7 Jenis Ikan Hias Dengan Harga Fantastis!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ikan hias memang menjadi primadona bagi para pecinta ikan air tawar. Keindahannya mempunyai daya tarik tersendiri, hingga mereka tak segan-segan merogoh kocek jutaan hingga ratusan juta untuk mempunyai ikan hias untuk melengkapi koleksinya. Berikut adalah ikan hias nan mempunyai nomor nan mahal.

Jenis Ikan Hias dengan Harga nan Mahal

Berikut adalah jenis ikan hias nan mempunyai pesona dan dibanderol dengan nilai nan fantastis:

1. Arwana (Arowana)

Arowana dikenal lantaran keelokan dan keanggunannya. Beberapa jenis, seperti Arwana Emas alias Arowana Platinum, dapat mempunyai nilai nan sangat tinggi, terutama jika mempunyai warna dan pola nan langka alias unik.

  • Golden Arwana

(Sumber foto: panennews.com)

Golden Arwana, nan juga dikenal sebagai Asian Arwana (Scleropages formosus), adalah ikan air tawar nan sangat terkenal dan dihargai dalam bumi akuarium. Keunikan utamanya terletak pada kombinasi beberapa faktor, termasuk:

  • Golden Arowana dikenal lantaran warna emasnya nan bagus dan mengkilap. Warna emas ini memberikan ikan tersebut penampilan nan mewah dan eksotis.
  • Golden Arowana mempunyai tubuh nan panjang dan ramping dengan sirip nan memanjang. Bentuk tubuhnya nan elegan menambah keanggunan dari ikan ini.
  • Golden Arowana mempunyai mata nan unik, nan memberikan ekspresi nan kuat dan menarik. Mata ikan ini seringkali dianggap sebagai fitur nan memikat.
  • Golden Arowana terkenal lantaran style renangnya nan megah dan lambat. Gerakannya nan tenang dan anggun menambah pesona dari ikan ini ketika berenang di dalam akuarium.
  • Di beberapa budaya Asia, Golden Arowana dianggap sebagai simbol keberuntungan, kekayaan, dan keberhasilan. Ikan ini seringkali dianggap sebagai “ikan naga” dan dipercaya mempunyai kekuatan misterius nan membawa keberuntungan bagi pemiliknya.
  • Keunikan dan keelokan Golden Arowana membuatnya sangat diminati oleh para kolektor ikan hias. Ikan ini mempunyai nilai ekonomi nan tinggi, dan spesimen nan langka alias mempunyai karakter unik dapat mempunyai nilai nan sangat mahal.
  • Golden Red Arwana

(Sumber foto: dinabas.com)

Golden Red Arowana merupakan varietas dari Asian Arowana (Scleropages formosus) nan mempunyai warna dasar merah alias kemerahan dengan kilauan emas alias kuning pada sisik-sisiknya. Keunikan dari Golden Red Arowana terletak pada kombinasi warna merah nan intens dan kilauan emas nan memesona, sehingga memberikan penampilan nan spektakuler dan menarik. Berikut ini adalah karakter dari Golden Red Arwana:

  • Warna merah pada Golden Red Arowana bisa bervariasi dari merah gelap hingga merah terang, tergantung pada aspek genetik dan lingkungan. Namun, warna merah nan intens dan menonjol adalah salah satu karakter unik nan membedakan Golden Red Arowana dari varietas lain.
  • Di antara warna merahnya, Golden Red Arowana seringkali mempunyai kilauan emas alias kuning pada sisik-sisiknya. Kilauan ini menambah pesona dan keelokan dari ikan ini ketika bergerak di dalam air.
  • Seperti varietas Asian Arowana lainnya, Golden Red Arowana mempunyai sirip nan panjang dan anggun, nan menambah keanggunan dari penampilannya saat berenang.
  • Golden Red Arowana juga mempunyai mata nan kuat dan menarik, nan memberikan ikan ini penampilan nan memesona dan memikat.
  • Seperti Asian Arowana pada umumnya, Golden Red Arowana juga dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kekayaan dalam beberapa budaya Asia. Ikan ini sering dihubungkan dengan keberuntungan, kemakmuran, dan kejayaan.

Golden Red Arowana merupakan pilihan nan terkenal di kalangan fans ikan hias, terutama bagi mereka nan menginginkan ikan dengan kombinasi warna merah dan emas nan indah. Keunikan warna dan simbolisme dari ikan ini membuatnya sangat dihargai dan dicari oleh para kolektor ikan hias di seluruh dunia.

Harga ikan Golden Red Arowana berkisar antara Rp95.000 hingga Rp3.675.000. Harga Golden Red Arowana 10-11 cm berkisar antara Rp650.000 hingga Rp825.000, dan Golden Red Arowana 55 x 15 cm berkisar antara Rp7.500.000

Ensiklopedia Ikan Hias Air Tawar

  • Arwana Platinum

Arwana Platinum merupakan varietas Asian Arowana (Scleropages formosus) nan mempunyai warna putih cerah dan kilauan silver alias platinum pada sisik-sisiknya. Keunikan dari Arwana Platinum terletak pada kombinasi warna putih dan silver nan langka dan eksotis, menjadikannya salah satu varietas nan paling dicari oleh para fans ikan hias. Berikut adalah beberapa karakter unik Arwana Platinum:

  • Arwana Platinum mempunyai warna putih nan cerah dan bersih, memberikan ikan ini penampilan nan elegan dan mewah.
  • Di antara warna putihnya, Arwana Platinum seringkali mempunyai kilauan silver alias platinum nan memesona pada sisik-sisiknya. Kilauan ini menambah pesona dan keelokan dari ikan ini ketika berenang di dalam air.
  • Seperti varietas Asian Arowana lainnya, Arwana Platinum mempunyai tubuh nan panjang, ramping, dan anggun dengan sirip nan memanjang. Bentuk tubuhnya nan elegan menambah pesona dari ikan ini.
  • Arwana Platinum juga mempunyai mata nan kuat dan menarik, nan memberikan ikan ini penampilan nan memesona dan memikat.
  • Sebagaimana halnya dengan Asian Arowana pada umumnya, Arwana Platinum juga dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kekayaan dalam beberapa budaya Asia. Ikan ini sering dihubungkan dengan keberuntungan, kemakmuran, dan kejayaan.

Arwana Platinum merupakan salah satu varietas nan paling dicari dan dihargai oleh para fans ikan hias, terutama bagi mereka nan menginginkan ikan dengan warna nan langka dan eksotis. Keunikan dari warna putih dan silver serta simbolisme dari ikan ini membuatnya menjadi salah satu pilihan nan terkenal di kalangan kolektor ikan hias di seluruh bumi dan harganya bisa mencapai Rp 4,2 miliar rupiah.

2. Discus

Ikan Discus dikenal lantaran bentuknya nan datar dan warna-warni nan menarik. Discus nan berasal dari varietas dan strain tertentu, seperti Discus Pigeon Blood, Discus Blue Diamond, atau Discus Red Marlboro, seringkali mempunyai nilai nan tinggi.

  • Discus Pigeon Blood

(Sumber foto: stendkerdiscususa.com)

Discus Pigeon Blood adalah varietas nan sangat dihargai dari ikan Discus (Symphysodon spp.), nan dikenal lantaran warna merah cerah dan intensitasnya nan menyerupai warna darah merah merpati. Ini adalah salah satu varietas nan paling terkenal dan dicari di antara para fans ikan Discus. Berikut adalah beberapa karakter unik Discus Pigeon Blood:

  • Warna merah pada Discus Pigeon Blood sangat intens dan menonjol, memberikan penampilan nan mencolok dan menarik bagi ikan ini.
  • Biasanya, Discus Pigeon Blood mempunyai warna dasar putih alias keperakan pada tubuhnya, nan menonjolkan warna merahnya dengan kontras nan kuat.
  • Discus Pigeon Blood seringkali mempunyai pola alias corak nan minimalis alias apalagi tidak ada sama sekali, memungkinkan warna merahnya nan intens untuk menjadi pusat perhatian.
  • Warna Discus Pigeon Blood dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi air, makanan, dan lingkungan. Pada kondisi nan optimal, warna merahnya dapat menjadi lebih terang dan menonjol.
  • Discus Pigeon Blood dapat mencapai ukuran nan bervariasi tergantung pada kondisi pemeliharaan dan genetiknya. Mereka biasanya mencapai panjang sekitar 6 hingga 8 inci (15-20 cm) dalam lingkungan akuarium.
  • Seperti ikan Discus pada umumnya, Discus Pigeon Blood mempunyai sikap nan tenang dan tenteram di dalam akuarium. Mereka condong berenang dengan lambat dan anggun, menambah pesona dan ketenangan di dalam akuarium.

Harga ikan Discus Pigeon Blood rata-rata berkisar Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per ekor. Ikan Discus Pigeon Blood mempunyai mata merah gelap nan menyerupai rubi alias darah merpati, dengan corak bergaris tidak lurus berwarna oranye seperti sarang lebah

101 Ikan Hias Air Tawar Nusantara

  • Discus Blue Diamond

Discus Blue Diamond adalah varietas ikan Discus (Symphysodon spp.) nan sangat dihargai dan dicari oleh para fans ikan hias. Ini dikenal lantaran warna biru keperakan nan cerah dan kilauan diamond alias permata nan mempesona pada sisiknya. Discus Blue Diamond adalah salah satu varietas nan paling terkenal di antara fans ikan Discus.

Berikut adalah beberapa karakter unik Discus Blue Diamond:

  • Warna biru keperakan pada Discus Blue Diamond sangat menonjol dan mencolok, memberikan ikan ini penampilan nan mewah dan menarik. Salah satu karakter nan paling menonjol dari Discus Blue Diamond adalah kilauan diamond alias permata nan terlihat pada sisiknya. Kilauan ini menambah pesona dan keelokan dari ikan ini ketika berenang di dalam air.
  • Biasanya, Discus Blue Diamond mempunyai warna dasar putih alias keperakan pada tubuhnya, nan membikin warna biru keperakan dan kilauan diamond menjadi lebih menonjol.
  • Discus Blue Diamond seringkali mempunyai pola alias corak nan minimalis alias apalagi tidak ada sama sekali, sehingga warna biru keperakan dan kilauan diamond dapat menjadi pusat perhatian.
  • Perubahan Warna. Warna Discus Blue Diamond dapat berubah tergantung pada kondisi air, makanan, dan lingkungan. Pada kondisi nan optimal, warna biru keperakan dapat menjadi lebih cerah dan intens.
  • Ukuran nan Bervariasi. Discus Blue Diamond dapat mencapai ukuran nan bervariasi tergantung pada kondisi pemeliharaan dan genetiknya. Mereka biasanya mencapai panjang sekitar 6 hingga 8 inci (15-20 cm) dalam lingkungan akuarium.
  • Sikap nan Tenang. Seperti ikan Discus pada umumnya, Discus Blue Diamond mempunyai sikap nan tenang dan tenteram di dalam akuarium.

3. Koi

Koi merupakan jenis ikan mas koi nan dihargai tinggi lantaran keelokan corak warnanya nan unik. Beberapa koi nan mempunyai corak dan pola nan langka, seperti Kohaku, Taisho Sanke, alias Showa, dapat mempunyai nilai nan sangat tinggi.

Harga ikan koi sangat bervariasi, mulai dari Rp10.000 hingga Rp 26 miliar. Harga ikan koi 20 cm di Indonesia rata-rata Rp136.703, dengan nilai ikan Koi Slayer Kumpay Platinum 20 cm Rp70.000 dan ikan hias Koi Shiro Utsuri 20-25 cm Rp100.000

  • Ikan Koi Black Dragon

(Sumber foto: sonora.id)

Ikan Koi Black Dragon adalah varietas nan sangat menarik dan diminati dari ikan koi (Cyprinus carpio), nan terkenal lantaran warna hitamnya nan intens dan pola nan mencolok. Ini adalah salah satu varietas nan paling terkenal di antara fans ikan koi lantaran keelokan dan keanggunannya. Disinyalir Ikan koi ini bisa dijual dengan nilai 2,9 miliar rupiah. Berikut adalah beberapa karakter unik ikan Koi Black Dragon:

  • Warna hitam pada Koi Black Dragon sangat menonjol dan mencolok, memberikan ikan ini penampilan nan mewah dan eksotis. Warna hitamnya nan dalam dan intens menambah pesona dan keelokan dari ikan ini.
  • Salah satu karakter nan paling menonjol dari Koi Black Dragon adalah kontras antara warna hitamnya nan intens dan pola nan mencolok. Pola ini seringkali terdiri dari garis-garis putih alias warna-warna terang nan kontras dengan warna hitamnya.
  • Koi Black Dragon biasanya mempunyai kepala nan besar dan kuat, menambah kesan kekuatan dan keanggunan dari ikan ini.
  • Seperti ikan koi pada umumnya, Koi Black Dragon mempunyai sikap nan tenang dan tenteram di dalam kolam. Mereka condong berenang dengan lambat dan anggun, menambah pesona dan ketenangan di dalam lingkungan kolam.
  • Koi Black Dragon dapat mencapai ukuran nan bervariasi tergantung pada kondisi pemeliharaan dan genetiknya. Mereka dapat mencapai ukuran nan cukup besar dan menjadi pusat perhatian dalam kolam koi.
  • Ikan Koi S Legend

Koi S Legend merupakan varietas nan sangat spesial dan dicari dari ikan koi (Cyprinus carpio), nan terkenal lantaran warna, pola, dan kualitasnya nan luar biasa. Nama S Legend mungkin merujuk pada reputasi dan status legendarisnya di kalangan fans ikan koi.

Ikan ini dikenal lantaran warna nan luar biasa dan menakjubkan. Warna-warna nan terang, kontras, dan mencolok seringkali menjadi karakter unik dari varietas ini. Ia mempunyai pola pada Koi S Legend seringkali sangat artistik dan menarik. Pola tersebut dapat berupa spot-spot, garis-garis, alias kombinasi nan kompleks nan menambah keelokan dan karakter ikan ini.

Koi S Legend seringkali mempunyai kepala nan besar, elegan, dan proporsional. Kepala nan bagus ini menambah pesona dan keanggunan dari ikan ini. Seperti ikan koi pada umumnya, ikan nan tergolong premium ini mempunyai sikap nan tenang, damai, dan anggun di dalam kolam. Gerakan lambat dan anggunnya menambah pesona dari ikan ini.

Dari sisi ukuran, Koi S Legend seringkali mempunyai ukuran nan besar, menambah kesan keanggunan dan kebesaran dari ikan ini di dalam kolam. Nama S Legend menunjukkan bahwa varietas ini mempunyai reputasi legendaris di kalangan fans ikan koi. Ikan ini sering dianggap sebagai salah satu varietas terbaik dan paling spesial nan pernah ada sehingga ikan ini dibanderol  nilai 26 miliar rupiah.

  • Doitsu

Koi Doitsu adalah varietas nan unik dan menarik dari ikan koi (Cyprinus carpio), nan ditandai oleh kehadiran sisik nan minim alias apalagi tidak ada sama sekali di sebagian besar tubuhnya. Istilah “Doitsu” sendiri berasal dari bahasa Jepang nan berfaedah “Jerman,” merujuk pada asal-usul varietas ini nan diimpor dari Jerman pada abad ke-19.

Salah satu karakter nan paling menonjol dari Koi Doitsu adalah kekurangan sisik di sebagian besar tubuhnya. Beberapa Koi Doitsu mungkin mempunyai sisik di bagian atas alias di sepanjang garis punggungnya, sementara nan lainnya sepenuhnya tidak mempunyai sisik.

Dikarenakan kekurangan sisik, warna dan pola pada Koi Doitsu seringkali lebih menonjol dan mudah terlihat. Hal ini membuatnya menjadi varietas nan sangat dihargai oleh para fans ikan koi nan menghargai keelokan warna dan pola.

Koi Doitsu seringkali mempunyai kepala nan besar, kuat, dan proporsional. Kepala nan bagus ini menambah pesona dan keanggunan dari ikan ini. Beberapa Koi Doitsu dapat mencapai ukuran nan cukup besar, menambah kesan keanggunan dan kebesaran dari ikan ini di dalam kolam. Ikan Koi ini juga terbilang premium nan dibanderol hingga Rp 245 juta rupiah per ekor.

Sukses Bisnis & Budidaya Ikan Mas

4. Golden Basslet

Golden Basslet adalah permata air nan bagus dan langka dengan label nilai USD8.000 alias Rp 114 juta. Ikan ini, hidup di kedalaman air nan luar biasa dan langkah membawanya ke permukaan menggunakan teknik dekompresi nan rumit. Namun, ikan ini mudah dipelihara dan beradaptasi dengan baik di penangkaran.

5. Masked Angelfish

Masked Angelfish mempunyai tubuh seputih salju dan seolah bertopeng hitam mencolok, warna ini membikin mereka sangat cantik. Ikan ini secara ilmiah dikenal sebagai Centropyge Venustus. Perairan Kepulauan Hawaii bagian utara adalah rumah bagi ikan laut tropis ini.

Meskipun tidak banyak di alam, habitatnya telah dilarang untuk penangkapan ikan komersial, sehingga hanya beberapa spesimen nan sukses dijual ke pasar terbuka senilai USD20.000 alias Rp286 juta. Itulah sebabnya ikan ini sangat mahal.

6. Basslet Bladefin

Basslet Bladefin adalah ikan mini dengan label nilai nan mahal ialah USD10.000 alias Rp143 juta. Umumnya sebagian ikan basslet hidup di terumbu nan sangat dalam. Ada nan tinggal di kedalaman lebih dari 500 kaki, sehingga sangat susah untuk dipanen. Kapal selam adalah satu-satunya langkah untuk mengumpulkan ikan mikro laut berwarna bagus ini, nan membuatnya lebih mahal.

7. Peppermint Angelfish

Peppermint Angelfish mendapat namanya dari permen peppermint. Ikan ini dikenal dengan keelokan tubuhnya saat berputar. Tubuh ikan berwarna jingga kemerahan, dengan garis-garis putih vertikal ini disukai banyak orang. Harganya USD 30.000 alias Rp 430 juta. Ukuran maksimum 3 inci, dan sekarang ikan ini langka dan hanya ada satu dipamerkan di Amerika Serikat.

Itulah deretan ikan premium nan mempunyai nilai fantastis. Meskipun demikian, perihal itu tidak mengurangi minat para pecinta ikan hias lantaran keelokannya tidak dapat ditolak. Bahkan memelihara ikan hias bisa mendatangkan cuan jika Grameds bisa beternak ikan elok tersebut. Pelajari dulu langkah beternak ikan melalui koleksi kitab hewan dan budidaya di Gramedia.com.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog