti SEO, social media marketing, alias email marketing, bisa menjadi opsi bagi Anda nan tidak mau mengeluarkan biaya beriklan.

Namun meskipun sama efektifnya, strategi digital marketing digital marketing organik tersebut biasanya memerlukan waktu nan lebih lama untuk dapat mendatangkan hasil nan signifikan, apalagi sampai berbulan-bulan.

Iklan online di sisi lain dapat langsung mendatangkan prospek alias calon konsumen untuk upaya Anda setelah iklan sukses ditayangkan. Karenanya, return nan diterima upaya dari menjalan iklan online pun biasanya relatif lebih instan dibandingkan dengan menjalankan strategi digital marketing organik.

5. Efektif untuk Membangun Brand Awareness

Brand awareness

Tidak hanya untuk mendatangkan leads alias meningkatkan penjualan semata, kampanye iklan online juga sangat efektif dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness bisnis. Sebagai contoh, Anda dapat menjalankan iklan di media sosial untuk mendukung strategi social media marketing organik Anda agar dapat menjangkau audience nan lebih luas.

Perlu Anda ketahui bahwa jangkauan organik di media sosial semakin menurun setiap tahunnya. Di akhir tahun 2020 saja, rata-rata organic reach postingan Facebook hanya sebesar 5.2%, lebih mini 0.3% dari tahun sebelumnya ialah 5.5%. Maka dari itu, iklan online bisa menjadi solusi untuk menambah efektivitas kampanye marketing nan Anda jalankan.

Konklusi

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan internet menghadirkan kesempatan nan sangat besar bagi upaya untuk berkembang. Tidak peduli pada industri apa upaya Anda melangkah alias berapa budget nan Anda miliki, iklan online dapat menjadi solusi paling cost-efficient bagi upaya Anda untuk dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Jika upaya Anda memerlukan support untuk menjalankan iklan online, kami siap membantu Anda lewat jasa iklan Google dan jasa iklan media sosial kami.

Meson adalah digital marketing agency Jakarta nan telah berilmu menangani kampanye iklan online untuk beragam upaya dan brand dari industri nan beragam.

Selengkapnya
Sumber Digital Marketing Agency
Digital Marketing Agency