Anjuran Bertakwa Kepada Allah Dalam Berbagai Kondisi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Di manapun umat Muslim berada, bertakwa menjadi landasan untuk menjalani kehidupan nan berarti dan bermanfaat.

Contohnya, dalam kehidupan sehari-hari, seorang Muslim nan bertakwa bakal menjalankan tanggungjawab kepercayaan seperti sholat lima waktu dengan konsistensi dan khusyuk. Mereka juga bakal memperhatikan perilaku moral dalam hubungan sehari-hari, seperti jujur, adil, dan kasih sayang terhadap sesama.

Dari Abu Dzar Al Ghifari radhiyallahu anhu, dia berkata: ‘Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

اتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Bertakwalah kepada Allah dimanapun kau berada, dan hendaknya setelah melakukan kejelekan engkau melakukan kebaikan nan dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan adab nan baik. (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987).

Sebagai contoh lain, ketika berbisnis seorang Muslim nan bertakwa bakal mengutamakan integritas dan kejujuran dalam setiap transaksi, apalagi jika itu berfaedah mengorbankan untung pribadi.

Oleh lantaran itu, bertakwa tidak hanya menjadi tanggungjawab ritual, tetapi juga menjadi pedoman dalam setiap tindakan dan keputusan nan diambil umat Muslim dimanapun mereka berada.

Di sisi lain, bertakwa kepada Allah memberikan landasan moral nan kuat bagi individu. Dengan menyadari bahwa Allah Maha Mengetahui dan Maha Melihat, seseorang bakal lebih berhati-hati dalam tindakan dan perilaku mereka. 

Hal ini mencakup menjauhi perbuatan dosa dan mendorong untuk melakukan perbuatan baik nan sesuai dengan aliran agama.

Allah juga memerintahkan umat Muslim untuk selalu bertakwa, sebagaimana firman-Nya dalam Surat Ali-Imran ayat 102 nan berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ 

Wahai orang-orang nan beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah Anda meninggal selain dalam keadaan muslim. (QS. Ali-Imran: 102). 

Dengan demikian, umat Muslim kudu bertakwa kepada Allah dimanapun keberadaannya. Sebab, Allah selalu memandang segala sesuatu nan mereka kerjakan. 

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam