Alasan Kuat Kenapa Harga Bitcoin Anjlok Pada Pagi Hari Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Bitcoin membuka perdagangan pekan ini dengan koreksi setelah bergerak naik di akhir pekan lalu, memberi angan tiruan bagi para trader dan penanammodal jangka pendek. 

Koreksi ini terlihat terjadi berbarengan dengan pasar finansial nan berkarakter volatil menuju pidato dari Kepala Bank Sentral Amerika, Jerome Powell. 

Pidato Kepala Bank Sentral Amerika

Kepala Bank Sentral Amerika, Jerome Powell, bakal memberikan pidatonya pada 3 April 2024, pukul 23.10 WIB. 

Pidato tersebut merupakan salah satu pidato nan paling dinanti oleh kebanyakan penanammodal dan trader pada bulan ini lantaran besarnya akibat dari pernyataan nan bakal disampaikan dalam pidato tersebut. 

Saat ini kebanyakan pelaku pasar finansial memprediksi bahwa Jerome Powell bakal menyatakan beberapa perihal mengenai pandangan Bank Sentral Amerika di kuartal kedua 2024, apakah tetap ekspansif dovish alias kembali kontraktif hawkish. 

Pandangan ini merupakan perihal nan krusial lantaran bakal mempengaruhi keseluruhan pasar finansial lantaran dampaknya terhadap Dolar Amerika.

Saat ini terdapat dua prediksi dimana jika Bank Sentral Amerika kembali hawkish, ada kemungkinan kondisi pasar finansial bakal kembali ke masa 2022 hingga awal 2023 dimana kebanyakan aset bergerak turun, termasuk crypto.

Tapi, jika tetap dovish, ada kemungkinan kebanyakan aset finansial bakal konsolidasi dengan potensi pergerakan positif dalam jangka panjang. 

Data nan berada di sekitar Perekonomian Amerika saat ini membuktikan bahwa Amerika tetap berada dalam kondisi perekonomian nan jelek dengan info inflasi nan tetap tinggi secara umum. 

Walau begitu, Amerika sebagai negara “maju” memilih untuk menggunakan inflasi inti dan menghiraukan inflasi umum dalam penentuan kebijakannya sehingga gambaran kebijakannya tidak selalu sejalan dengan kondisi original perekonomian. 

Untuk saat ini prediksi tetap berada pada kondisi dovish, dimana kebanyakan analis memprediksi bahwa Jerome Powell bakal memberikan pernyataan mengenai kuartal kedua 2024 nan bergerak positif. 

Analisis Harga Bitcoin

Hasilnya kemungkinan besar adalah potensi volatilitas untuk aset finansial berisiko tinggi, termasuk crypto.

Volatilitas dalam konteks ini kemungkinan berfaedah konsolidasi panjang hingga ada sentimen positif baru nan berasal dari pasar crypto itu sendiri.

Hari ini nilai kebanyakan crypto, termasuk Bitcoin sedang bergerak turun lantaran banyak nan mau menghindari volatilitas ini dengan langkah menjual kepemilikannya sebelum pidato dilaksanakan.

Ini adalah pergerakan nan umum terjadi sehingga ada kemungkinan koreksi bakal terus terjadi hingga malam ini.

Setelah malam ini, Bitcoin baru bakal bisa memberikan pergerakan nan jelas, namun kemungkinan koreksi dan konsolidasi bakal menjadi pergerakan setelah pidato dilaksanakan.

Hal ini disebabkan adanya publikasi info lain ialah NFP alias info penghasilan tenaga kerja di sektor non pertanian serta info pengangguran.

Data tersebut bakal dipublikasi pada 5 April 2024, sehingga kemungkinan besar bakal terjadi konsolidasi dan koreksi sepanjang pekan ini.

Grafik Harian BTCUSD

Melihat nilai Bitcoin, terlihat bahwa saat ini pergerakannya sedang relatif turun, dimana ada kemungkinan Bitcoin mencapai pemisah bawah barunya.

Pergerakan ini didukung oleh koreksi kemarin nan membikin Bitcoin keluar dari area konsolidasinya sejak beberapa hari terakhir di antara $69.000 hingga $71.000.

Untuk saat ini pemisah bawah nan kuat berada pada $61.000 nan kemungkinan bakal dicapai apa jika tidak ada sentimen positif baru di pasar crypto itu sendiri.

Semua berjuntai pada volatilitas dan hasil publikasi info serta pidato dari Bank Sentral Amerika, sehingga untuk saat ini trader dan penanammodal diharapkan untuk selalu waspada. 

Jika mau trading, ada baiknya menggunakan alokasi modal mini lantaran pekan ini, sama seperti pekan awal di bulan-bulan sebelumnya, adalah pekan nan volatil dimana kebanyakan transaksi trading umumnya berujung kerugian. Risiko ditanggung masing-masing. 

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di Kincaimedia bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. Kincaimedia tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis
Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis