9 Daftar Jenis Anjing Besar Yang Bisa Dijadikan Peliharaan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Seperti nan kita ketahui bahwa anjing merupakan salah satu hewan piaraan nan paling terkenal di dunia. Selain kocak dan juga menggemaskan, anjing juga terkenal dengan kesetiaannya dan sangat jinak kepada majikannya. Maka tak heran jika banyak orang nan menjadikan anjing sebagai hewan peliharaan. Untuk jenis anjing nan bisa dijadikan piaraan memang sangat banyak. Namun di tulisan kali ini, kita hanya bakal membahas beragam jenis anjing besar nan bisa Anda pilih untuk dijadikan hewan piaraan di rumah.

Anjing sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu hewan nan pandai di dunia. Dimana kepintaran anjing ini bakal lebih terlihat jika dilatih oleh seseorang nan ahli. Tentunya, kita bakal merasa senang bukan jika mempunyai anjing nan sangat pintar? Dengan kepintaran nan mereka punya, manusia beranggapan bahwa anjing juga dapat melakukan beragam perihal nan luar biasa.

Tak hanya pandai saja, hewan piaraan nan satu ini juga termasuk ke dalam jenis hewan nan setia pada majikannya. Saking setianya, adanya beberapa ekor anjing di bumi nan terekam menangis saat ditinggal meninggal oleh majikannya. Kisah semacam ini sering terjadi di kota Lima, Peru. Dimana ada seekor anjing nan tidak mau pergi meninggalkan peti meninggal nan berisi majikannya. Bahkan di beberapa kasus, anjing dapat dijadikan sebagai kawan ketika sedang merasa sedih ataupun bahagia. Apakah Anda tertarik untuk memelihara anjing? Umumnya, orang-orang bakal memilih untuk memelihara jenis anjing nan mini dan imut. Tapi tidak sedikit orang nan justru memilih untuk memelihara jenis anjing besar.

SEMUA TENTANG ANJING Single Edition

https://www.gramedia.com/products/psikologi-raos-dalam-wayang?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Nah, mau tahu jenis anjing besar apa saja nan sangat cocok untuk dijadikan hewan piaraan di rumah? Yuk simak info lengkapnya di bawah ini ya.

Daftar Jenis Anjing Besar

Seperti nan kita tahu bahwa ras anjing sangatlah beragam dan mempunyai ukuran nan berbeda-beda. Dimana ada orang nan lebih menyukai anjing ras besar nan terkenal dengan kegagahannya dan dapat melakukan beragam hal. Berikut ini adalah daftar jenis anjing besar nan sering dipilih untuk dipelihara di rumah, antara lain:

1. Tibetan Mastiff

sumber: critterfacts.com

Jenis anjing besar nan pertama adalah Tibetan Mastiff. Dimana anjing jenis ini berasal dari Tibet dan mempunyai nama original ialah Do-Khyi. Jenis anjing nan satu ini dulunya kerap dijadikan sebagai anjing penjaga. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, jenis anjing ini sekarang sudah mulai dijadikan sebagai anjing pendamping alias hewan piaraan di rumah. Untuk ukuran Tibetan Mastiff ini dapat mencapai tinggi hingga 72 cm dengan berat sekitar 70 hingga 86 kilogram. Adapun karakter utama dari jenis anjing ini ialah dari bulunya nan lebat dan tebal. Dimana perihal tersebut memang sesuai dengan suasana nan ada di Tibet nan dingin. Warna bulu dari jenis anjing ini biasanya seragam, mulai dari coklat, shabby, hitam, dan lainnya.

2. Saint Bernard

sumber: pexels

Jenis anjing besar berikutnya adalah Saint Bernard. Dimana jenis anjing ini seringkali muncul di film-film. Semenjak tahun 1600-an, Saint Bernard menjadi salah satu jenis anjing penyelamat di negaranya, ialah Swiss. Akan tetapi, sekarang ini Saint Bernard sudah biasa dipelihara di rumah dan menjadi salah satu jenis anjing besar nan sangat jinak dan juga banyak disukai.

Sementara itu, beberapa catatan sejarah mengatakan bahwa anjing Saint Bernard ini adalah hasil kawin silang dari anjing Ancient Molosser dan juga anjing Alps. Kawin silang tersebut dilakukan oleh tentara Romawi. Adapun julukan lain dari anjing Saint Bernard ialah Mountain Dog, Barry Dog, dan juga Alpine Mastiff. Daya ingat dari jenis anjing ini tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dapat dibuktikan saat ada seseorang nan tersesat di dalam rimba di wilayah bersalju dan jenis anjing ini bisa menemukannya. Kemudian pada tahun 1800-an, barulah anjing ras besar ini mulai memperoleh namanya secara resmi, ialah Saint Bernard.

Jenis anjing ini merupakan anjing nan mempunyai sifat ramah, lembut, dan suka bermain dengan anak-anak. Untuk kesetiaan nan dimiliki oleh anjing ini tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu, anjing ini juga mempunyai kepintaran nan luar biasa. Saint Bernard bakal bersikap garang alias galak saat dirinya merasa terancam. Ukuran tinggi dari badan anjing ini mencapai 61 sampai 70 cm dengan berat badannya sekitar 55 sampai 100 kg.

3. Great Dane

sumber: pexels

Jika membahas tentang jenis anjing besar, maka Great Dane merupakan salah satunya. Apabila Anda merupakan fans Scooby Doo, maka Anda pasti tahu anjing nan satu ini. Great Dane sendiri kerap disebut sebagai raksasa nan lembut. Dimana sifatnya memang sangat ramah dan mudah untuk dekat dengan manusia meskipun mempunyai ukuran tubuh nan besar. Seekor Great Dane dewasa bisa mencapai berat hingga 72 kilogram dengan tinggi rata-rata 81 cm. Anjing Great Dane ini merupakan hasil persilangan dari English Mastiff dan juga Serigala Irlandia. Maka tak heran jika ukuran tubuhnya sangat besar. Great Dane sendiri saat ini sering dipelihara manusia dan termasuk anjing terfavorit.

Saat dalam masa pertumbuhan, sebaiknya anjing jenis ini dibiarkan saja secara alami. Sederhananya, pada masa pertumbuhan, sebaiknya Anda tidak perlu memberikan asupan nutrisi nan berlebihan. Masa pertumbuhan Great Dane bisa mencapai 18 bulan. Anjing jantan bakal mempunyai tubuh nan lebih gagah daripada anjing betina. Walaupun tubuhnya sangat gagah, namun berat tubuh kudu tetap dijaga. Apabila berat tubuhnya terlalu tinggi, maka kakinya tidak bisa untuk menopang. Lebih baik, saat memelihara jenis anjing ini tubuhnya dibuat tetap gagah dan juga ramping saja.

Vegan dan Anjing Single Edition

https://www.gramedia.com/products/psikologi-raos-dalam-wayang?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

4. Kuvasz

sumber: k9rl.com

Jenis anjing besar berikutnya adalah Kuvasz alias nan dikenal dengan nama Hungarian Kuvasz. Anjing nan satu ini mempunyai sifat protektif terhadap rumah dan juga tuannya. Sehingga tak heran bisa sering dijadikan sebagai anjing penjaga. Kuvasz sendiri mempunyai bulu nan terkesan berantakan. Dimana perihal tersebut disebabkan oleh bulu bagian luarnya nan condong kasar. Namun bulu nan ada di bagian dalam sangat lembut. Untuk ukuran tubuh Kuvasz dapat mencapai tinggi 76 cm dengan berat rata-rata antara 40 sampai 54 kilogram. Jenis anjing besar kocak ini seringkali dijadikan sebagai hewan piaraan nan sangat cocok untuk Anda nan suka dengan jenis anjing besar. Terlebih sifatnya nan ramah dan cocok dengan anak-anak.

Dalam bumi anjing, Kuvasz termasuk ke dalam golongan anjing kelas berat. Apabila kita kembali ke masa lalu, tepatnya di era kekaisaran Romawi. Anjing Kuvasz ini termasuk anjing pekerja. Pekerjaan nan mereka lakukan biasanya menjaga ternak domba agar tidak dimakan oleh hewan liar. Anjing nan satu ini dijadikan sebagai penjaga bukan tanpa alasan. Dimana perihal itu lantaran jenis anjing ini mempunyai keahlian nan sangat lincah dan kuat.

Anjing Kuvasz berasal dari Hungaria. Dimana anjing ini umumnya mempunyai kulit berwarna putih cerah. Tubuh dari anjing ini dapat dibilang sangat kokoh dan berotot. Kepala nan dimiliki oleh anjing jenis ini condong ke pajang daripada lebar. Pada bagian telinganya tergantung dan membentuk huruf V.

Anjing nan mempunyai berat sangat berat ini bakal sangat mencintai majikannya. Bahkan, mereka bakal menganggap jika majikannya tersebut adalah keluarganya. Bahkan, andaikan ada orang nan tidak dikenal masuk ke dalam rumah majikan, maka anjing ini bisa saja marah, selain jika family majikan sudah memberikan tanda bahwa orang tersebut boleh masuk. Jadi, anjing ini bakal sangat mengenal wajah-wajah majikannya.

5. Caucasian Mountain Dog

sumber: titans-family.com

Anjing jenis ini berasal dari Rusia dan masuk ke dalam jejeran anjing dengan ukuran tubuh nan besar. Caucasian Mountain Dog merupakan anjing nan mempunyai kediaman di tempat nan dingin. Sehingga tak heran jika bulunya sangat panjang dan tebal. Jadi, untuk Anda nan memelihara jenis anjing ini di suasana panas, pasti bakal menjadi tantangan tersendiri. Jenis anjing ini bisa mencapai berat sampai 90 kilogram dengan tinggi mencapai 75 cm. Untuk Anda nan mau memelihara jenis anjing besar ini, Anda kudu berani merogoh kocek lebih dalam lantaran memang nilai dan juga biaya perawatannya tidak murah. Terlebih dengan bulunya nan panjang dan kudu dijaga agar tidak rontok.

6. Irish Wolfhound

sumber: pexels

Jenis anjing besar selanjutnya adalah Irish Wolfhound. Anjing jenis ini berasal dari Irlandia. Pada abad ke-17, anjing besar ini seringkali digunakan untuk berburu serigala dan juga rusa. Hal tersebut dikarenakan keahlian nan dimiliki oleh anjing ini sangat cocok untuk melakukan perburuan. Terlebih lagi, anjing Irish Wolfhound ini mempunyai banyak otot nan membikin diri mereka menjadi semakin kuat. Untuk berat badan nan dimiliki oleh anjing ini memang tidak seberat badan anjing Great Dane. Dimana punggung dari anjing ini dapat dikatakan pendek dengan dada nan cukup panjang. Pada bagian ekornya jatuh lurus dan ujungnya agak melengkung. Kemudian telinganya mempunyai corak nan mirip seperti huruf V. Bulu dari anjing ini sangat tebal dan lebat.

Anjing jenis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga lantaran mereka bisa melindungi majikannya terlebih dari maling nan mau masuk ke dalam rumah. Untuk menjadi anjing penjaga, alangkah lebih baik untuk dilatih terlebih dulu. Selain itu, anjing nan satu ini mempunyai sifat ramah terhadap majikan, setia, dan juga tenang serta tidak mudah marah. Oleh karena itu, jenis anjing ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan piaraan dan juga kawan bermain.

7. English Mastiff

sumber: gilpa.co.uk

Anjing English Mastiff pada masa kekaisaran Romawi dijadikan sebagai anjing petarung lantaran mempunyai kekuatan nan mereka punya. Bahkan, bangsa Romawi juga menggunakan kekuatan nan ada pada anjing jenis ini untuk melawan banteng, singa, dan juga beruang. Walaupun di era kekaisaran Romawi anjing ini dijadikan sebagai anjing petarung, namun sekarang anjing English Mastiff banyak dijadikan sebagai anjing pendamping. Dengan kata lain, jenis anjing ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan piaraan dan kawan bermain.

Apabila kita lihat dari tampilan anjing English Mastiff, tentunya kita bakal beranggapan bahwa hewan ini sangat unik. Anjing ini mempunyai moncong nan panjang, matanya bakal terlihat lantaran corak wajahnya lebar, serta telinganya jatuh ke bagian samping.

Untuk berat tubuh dari English Mastiff ini umumnya berkisar dari 60 hingga 100 kg dengan tinggi badan nan mencapai 66 sampai 82 cm, ialah setara dengan anak-anak. Anjing ini sangat mudah berbaur dengan anak-anak. Akan tetapi, sebelum bermain dengan anak-anak, alangkah lebih baik anjing ini diajarkan untuk tidak menggigit manusia. Anjing English Mastiff ini dapat dikatakan sebagai anjing nan selalu mau bergerak. Oleh karena itu, jangan pernah jenuh untuk membujuk anjing ini jalan-jalan keluar rumah.

8. Scottish Deerhound

sumber: petpaw

Berikutnya ada jenis anjing nan mempunyai postur tubuh nan besar dan juga gagah ialah Scottish Deerhound alias Deerhound Skotlandia. Walaupun terlihat sangat, rupanya jenis anjing pemburu rusa ini sangat pemberani dan setia. Karena sifat setia nan mereka miliki, anjing Deerhound Skotlandia ini bakal membikin majikannya merasa senang saat bermain bersamanya. Oleh karena itu, anjing ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan piaraan dan menjadi kawan bermain disaat kesepian.

Berdasarkan catatan sejarah, anjing Deerhound Skotlandia ini adalah anjing nan berasal dari Skotlandia. Selain itu, catatan sejarah lain juga mengungkapkan bahwa jenis anjing ini dipercaya sudah ada sejak sebelum abad ke-16. Akan tetapi, pada saat itu, mereka belum diberi nama anjing Deerhound Skotlandia. Pada waktu itu, anjing jenis ini sering bertukar-tukar nama, seperti misalnya Scotch Greyhound, Greyhound kasar dan Highland Deerhound. Pemberian nama Deerhound Skotlandia ini disebabkan lantaran anjing nan satu ini mempunyai keahlian dalam memburu rusa dan mempunyai tubuh dan kulit nan indah.

Apabila Anda mau memelihara jenis anjing ini, maka lebih baik mengenali dulu karakteristiknya. Anjing Deerhound Skotlandia mempunyai karakter ramah, terlebih pada majikannya. Sehingga sangat senang jika diajak bermain. Lalu, anjing dari Skotlandia ini mempunyai daya nan sangat banyak. Sehingga tidak mudah merasa lelah. Karena energinya nan cukup banyak, maka saat memeliharanya, dibutuhkan tempat nan luas agar anjing ini bisa berlari-lari. Selain itu, dalam merawatnya, lebih baik menggunakan pembimbing anjing nan sudah berpengalaman.

 Kucing Sahabt Anjing

https://www.gramedia.com/products/psikologi-raos-dalam-wayang?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

9. Bordeaux Mastiff

sumber: pixabay

Berikutnya, jika Anda mau memelihara jenis anjing besar nan ramah pada manusia namun tetap terlihat sangar, Anda bisa mencoba untuk memelihara jenis anjing nan satu ini, ialah Bordeaux Mastiff. Anjing nan biasa dijadikan sebagai penjaga hewan ternak ini berasal dari Perancis. Dimana jenis anjing ini mempunyai julukan lain, seperti Dogue De Bordeaux dan juga French Mastiff. Menurut catatan sejarah, anjing ini dulunya sering dijadikan sebagai anjing kejuaraan dan apalagi sampai diikutkan bertempur berbareng manusia saat masa kerajaan Romawi.

Untuk perawakannya sendiri, saat dewasa Dogue De Bordeaux mempunyai berat badan hingga 65 kg dengan tinggi 57 sampai 67 cm dan mempunyai tubuh serta kulit keriput seperti anjing mastiff. Namun, kulit wajah nan keriput itulah nan menjadi salah satu keistimewaan nan dimiliki oleh anjing Bordeaux Mastiff. Karena keistimewaannya tersebut, anjing ini disukai oleh banyak orang, terlebih mereka penyuka anjing. Walaupun anjing ini berasal dari negara nan beriklim sub tropis, namun anjing ini juga bisa hidup di negara nan beriklim tropis seperti Indonesia. Hanya saja, andaikan dipelihara di Indonesia, Anda memerlukan pendingin ruangan agar anjing ini tidak merasa kepanasan.

Demikian beberapa daftar jenis anjing besar nan bisa Anda pilih untuk dipelihara di rumah. Namun perlu diingat, dalam memelihara anjing, perlu diperhatikan secara khusus, mulai dari pemberian makan, vaksin, perawatannya, sampai melatih anjing agar kemampuannya lebih terasah. Selain itu, dalam memilih jenis anjing nan mau Anda pelihara, alangkah lebih baik untuk menyesuaikannya dengan keahlian Anda dalam merawatnya.

Kamu bisa dapatkan kitab tentang hewan di Gramedia.com. Yuk langsung saja dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan info dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Laeli Nur Azizah

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai bumi menulis ini lantaran membikin saya semakin bisa mengembangkan buahpikiran dan kreativitas, serta menyalurkan kegemaran saya ini. Selain perihal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga manajemen perkantoran.

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog