Akhlak Ketika Bersin

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Seseorang bersin (ilustrasi).

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Agama Islam selalu mengajarkan ilmu-ilmu nan bermanfaat, salah satunya etika ketika bersin. Adab bersin mencakup beragam aspek, mulai dari tata langkah bersin nan sopan hingga tindakan nan menunjukkan rasa hormat kepada orang lain. 

Hal mendasar nan kudu dilakukan adalah menutup mulut saat bersin. Tindakan ini tidak hanya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tetapi juga menghormati orang lain dengan menghindari penyebaran kuman dan bakteri.

Sebagaimana dalam sabda disebutkan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( إَنَّ اللهَ يُحِبُّ العُطَاسَ ، وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ ، فَإذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ وَحَمِدَ اللهَ تَعَالَى كَانَ حَقّاً عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يَقُولَ لَهُ : يَرْحَمُكَ اللهُ ، وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإنَّمَا هُوَ مِنَ الشَّيْطَانِ ، فَإذَا تَثَاءَبَ أحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ ، فَإنَّ أحَدَكُمْ إِذَا تَثَاءَبَ ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ )) رَوَاهُ البُخَارِيُّ 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Maka, andaikan salah seorang di antara kalian bersin dan memuji Allah, maka wajib bagi setiap orang muslim nan mendengarnya untuk mengucapkan, ‘Yarhamukallah’ (artinya: semoga Allah merahmatimu)’.

Adapun menguap, maka itu adalah dari setan. Apabila salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah dia menahannya semampu mungkin. Karena, jika salah seorang di antara kalian menguap maka setan tertawa karenanya. (HR. Bukhari).

Selain itu, krusial untuk mengucapkan kata-kata seperti "Alhamdulillah" alias "Terima kasih" setelah bersin. Ini bukan hanya sekedar tradisi, tetapi juga merupakan corak penghargaan kepada Tuhan dan ungkapan terima kasih atas kesehatan nan tetap dimiliki. Tindakan ini juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan nan mungkin dirasakan oleh orang lain nan mendengarnya.

Selanjutnya, dalam situasi nan memungkinkan, menjauh dari orang lain sebelum bersin juga merupakan bagian dari etika bersin yang dihormati. Hal ini membantu mengurangi akibat penularan penyakit dan menunjukkan kesadaran bakal kesehatan dan kenyamanan orang lain.

Adab bersin juga mencakup sikap empati dan pengertian terhadap reaksi seseorang terhadap bersin. Menyampaikan kata-kata seperti "Maaf" alias "Maafkan saya" jika bersin terjadi di dekat orang lain adalah tindakan nan sopan dan menghormati emosi mereka.

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam