Apa Itu Batu Ruby Burma Dan Ciri-ciri Batu Ruby Burma Asli

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Batu Ruby alias nan biasa disebut dengan permata delima adalah batu permata nan mempunyai nilai nan sangat tinggi berasas nilai per karatnya. Karena harganya nan mahal seringkali batu ruby inj juga dijadikan sebagai fashion statement yang berbobot tinggi untuk menyempurnakan penampilan, maka tak heran batu ruby ini menjadi daya tarik nan besar dalam merubah penampilan seseorang.

Dengan warna merahnya nan merona, maka batu ruby bakal menarik perhatian setiap mata nan memandang lantaran bakal memberikan kesan mewah dan elegan bagi penggunanya. Nah grameds ada banyak sekali jenis batu ruby nan dicari diseluruh dunia. Dari sekian banyaknya batu ruby nan ada di beragam bagian dunia, pada tulisan ini kita bakal membahas mengenai batu ruby burma.

Apakah grameds penasaran apa bedanya batu ruby burma dengan batu ruby lainnya? dan apakah ciri-ciri batu ruby burma nan asli? Simak terus tulisan dibawah ini.

Apa itu Batu Ruby Burma

Ruby Burma alias Burma Ruby adalah julukan untuk batu Ruby nan ditambang di Mogok Gemstone Tract, District Kathe. Tempat penambangan itu dikenal sudah lebih dari 1.000 tahun sebagai rumah dari batu ruby terbaik di dunia. Ruby tersebut mempunyai warna merah nan alami nan memancarkan kilau dibawah pencahayaan nan terang.

Ruby nan mempunyai kualitas terbaik dan berbobot jual tinggi adalah ruby nan mempunyai warna nan dikenal dengan istilah pigeon blood ruby. Warna ini lah nan sering ditemukan pada batu ruby burma. Ruby Burma mempunyai corak serat diagonal dan lembut seperti sutra, tampilan serat ini memberikan pengaruh seperti patkwa di permukaan batu, lantaran mempunyai serat nan lembut dan padat maka Ruby Burma lebih keras dibandingkan dengan ruby dari negara lain.

Ciri Batu Ruby Burma Asli

sumber: jenis.net

Grameds, mengetahui karakter batu ruby burma original sangatlah krusial jangan sampai Anda tertipu lantaran sudah bayar mahal namun rupanya batu permata nan Anda beli adalah palsu. Nah berikut ini adalah beberapa karakter batu ruby burma original nan perlu Anda ketahui.

1. Tidak Diberi Treatment GF

Bagi pecinta batu permata tentu treatment ini sudah tidak asing lagi. Treatment GF alias Glass Filling merupakan pengisian kaca pada batu permata perihal ini diperlukan bagi batu ruby nan mempunyai pori-pori nan besar. Dengan pengisian kaca tersebut maka pori-pori pada batu menjadi tertutup dan semakin bagus untuk dilihat. Namun lantaran menggunakan treatment ini sebenarnya membikin nilai jual batu ruby menjadi lebih rendah.

Nah, berbeda dengan batu ruby nan lainnya, pori-pori pada batu ruby burma original tidak besar. Jarang ditemukan pada batu ruby burma nan keropos dan banyak bolong di dalamnya. Maka batu ruby burma tidak diberik treatment GF dan ini lah nan bisa dijadikan patokan ketika memandang batu ruby burma asli.

2. Memiliki Inklusi Berbentuk Jarum Pendek

Biasanya batu ruby burma original nan khususnya berasal dari tambang mogok mempunyai karakter unik ialah inklusi berbentuk seperti jarum lembut nan jika dilihat seperti sutra. Inklusi berbentuk jarum lembut ini bisa muncul di sebagian alias seluruh batu ruby nan berasal dari burma. Namun inklusi jarum lembut alias jarum pendek ini bisa lenyap jika batu ruby terkena treatment heated.

3. Berwarna Pink Hingga Merah Darah

Warna batu ruby burma original mempunyai warna pink hingga merah darah. Hal ini berbeda dengan batu ruby nan berasal dari negara lain seperti Afrika nan mempunyai warna semu ungu. Bahkan batu ruby nan berwarna ungu dari Mozambique sangat banyak jumlahnya sehingga mudah didapatkan di pasaran.

