Amalan Yang Bisa Dikerjakan Pada Hari Jumat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Hari jumat mempunyai keistimewaan nan spesial dalam kepercayaan Islam. Sebagai hari nan dipilih oleh Allah SWT untuk diutamakan, keberkahan dan kesempurnaan ibadah di hari jumat memberikan pelajaran berbobot bagi umat Islam. 

Keutamaan ini tercermin dalam beragam sabda nan mengajarkan tentang pentingnya shalat Jumat, membaca surah Al-Kahfi, dan berdzikir pada hari tersebut.

Oleh lantaran itu, setiap umat Muslim kudu memperbanyak ibadah pada hari jumat agar mendapatkan pahala. 

Pertama, membaca Surat Al-Kahfi

Sunnah membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat merupakan praktik nan dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan mempunyai makna serta hikmah nan dalam bagi umat Muslim.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ.

Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada malam jumat, maka dia bakal mendapat sinar antara dirinya dan rumah nan mulia (Mekkah). (HR. Ad-Darimi). 

Kedua, memperbanyak bermohon terutama pada sore hari

Berdoa pada hari jumat merupakan kesempatan nan spesial untuk memperoleh ampunan, rahmat, dan berkah dari Allah SWT. Rasulullah SAW pernah berfirman bahwa di antara waktu nan paling mustajab untuk bermohon adalah pada sore hari Jumat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut tentang hari jumat. Beliau bersabda:

فِيهَا سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْألُ اللهَ شَيْئاً ، إِلاَّ أعْطَاهُ إيّاهُ

Di dalamnya terdapat satu waktu nan tidaklah seorang hamba nan muslim tepat pada saat itu berdiri sholat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya. Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut. (HR. Bukhari, no. 935 dan Muslim, no. 852).

Ketiga, memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam

Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap jumat. Karena shalawat umatku bakal diperlihatkan padaku pada setiap jumat. Barangsiapa nan banyak bershalawat kepadaku, dialah nan paling dekat denganku pada hari hariakhir nanti. (HR. Baihaqi). 

Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah corak penghormatan dan pengagungan terhadap Rasulullah nan merupakan utusan terakhir Allah SWT kepada umat manusia.

Di sisi lain, bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan corak ibadah nan dianjurkan oleh Rasulullah sendiri. Beliau menyatakan bahwa siapa pun nan bershalawat kepadanya satu kali, Allah bakal bershalawat kepadanya sepuluh kali lipat.

Dengan demikian amalan-amalan pada hari jumat ini bisa dilakukan oleh setiap umat Muslim tanpa terkecuali. Sebab, rekomendasi ini bisa mendatangkan pahala nan besar bagi setiap orang nan menjalankannya. 

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam