5 Mata Uang Tertinggi Di Dunia 2023, Ada Apa Saja?

Sedang Trending 9 bulan yang lalu

Setiap negara memiliki mata uangnya sendiri-sendiri. Sebagai alat transaksi yang sah, mata uang tidak hanya bernilai di negaranya sendiri, namun di pasar internasional setiap mata uang punya nilainya masing-masing. Lalu, apa mata uang tertinggi di dunia 2023?

Mungkin banyak orang akan menebak mata uang tertinggi tahun 2023 ini adalah Euro, Poundsterling, atau bahkan Dollar Amerika. Hal tersebut sah-sah saja, karena memang ketiga mata uang tersebut masuk ke dalam daftar mata uang tertinggi. Berikut ini 5 mata uang tertinggi di dunia pada tahun 2023.

1. Dinar Kuwait

Mata uang terkuat di dunia yang pertama adalah Dinar Kuwait (KWD). Dinar Kuwait adalah mata uang tertinggi di dunia. Kode mata uangnya adalah KWD. Mata uang ini memiliki nilai yang sangat tinggi terhadap mata uang lainnya karena Kuwait memiliki sumber daya minyak yang kaya dan ekonomi yang stabil.

Wajar saja jika Dinar Kuwait sering dianggap sebagai salah satu mata uang terkuat dan paling stabil di dunia. 1 Dinar Kuwait (KWD) setara dengan Rp 48 ribu. Wajar saja jika nilai tersebut membuat Dinar Kuwait menjadi mata uang terbesar di dunia saat ini.

2. Dinar Bahrain

Masih dari semenanjung Arab, Dinar Bahrain (BHD) menduduki posisi kedua untuk mata uang tertinggi di dunia pada tahun 2023. Dinar Bahrain adalah mata uang resmi Kerajaan Bahrain dan memiliki kode mata uang BHD. Dinar Bahrain juga termasuk dalam daftar mata uang tertinggi di dunia karena Bahrain memiliki ekonomi yang berkembang dengan sektor keuangan yang kuat dan sumber daya minyak yang signifikan.

Selain kuat, mata uang Dinar Bahrain ini juga salah satu yang stabil. Untuk nilainya, 1 BHD senilai dengan Rp 39 ribu. Sektor ekonomi yang berkembang pesat mengantarkan Dinar Bahrain jadi salah satu mata uang yang sangat bernilai.

3. Dinar Yordania

Selain Kuwait dan Bahrain, Yordania merupakan negara di benua Arab yang juga memiliki mata uang tertinggi di dunia. Dinar Yordania (JOD) adalah mata uang resmi Kerajaan Yordania. Mata uang ini memiliki nilai tukar yang tinggi dan stabil. Yordania memiliki ekonomi yang beragam dengan sektor pariwisata yang berkembang dan sumber daya alam yang penting.

Lalu, berapa nilai uangnya? Jika dikonversi ke Rupiah, 1 JOD senilai dengan Rp 21 ribu. Wajar saja, Yordania merupakan salah satu negara kaya yang punya perkembangan sektor ekonomi yang tidak main-main.

4. Euro

Jika Anda berlibur ke Uni Eropa, Anda perlu mengisi dompet Anda dengan beberapa lembar uang Euro (EUR). Perlu diingat, mata uang Euro merupakan salah satu mata uang yang konsisten terdaftar sebagai mata uang tertinggi di dunia. Berapakah nilainya? Untuk mendapatkan 1 Euro, Anda perlu menukar sekitar Rp 16 ribu.

5. Poundsterling

Selain Euro, mata uang dari Eropa lainnya yang termasuk mata uang tertinggi adalah Poundsterling (GBP). Mata uang Poundsterling merupakan mata uang yang digunakan di wilayah Britania Raya, seperti Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, Isle of Man, dan negara lain yang berada di bawah United Kingdom.

Untuk mendapatkan 1 GBP, Anda perlu menukarkan sekitar Rp 18 ribu. Dengan nilai tersebut, wajar rasanya jika Poundsterling menjadi salah satu mata uang yang dikenal sebagai mata uang tertinggi.

6. Dolar Amerika Serikat 

Mata uang dari negara Amerika Serikat ini juga termasuk sebagai mata uang tertinggi di dunia. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan mata uang yang juga disebut dengan USD ini. Wajar saja, Dolar AS juga digunakan dalam perdagangan internasional dan pasar forex, walaupun bukan mata uang tertinggi.

Untuk mendapatkan 1 USD berada di angka sekitar Rp 14 ribuan. USD juga populer untuk dijadikan koleksi atau investasi bagi sebagian orang, karena memiliki nilai yang cukup stabil dibanding mata uang lainnya. Serta, USD juga bisa digunakan di negara lain, lho.


Itu dia 6 mata uang tertinggi di dunia. Perlu diketahui, nilai tukar mata uang dapat berfluktuasi secara signifikan dalam waktu singkat, tergantung pada faktor-faktor ekonomi, politik, dan sosial yang mempengaruhinya, sehingga nilainya bisa berubah kapan saja.

Artikel Terkait