Adab Perang Dalam Islam, Bolehkah Berbohong?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Adab bertempur dalam Islam adalah tentang prinsip-prinsip etika nan kudu diikuti oleh seorang Muslim ketika terlibat dalam bentrok alias peperangan. Ini termasuk prinsip-prinsip seperti melindungi penduduk sipil, tidak menyakiti orang nan tidak bersalah, memberi peringatan sebelum menyerang, dan memperlakukan tawanan perang dengan hormat.

Itu semua berasas pada aliran Islam tentang keadilan, kasih sayang, dan penghargaan terhadap kemanusiaan. Namun, bolehkah mendusta ketika dalam situasi perang?

Dalam kitab Damai Bersama Alqur'an: Meluruskan Kesalahpahaman Seputar Konsep Perang dan Jihad dalam Alqur'an terbitan LPMQ dijelaskan, sudah menjadi kesepakatan umum bahwa perang, apa pun bentuknya, memerlukan strategi untuk memenangkannya.

Namun, perang nan dimaksud di sini adalah perang di jalan Allah, bukan perang para preman nan mempertahankan wilayah kekuasaan alias perang nan lain, semisal perang nilai para produsen untuk saling menjatuhkan, dan sebagainya. Perang model itu terlarang dalam agama, apalagi mendusta dalam perihal nan memang sudah terlarang.

Oleh lantaran itu, ketidakejujuran nan dibolehkan adalah nan termasuk bagian dari strategi dalam rangka memenangkan perang di jalan Allah melawan orang kafir nan memusuhi Islam.

Selanjutnya...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam