Ada Yang Lebih Penting Setelah Target 1 Juta Guru Pppk Hampir Tercapai

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ada nan Lebih Penting Setelah Target 1 Juta Guru PPPK Hampir Tercapai

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim telah mengumumkan jumlah formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 sebanyak 419.146. Jumlah susunan ini bakal menyelesaikan sasaran 1 juta pembimbing PPPK nan sudah dicanangkan sejak 2020.

Namun, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan pemenuhan jumlah sasaran pembimbing kudu dipastikan dapat memenuhi sebaran pembimbing sesuai kebutuhan sejumlah wilayah di Indonesia. Ia menilai bahwa kecukupan pemenuhan pembimbing secara jumlah saja belum tentu bisa memecahkan masalah pendidikan nan saat ini dihadapi.

"Setelah jumlahnya cukup, lebih krusial dari itu nan kudu dipastikan adalah sebaran pembimbing nan diangkat itu dipastikan sesuai dengan kebutuhan di setiap daerah," kata Lestari nan SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (27/03/2024).

Selain ketepatan dalam memenuhi kekurangan jumlah pembimbing di daerah-daerah, kualitas pembimbing nan diangkat tersebut juga kudu sesuai dengan kebutuhan di wilayah tersebut. Ia berambisi semua pemangku kepentingan bekerja-sama kuat dalam proses penempatan para tenaga pengajar itu guna tepat sasaran.

Dengan terpenuhinya kebutuhan pembimbing di sejumlah daerah, menurutnya pembangunan sumber daya manusia nasional bakal semakin baik. Sehingga akhirnya dapat melahirkan generasi penerus bangsa nan handal dan berkekuatan saing.

Selengkapnya
Sumber Pendidikan Sekolah Dasar
Pendidikan Sekolah Dasar