Masalah warna menjadi kelebihan ruby nan berasal dari Burma. Hingga saat ini warna merah batu ruby nan terbaik memang didapatkan dari tambang negara tersebut. Sebagian mahir Gemolog juga mengatakan bahwa jika sebuah batu mempunyai warna merah murni nan cerah dan didapatkan bukan dari hasil treatment maka batu ruby tersebut dipercaya berasal dari Burma.

4. Harga Ruby Burma

Tidak hanya dilihat dari tampilan fisik, Anda juga bisa mengidentifikasi batu ruby burma original dari harganya. Sebuah batu ruby burma nan original tanpa treatment berbobot mempunyai nilai rata-rata sekitar 15.000 dolar Amerika per karatnya. Bahkan ruby termahal nan disebut sebagai Sunrise dapat dijual seharga 30 juta dollar Amerika. Namun batu ruby nan mengalami treatment heat akan mempunyai nilai rata-rata 1 juta rupiah per karatnya. Nah Grameds, jika Anda menemukan batu ruby burma dengan nilai murah maka kemungkinan besar batu tersebut nan berasal dari Afrika.

Macam-Macam Batu Ruby

sumber: unsplash

Grameds, batu ruby mempunyai beragam jenis. Macam-macam batu ruby juga tergantung dari mana dia diambil, kandungan nan ada didalamnya, warna dan juga karatnya. Nah berikut ini adalah macam-macam batu ruby nan bisa ditemukan.

1. Ruby Burma Baru

Jenis batu ruby nan pertama adalah burma baru, batu ruby ini berasal dari myanmar namun berasal dari wilayah Mong-Hsu. Ketika lembak mogok nan terkenal dengan batu rubynya mulai menipis, para penambang batu ruby bergerak ke selatan untuk menemukan Ruby Ming nan baru.

Industri perhiasan di Myanmar juga semakin berkembang, penambang di Lembah Mong-Hsu menjadi lebih aktif. Ada beragam macam jenis ruby termasuk ruby bintang, ruby pink, dan ruby merah. Meski batu ruby burma baru tidak melegenda seperti ruby burma antik namun tetap tetap diminati oleh pecinta batu permata dan harganya dapat bersaing.

2. Ruby Lembah Mogok

Ruby lembah mogok ini dikenal juga sebagai Old Burmese Ruby, alias ruby burma kuno. Jenis batu ruby ini diambil antara akhir 1800 hingga pertengahan 1900 an dari lembah mogok. Namun saat ini batu ruby lembah mogok ini semakin susah dicari lantaran semakin menipis jumlahnya, meski tetap ditemukan namun mempunyai ukurang duit kecil. Meski ukurannya mini namun kualitas batu ruby ini boleh menjadi pertimbangan

3. Ruby Thailand

Selanjutnya adalah Thailand sebagai negara produsen ruby kedua paling favorit setelah Myanmar. Thai Ruby menjadi pilihan favorite juga lantaran mempunyai kedalaman warna dan merata. Kejernihan Thai Ruby juga membikin orang nan melihatnya ikut terpesona. Selain Ruby, Thailand juga dikenal sebagai negara penghasil safir dan zamrud terbaik di dunia. Batu Ruby Thailand mempunyai warna merah kecoklatan lantaran besarnya kandungan kromium, mineral penghasil warna merah dan unsur besi nan membuatnya berwarna coklat alias sedikit gelap.

4. Ruby Mozambik

Penambangan batu ruby mozambik akhir-akhir ini menjadi perhatian dunia. Mengingat menipisnya jumlah batu ruby di pertambangan Lembah Mogok, Burma, maka negara Afrika ini semakin kuat untuk menjadi pemain kunci batu permata. Di Afrika sendiri banyak penambangan batu ruby nan dikenal dengan Ruby Afrika namun Mozambik mempunyai jenis batu ruby dengan warna merah tua nan berkualitas. Bahkan beberapa spesimen batu ruby di negara Afrika mempunyai standar nan mendekat kualitas Pigeon Blood Ruby.

5. Ruby Madagaskar

Selain Mozambik, Madagaskar juga muncul dan sukses meningkatkan produksi rubynya. Ciri-ciri batu ruby madagaskar adalah mempunyai warna merah tua, kejernihan dan kualitas nan baik. Namun ada juga beberapa batu ruby madagaskar nan mempunyai warna merah muda alias apalagi oranye. Karena kejernihan dan keelokan batu ruby ini maka batu ruby madagaskar menjadi nan paling unggul di pasar batu permata.

6. Ruby India

Indi memang tidak sering disebut dalam industri batu permata, namun India mempunyai sejarah panjang mengenai ruby. Dulunya India adalah penghasil ruby dan hingga saat ini Anda juga tetap bisa memandang tambangnya nan tetap tersisa. Tidak kalah dengan jenis ruby lainnya, ruby india ni mempunyai warna merah kehitaman. Batu ruby ini seringkali dijadikan perhiasan permata sehari-hari. Rubi nan terkenal dari India adalah ruby dari Karur, Tamil Nadu, dan Star Ruby dari Channapatna, Karnataka.

7. Bintang Ruby

Selanjutnya adalah Star Ruby nan tetap dari bagian dari family batu permata Ruby. Batu ruby ini dikenal dengan asterisme nan bakal menciptakan pengaruh bintang nan menakjubkan ketika mengenai cahaya, Ruby Star memikat pengamatnya dengan pesona nan tidak terlupakan. Jenis batu unik mempunyai inklusi jarum rutil nan disebabkan lantaran titanium nan masuk ke dalam kristal.

Tips Merawat Batu Ruby alias Perhiasan Ruby

sumber: jenis.net

Grameds, tentu ketika kita mempunyai batu permata, kita mau menjaganya dengan baik agar tidak rusak alias hancur. Pasti Anda juga tidak mau batu ruby Anda kotor dan tentu kudu dibersihkan. Daripada Anda salah merawat dan menjaga batu ruby maka Anda bisa

1. Hindari Pemakaian Perhiasan Batu Ruby Saat Melakukan Aktivitas Rumah

Ketika Anda melakukan pekerjaan rumah maka saatnya Anda melepas perhiasan dari batu ruby. Pekerjaan rumah nan dapat merusak perhiasan seperti berkebun, membereskan rumah, mencuci dan lain-lain. Batu ruby bakal beresiko tergores lantaran adanya gesekan alias paparan bahan kimia seperti pemutih, pembersih lantai, sabun dengan formula nan keras.

2. Disimpan terpisah

Idealnya sebuah perhiasan ruby disimpan dalam kantong alias wadah nan terpisah dengan perhiasan lainnya. Batu ruby sendiri tidak mempunyai kekerasan seperti permata maka bakal sangat beresiko jika disimpan dalam tempat nan sama dengan perhiasan lainnya nan kita tidak sadar lebih tajam.

3. Membersihkan Batu Ruby

Grameds jika Anda merasa perhiasan mu terkena noda dan bingung membersihkannya maka Anda bisa menggunakan sabun nan lembut nan tidak mempunyai kandungan nan keras dan kimia. Kamu bisa menggunakan kain alias sikat gigi dengan bulu lembut untuk menghilangkan sisa kotoran nan ada di sela perhiasan. Perlu diingat bahwa Anda tidak boleh menggunakan cairan pemutih lantaran itu bakal merusak kilau dari batu ruby.

4. Dipoles Secara Berkala

Seiring dengan berjalannya waktu maka kilau dari batu ruby bakal menghilang dan memudar. Kamu bisa membawa perhiasan Anda ke toko perhiasan alias ahli batu permata untuk mendapat perawatan tepat setiap enam bulan sekali. Mereka bakal menggunakan perangkat unik untuk membersihkan batu permata seperti di cuci dengan teknologi ultrasonik. Dengan gelombang tinggi maka kotoran nan tidak terlihat bakal diangkat secara efektif tanpa merusak perhiasan.

Penutup

Nah Grameds, itu dia adalah penjelasan mengenai ciri-ciri batu ruby burma original nan bisa Anda gunakan ketika sedang membeli batu permata ruby ini. Bagi Anda nan sudah mempunyai batu ruby sebagai perhiasan maka Anda bisa memandang tips untuk tetap menjaga keindahannya. Meski batu ruby mempunyai jenis nan beragam namun keindahannya tetap tetap sama kok grameds.

Semua rekomendasi kitab nan sudah dijelaskan sebelumnya, bisa Anda dapatkan di Gramedia.com. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca.

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Perhiasanku: Mien R. Uno

 Mien R. Uno

button cek gramedia com

Perhiasan telah dikenal di bumi sejak ribuan tahun silam. Sesuai dengan namanya, perhiasan berfaedah untuk menghias diri. Menganakan perhiasan bisa untuk mempercantik diri, memberi kesan berkuasa, menyampaikan pesan tersirat bakal status ekonomi, alias kegunaan lainnya. Karena fungsinya nan terus berkembang sesuai zaman, perhiasan tetap terus ada dan dipakai sampai sekarang, terutama di kalangan wanita. Dari perihal tersebut kemudian penulis tercetus buahpikiran untuk menulis dan menerbitkan sebuah kitab nan bakal memberi info mengenai perhiasan dan juga inspirasi kepada siapa saja mengenai kiat memadu padankan beragam jenis perhiasan, baik untuk aktivitas sehari-hari, bekerja, saat berkebaya, menghadiri pesta, dan acara-acara lainnya. Buku nan berjudul Perhiasanku – Mien R. Uno ini ditulis oleh Debbie S. Suryawan. Buku ini diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama pada Agustus tahun 2018. Di dalam kitab ini tak hanya dilengkapi dengan kiat padu padan perhiasan, juga memuat info mengenai sejarah perhiasan dan perkembangan perhiasan, khususnya di wilayah Nusantara. Dengan diterbitkannya kitab ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai perhiasan, dan dapat membikin para pembaca semakin menghargai keelokan perhiasan nan mempunyai nilai artistik dan investasi, sehingga kemudian perhiasan dapat terus diapresiasi dan diturunkan kepada generasi selanjutnya.

Spirit MIEN UNO – Bergaya Sepanjang Usia

Spirit MIEN UNO - Bergaya Sepanjang Usia

button cek gramedia com

Dalam kitab ini, Mien R. Uno memaparkan kiat-kiat awet mudanya, nan menurutnya bukanlah perihal nan spesial dan perlu dirahasiakan apalagi banyak dari kiat-kiat tersebut telah kita ketahui, hanya saja kita mengabaikannya seperti selalu bersyukur, berpikir positif, dan menjaga kesehatan. Selain itu, Mien R. Uno juga berbagi tips untuk selalu tampil menarik namun unik dan selaras dengan karakter kepribadian masing-masing perseorangan untuk beragam kesempatan. Menurutnya, berpenampilan baik tak hanya menyenangkan diri sendiri, tapi juga menebar daya positif pada lingkungan sekitar. Penampilan Mien R. Uno nan banyak orang bilang menarik itu mungkin tidak bisa dijabarkan berasas tampilan bentuk satu per satu. Sesuatu nan boleh jadi adalah perihal menyeluruh, nan sekilas tak dapat ditangkap mata, tapi sangat terasa di batin. Saya sangat percaya bahwa kecantikan nan paling kuat terpancar dari kejernihan hati. Setelah itu, nilai-nilai lain nan turut menyumbang adalah kekuatan pribadi, kepercayaan diri, dan kepercayaan diri bahwa kita sudah memperlihatkan perihal terbaik nan bisa kita lakukan. Nilai-nilai itulah nan memberi nilai tambah pada hasil riasan dan tata busananya.

Seri Petualangan Sherlock Holmes – Berlian Biru

Seri Petualangan Sherlock Holmes - Berlian Biru

button cek gramedia com

Lady Morcar kehilangan sebutir permata birunya ketika menginap di Hotel Cosmopolitan. Petugas bilik hotel nan sedang memperbaiki meja kamarnya pun menjadi tersangka atas hilangnya permata tersebut. Holmes dan Watson terjun mengungkap kasus tersebut. Benarkah petugas hotel nan telah mencuri permata biru milik Lady Morcar? Fakta apa saja nan ditemukan Holmes dalam mengungkap kasus tersebut?

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog