8 Rekomendasi Makanan Sunda Di Bandung Yang Wajib Dicoba!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Hai Grameds, pencinta kuliner! Jika Anda sedang berada di Bandung alias merencanakan kunjungan ke kota nan sejuk ini, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kekayaan rasa dari makanan Sunda. Bandung, dengan pesonanya nan memikat dan suasana nan nyaman, adalah surga bagi pencinta makanan tradisional. Di sini, Anda bisa menemukan beragam hidangan unik Sunda nan menggugah selera, mulai dari Nasi Timbel nan lezat hingga Karedok nan segar. Yuk, simak rekomendasi makanan Sunda di Bandung nan wajib Anda coba untuk melengkapi petualangan kulinermu!

Ciri Khas Makanan Sunda

Makanan Sunda mempunyai sejumlah karakter nan membuatnya begitu disukai dan mudah dikenali. Berikut adalah beberapa karakter unik masakan Sunda nan membuatnya istimewa:

1. Rasa nan Segar dan Alami

Masakan Sunda terkenal dengan rasanya nan segar dan alami. Banyak hidangan nan menggunakan sayuran mentah alias lalapan seperti timun, tomat, kemangi, dan daun singkong sebagai pelengkap. Kesegaran ini memberikan rasa nan ringan dan menyegarkan.

2. Penggunaan Bumbu nan Sederhana

Bumbu nan digunakan dalam masakan Sunda condong sederhana namun bisa menghadirkan rasa nan lezat. Beberapa ramuan dasar nan sering digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, kencur, terasi, dan daun salam. Kesederhanaan ramuan ini membikin rasa original dari bahan-bahan utama tetap terjaga.

3. Beragam Hidangan Sambal

Sambal adalah komponen krusial dalam masakan Sunda. Ada beragam jenis sambal nan biasa disajikan, seperti sambal terasi, sambal oncom, dan sambal karedok. Setiap jenis sambal mempunyai cita rasa unik nan dapat meningkatkan kenikmatan hidangan utama.

4. Penggunaan Bahan-bahan Lokal

Masakan Sunda sering kali menggunakan bahan-bahan lokal nan mudah ditemukan di wilayah Jawa Barat. Misalnya, ikan air tawar seperti ikan mas dan gurame, serta sayuran seperti genjer, kacang panjang, dan jantung pisang. Penggunaan bahan lokal ini tidak hanya membikin masakan lebih autentik, tetapi juga mendukung ekonomi lokal.

5. Teknik Memasak nan Beragam

Teknik memasak dalam masakan Sunda cukup beragam, mulai dari direbus, dibakar, digoreng, hingga dipepes. Setiap teknik memasak memberikan tekstur dan rasa nan unik pada hidangan. Misalnya, pepes ikan memberikan rasa gurih nan meresap sempurna, sementara ikan bakar menawarkan aroma dan rasa nan smokey.

6. Penyajian nan Sederhana, namun Menarik

Penyajian makanan Sunda biasanya sederhana, namun tetap menarik dan menggugah selera. Hidangan disajikan dalam wadah tradisional seperti daun pisang alias piring tanah liat, nan tidak hanya memperindah tampilan tetapi juga menambah aroma unik pada makanan.

7. Hidangan Berbasis Sayuran

Salah satu karakter unik nan menonjol dari masakan Sunda adalah banyaknya hidangan berbasis sayuran. Menu seperti Karedok dan Lotek menampilkan sayuran mentah alias separuh matang nan dicampur dengan ramuan kacang nan gurih. Ini tidak hanya menambah nilai gizi tetapi juga memberikan rasa nan segar dan unik.

Masakan Sunda memang kaya bakal karakter dan cita rasa. Dengan kombinasi bahan-bahan segar, ramuan sederhana, dan teknik memasak nan khas, masakan Sunda menawarkan pengalaman kuliner nan tidak hanya lezat tetapi juga sehat dan memuaskan. Jadi, jangan ragu untuk mencicipi beragam hidangan Sunda saat berada di Bandung!

Bandung Culinary & Nongkrong Recommended

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Kota Bandung sudah terkenal dengan destinasi alamnya nan elok sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi para visitor nan berjamu ke kota kembang ini. Tidak ketinggalan juga jenis wisata kulinernya nan tidak boleh dilewatkan, lantaran tak komplit rasanya jika tidak mencicipi jenis sajian kuliner nan ada disini. Terdapat 50 tempat kuliner pilihan dihadirkan di dalam kitab ini. Dimulai dari jajanan nan legendaris, hits hingga nan kekinian. Beraneka ragam jenis tempat makan nan dibahas dalam kitab ini mulai dari kedai, warung kopi, cafe dan juga restoran. Bandung Culinary & Nongkrong Recommended merupakan sebuah kitab nan berisi dengan rekomendasi kuliner dan tempat nongkrong nan ada di kota Bandung. Buku ini memiliki. Bandung merupakan kota wisata nan menjadi favorit untuk didatangi oleh anak-anak muda. Selain itu, Bandung juga mempunyai kuliner unik kota tersebut nan sangat beragam. Buku ini sangat cocok untuk dibaca bagi Anda nan mau pergi berpiknik ke kota Bandung. Buku ini bakal membantu Anda memberikan pedoman tentang beragam kuliner nan kudu dicoba ataupun beragam tempat nongkrong nan asik untuk didatangi. Sehingga, ketika sudah berada di kota Bandung Anda tidak lagi kebingungan untuk mencari tempat nan bakal didatangi alias kuliner nan bakal di coba. Yuk, baca kitab ini dan ketahui tempat-tempat nongkrong maupun kuliner nan terkenal di kota Bandung!

Alasan Kamu Harus Coba Makanan Sunda di Bandung

(Sumber foto: www.pexels.com)

Bandung, kota nan dikenal dengan julukan “Paris van Java”, tidak hanya terkenal dengan keelokan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner tradisionalnya. Di antara beragam pilihan makanan nan tersedia, makanan Sunda menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa argumen kenapa Anda kudu mencoba makanan Sunda saat berjamu ke Bandung:

1. Kaya Akan Rasa dan Aroma Tradisional

Makanan Sunda memadukan beragam bahan alami dan rempah-rempah tradisional untuk menciptakan cita rasa nan unik dan aroma nan menggugah selera. Dari bumbu-bumbu nan segar hingga rempah-rempah nan harum, setiap hidangan menghadirkan sensasi kuliner nan autentik.

2. Penuh dengan Variasi Hidangan

Masakan Sunda menawarkan beragam macam hidangan mulai dari nan berbasis daging, ikan, hingga sayuran. Mulai dari soto, batagor, hingga karedok, Anda bakal menemukan banyak pilihan nan memanjakan lidahmu.

3. Memperkaya Pengalaman Wisata Kuliner

Mencicipi makanan lokal adalah bagian nan tak terpisahkan dari pengalaman berwisata. Makanan Sunda di Bandung tidak hanya memuaskan laparmu, tetapi juga memperkaya pengalaman perjalananmu dengan merasakan budaya dan tradisi lokal.

4. Harga nan Terjangkau

Salah satu untung menikmati makanan Sunda di Bandung adalah harganya nan terjangkau. Dibandingkan dengan kota-kota lain, nilai makanan di Bandung relatif lebih murah, sehingga Anda bisa mencoba beragam hidangan tanpa kudu cemas tentang anggaran.

5. Menjaga Keseimbangan Nutrisi

Makanan Sunda condong menggunakan bahan-bahan alami seperti sayuran, ikan, dan rempah-rempah, sehingga memberikan nutrisi nan seimbang bagi tubuh. Dengan mencoba makanan Sunda, Anda tidak hanya menikmati rasa nan lezat, tetapi juga menjaga kesehatanmu.

6. Menghargai Keberagaman Kuliner Indonesia

Indonesia dikenal dengan keberagaman budaya dan kuliner, dan makanan Sunda adalah salah satu contoh nyata dari kekayaan tersebut. Dengan mencoba makanan Sunda, Anda turut menghargai warisan kuliner Indonesia nan beragam dan memperluas pengetahuan tentang kekayaan kuliner nusantara.

7. Menikmati Suasana Lokal nan Autentik

Banyak restoran dan warung makan di Bandung nan menyajikan makanan Sunda dengan suasana nan unik dan ramah. Makan di tempat-tempat ini bukan hanya tentang mencicipi makanan, tetapi juga tentang merasakan kehangatan dan keramahan budaya lokal.

Jadi, jika Anda berjamu ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan makanan Sunda nan unik dan menggugah selera. Dengan beragam argumen di atas, pengalaman kulinermu di Bandung pasti bakal menjadi tak terlupakan!

Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Bandung

Kamu pencinta wisata kuliner? Kamu kangen dengan makanan unik wilayah kamu? Kamu mau merasakan beragam makanan unik wilayah lain? Tak perlu khawatir, kamutak perlu berkeliling Nusantara untuk menikmati beragam makanan tersebut. Kamu hanya perlu mempunyai kitab seri Wisata Kuliner Makanan Daerah, kitab nan berisikan jenis resep makanan replika sajian beragam rumah makan nan sudah terkenal bakal kelezatan masakannya dan sudah penulis kunjungi secara langsung ini dan mempraktikkannya. Salam kitab seri Bandung ini Anda bisa menemukan 25 resep masakan unik Bandung nan menggugah selera, seperti Nasi Timbel, Nasi Bakar, Nasi Kuning, Soto Bandung, Sop Buntut Goreng, Ayam Bakar, Bakakak Ayam, Ikan Bakar Cianjur, Pesmol Bandung, Gurame Cobek, Sate Maranggi, Mie Kocok Bandung, Mie Ceker, Pepes Peda, Pepes Ikan Mas, Pindang Ikan Mas, Kupat Tahu Bandung, Lomie, Lotek Bandung, Karedok, Sayur Lodeh, Sayur Asem Bandung, Lontong Kari, Bubur Ayam, Siomay Bandung dan sebagainya. Dengan demikian, meskipun tidak punya banyak waktu dan kesempatan untuk berjamu langsung ke Bandung, Anda tetap bisa menikmati lezatnya masakan wilayah itu. Buku ini bakal membantu Anda menghadirkannya di rumah Anda sekaligus melestarikan warisan kuliner Indonesia.

8 Rekomendasi Makanan Sunda di Bandung

Jelajahi ragam kuliner unik Sunda di kota Bandung dengan mencicipi delapan hidangan nan menggugah selera berikut ini:

1. Soto Bandung

(Sumber foto: cdn.idntimes.com)

Soto Bandung adalah hidangan sup nan terbuat dari kaldu sapi nan bening, daging sapi, lobak, daun bawang, dan bawang goreng. Kuahnya nan gurih dan segar dengan rempah-rempah nan meresap membikin setiap tegukan begitu memuaskan. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Soto Bandung adalah di Soto Ojolali, nan terletak di Jalan Cibadak.

2. Batagor Kuah

(Sumber foto: i1.wp.com)

Batagor Kuah adalah ragam dari batagor nan disajikan dalam kuah kaldu nan kaya rasa. Potongan batagor nan lembut dan kenyal disiram dengan kuah nan hangat dan gurih, menciptakan paduan cita rasa nan memikat. Rasakan nikmatnya beragam model batagor di Bandung, salah satu rekomendasi tempat makan batagor terkenal di Bandung adalah Batagor H. Isan di Jalan Bojongloa.

3. Mie Kocok

Mie Kocok adalah hidangan mie unik Sunda nan disajikan dalam kuah kental nan gurih. Mi  kuning nan kenyal, potongan kikil sapi, dan bakso menambah kelezatan hidangan ini. Mampir ke Mie Kocok Mang Dadeng di Jalan KH. Ahmad Dahlan untuk mencicipi kelezatannya.

4. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate nan terbuat dari daging sapi nan dimarinasi dengan ramuan unik Sunda. Sate ini disajikan dengan lontong dan sambal oncom nan pedas. Rasakan sensasi cita rasa khasnya di Sate Maranggi Hj. Yetty di Jalan Raya Cibungur.

5. Surabi

(Sumber foto: dapurkintamani.com)

Surabi adalah pancake tradisional nan terbuat dari tepung beras dan santan, disajikan dengan beragam pilihan topping seperti kinca, keju, alias oncom. Tekstur nan lembut dan rasa manis nan ringan membikin surabi menjadi camilan nan sempurna. Nikmati surabi lezat di Surabi Enhaii di Jalan Setiabudi.

6. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah tahu goreng nan dipotong kecil-kecil dan disiram dengan saus unik berbahan gula merah, bawang putih, bawang merah, cabai, dan masam jawa. Sensasi manis, pedas, dan sedikit masam dari sausnya membikin hidangan ini sangat menggugah selera. Coba di Tahu Gejrot Pak Jaya di Jalan Braga.

7. Bakso Cuanki

(Sumber foto: backpackerjakarta.com)

Bakso Cuanki adalah hidangan bakso ikan nan disajikan dalam kuah kaldu nan gurih, biasanya dengan tambahan tahu, pangsit, dan siomay. Tekstur kuah nan kental dan isian nan beragam menjadikan hidangan ini sangat istimewa. Kunjungi Bakso Cuanki Serayu di Jalan Serayu untuk mencicipi kelezatannya.

8. Karedok

Karedok adalah salad unik Sunda nan terbuat dari sayuran mentah seperti kacang panjang, timun, tauge, kol, dan kemangi, disiram dengan saus kacang nan pedas dan gurih. Kombinasi segar dan rasa ramuan kacang nan unik membikin karedok begitu lezat dan menyehatkan. Jangan lewatkan Karedok Bu Tjitro di Pasar Cihapit untuk mencicipinya.

Dengan mencoba beragam hidangan ini, Anda bakal merasakan kelezatan dan karakter masakan Sunda nan memikat di kota Bandung. Selamat menikmati!

Kesimpulan

Nah, itulah dia, Grameds, 8 rekomendasi makanan Sunda di Bandung nan betul-betul layak untuk Anda coba! Dari rasa nan gurih dan segar dari Soto Bandung, hingga kenikmatan nan tercipta dari setiap seruputan Batagor Kuah nan hangat, setiap hidangan mempunyai cerita dan cita rasa tersendiri. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kekayaan kuliner unik Sunda ini saat berjamu ke Bandung. Selamat menikmati petualangan kulinermu dan semoga pengalaman makanmu di kota ini menjadi tak terlupakan! Grameds, Anda juga bisa mencari tahu lebih komplit mengenai kuliner dan wisata Indonesia lainnya melalui kumpulan kitab wisata nan tersedia di Gramedia.com.

Kuliner Populer Khas Sunda

https://cdnwpseller.gramedia.net/wp-content/uploads/2024/04/button_cek-gramedia-com.png

Indonesia, kaya bakal ragam budaya dan budaya istiadat. Demikian juga dengan bumi kuliner. Dari Sabang sampai Merauke, beragam masakan unik wilayah memperkaya kebudayaan Indonesia. Salah satunya adalah masakan unik Sunda. Berbicara tentang masakan unik Sunda, tidak bakal jauh-jauh dari beragam sayur lalapan dan sambal nan pedas membangkitkan selera. Tetapi masakan Sunda bukan hanya itu, ada banyak ragam jenis bahan dan olahan nan lezat dan membangkitkan selera. Kebanyakan makanan unik Sunda terbuat dari bahan dasar sayur, baik nan diolah dalam keadaan mentah maupun nan telah dimasak. Ada pula olahan nan berasal dari bahan dasar daging nan disajikan dengan beragam ramuan rempah unik nan lengkap. Jadi tidak heran jika makanan unik Sunda banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena rasanya nan sangat lezat serta pembuatannya nan tergolong cukup praktis. Sumber daya alam nan melimpah membikin bumi kuliner masyarakat Sunda sangat kaya. Selain dimakan mentah seperti lalapan, masakan Sunda biasa dimasak dengan beragam langkah seperti digoreng, dibakar alias dibeuleum, direbus, dikukus, dan di pepes alias pais. Jadi, tidak heran jika makanan unik Sunda banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena, rasanya nan sangat lezat serta pembuatannya nan tergolong cukup praktis. Nah, untuk Anda nan kegemaran memasak, serta mau menyajikan menu baru meja makan kamu. Resep masakan sunda bisa menjadi pilihan utama. Semua menu masakan sunda bakal Anda temukan di kitab ini. Selamat memasak!

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog