Alasan Mulia Di Balik Keputusan Sahabat Nabi Menikahi Janda

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Ada sebuah kisah tentang seorang sahabat Nabi Muhammad SAW nan memilih menikahi seorang janda. Alasannya, tidak lain adalah demi suatu kebaikan nan mungkin sudah susah ditemui di era sekarang.

Sahabat tersebut adalah Jabir bin Abdullah RA. Dalam hadits shahih riwayat Bukhari, nan diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, disebutkan tentang kondisi dirinya nan saat itu ditinggal wafat oleh ayahnya.

"Ayahku wafat dan meninggalkan sembilan alias tujuh orang anak perempuan, sehingga saya pun menikahi wanita nan pernah menikah sebelumnya," kata Jabir bin Abdullah. Lalu Nabi SAW bertanya, "Apakah Anda sudah menikah, wahai Jabir?" Jabir menjawab, "Ya (sudah)."

Rasulullah SAW bertanya lagi, "Dengan gadis alias janda?" Jabir berkata, "Dengan janda."

Mendengar itu, Nabi SAW bersabda, "Kenapa tidak dengan gadis sehingga Anda dapat bermain-main dengannya dan dia bisa bermain-main denganmu. Kamu dapat berbual dengannya dan dia pun dapat berbual denganmu?"

Kemudian Jabir RA berkata, "Abdullah (ayah Jabir) sudah meninggal dunia, dan dia meninggalkan banyak anak perempuan. Dan saya tidak mau membawakan mereka perihal nan sama (kelahiran anak jika menikah dengan gadis). Jadi saya mau membawakan mereka seorang wanita untuk merawat dan mengasuh mereka."

Lalu Rasulullah bersabda...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam