Akibat Jika Membenci Abu Bakar Ash Shiddiq

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA,JAKARTA--Abu Bakar Ash-Shiddiq salah satu sahabat utama Nabi Muhammad SAW. Abu Bakar mempunyai keistimewaan luar biasa dibandingkan sahabat-sahabat Nabi Muhammad lainnya. Bahkan dari saking cinta Nabi Muhammad kepada Abu Bakar, ada sebuah cerita seseorang sakit setelah mendapatkan teguran dari Nabi Muhammad lantaran seseorang tersebut membeci Rasulullah.

Ahli hadits, As-Samarqandi dalam bukunya "200 Motivasi Nabi & Kisah Inspiratif Pembangun Jiwa" mengungkapkan tentang seseorang nan sakit setelah mendapatkan teguran Nabi Muhammad lantaran membenci Abu Bakar. Diceritakan, Amir Ismail tidak menyukai Abu Bakar dan Umar. Bahkan, dia secara terang-terangan memperlihatkan kebenciannya itu kepada Abu Bakar dan Umar.

Pada suatu malam Ismail bermimpi berjumpa Rasulullah, Abu Bakar, dan Umar berdiri di sisi kanan dan kirinya. Adapun sahabat lainnya di depan dan sekitarnya. Di dalam mimpinya Rasulullah bersabda, "Wahai Ismail, apa nan Anda inginkan dari sahabat-sahabatku?" Ismail lampau terbangun ketakutan setelah mendengar bunyi lantang dan wibawa Rasulullah.

Sejak itu badan Ismail panas dan itu berjalan selama tujuh tahun. Tubuhnya kian hari semakin kurus.

Pada suatu hari, saudaranya, Nasr datang menjenguknya dan terjadilah percakapan antar keduanya. Nasr berkata, "Saudaraku, sakit nan engkau derita ini sudah sangat lama. Jika engkau menyukai seorang wanita, sebagaimana kebiasaan para raja, beritahu aku. Aku bakal berupaya mendapatkannya untukmu." Ismail berkata, "Tidak, bukan itu. Semua ini lantaran wibawa dan bunyi lantang Rasulullah kepadaku ketika beliau bersanda, 'apa nan Anda inginkan dari sahabat-sahabatku?' Kemudian saya terbangun ketakutan, tiba-tiba tubuhku panas."

Mendengar jawaban Ismail, Nashr kemudian menemukan solusinya. Nashr meminta Ismail untuk bertobat. Ismail diminta meminta maaf kepada Allah Rasulullah. Lalu Ismail diminta mengeluarkan semua kebencian terhadap para sahabat-sahabat dari dalam hati. Lalu Ismail diminta mengganti kebencian itu dengan kecintaan. Dengan begitu, kata Nasr, Allah bakal mengangkat penyakitnya.

Seketika itu, Ismail meminta maaf kepada Rasulullah dan cinta kepada para sahabat. Allah kemudian menyembuhkan Ismail dari sakitnya tak lebih dari seminggu. Kisah tersebut, kata As-Samarqandi membuktikan kebenaran riwayat tentang Rasulullah pernah ditanya, "Seluruh manusia berdiri mengantri untuk dihisab di hari kiamat." Rasulullah bersabda, "Ya, selain Abu Bakar. Kepadanya dikatakan 'Jika engkau mau, duduklah, lampau berikanlah syafaat kepada umat manusia. Atau, jika engkau mau, masuklah ke dalam surga."

Diriwiyatkan Rasulullah bersabda, "Di hari kiamat, manakala penunggu surga sudah menetap di surga dan penunggu neraka sudah menetap di neraka, bakal datang kepada para penunggu neraka aroma nan tidak sedap. Itu menambah berat siksaan mereka 70 kali lipat. Mereka bertanya-tanya 'Bau apa ini?' Malaikat berbicara kepada mereka, 'Ini adalah aroma orang-orang nan membenci Abu Bakar dan Umar.'"

Abu Bakar memang sosok sahabat nan istimewa. Sebagaimana sabda nan diriwayatkan Abu Sa'id al-Khudri berkata, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya orang nan paling banyak mendermakan hartanya (untuk perjuanganku) dan paling setiap berkawan denganku adalah Abu Bakar. Andai saja saya diperkenankan mengangkat seorang khalil (kekasih), niscaya saya bakal mengangkat Abu Bakar sebagai khalil-ku. Akan tetapi, persaudaraan dalam Islam dan kecintaannya (itu lebih baik). Tidaklah ada nan tersisa di masjid selain pintu Abu Bakar." (HR al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, an-Nasa'i dan Ahmad).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Kincaimedia, Klik di Sini

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam