Apa Itu Iklan Advertorial Dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Satu dari sekian banyak langkah untuk mempromosikan upaya Anda adalah menggunakan teknik advertorial. Iklan advertorial ini mempunyai kelebihan dan format nan agak sedikit berbeda dibandingkan iklan di media sosial maupun billboard fisik. 

Meson Digital Agency bakal mengulas beberapa aspek mengenai iklan advertorial, mulai dari kegunaan sampai langkah membuatnya. 

Apa itu Iklan Advertorial? 

Iklan Advertorial adalah jenis iklan nan disajikan menyerupai konten editorial. Iklan advertorial menggabungkan materi promosi dengan info nan biasanya ditemukan dalam tulisan dengan tujuan menarik serta memberikan info sembar secara lembut mempromosikan produk alias layanan. 

Narasi dalam iklan advertorial dicancang sealami mungkin dan tidak terlihat seperti iklan jika dilihat sekilas. Dengan format narasi seperti ini, Anda dapat memberikan konteks alias perincian lebih dalam kepada audiens.

Fungsi Iklan Advertorial

Pada dasarnya, kegunaan iklan advertorial adalah menggabungkan info dan promosi demi memperkenalkan produk alias jasa mereka secara terperinci sembari menyediakan konten nan informatif dan berfaedah bagi pembaca. 

Cara promosi seperti ini dapat lebih efektif membangun kepercayaan dan keterlibatan audiens lantaran pembaca merasa sedang mendapatkan wawasan alias value tertentu, bukan hanya memandang iklan biasa.

Ciri Iklan Advertorial

Iklan advertorial mempunyai ciri-ciri nan cukup mencolok jika dilihat, yaitu: 

  • Presentasi Secara Objektif. Advertorial disajikan secara objektif, membikin audiens mempercayai info tersebut lantaran kredibilitasnya nan tinggi.
  • Gaya Bahasa Dibuat Relevan dengan Audiens. Pengiklan menyesuaikan nada dan konten advertorial agar sesuai dengan audiens target, memastikan bahwa pesan tersebut dapat tersampaikan dengan efektif.
  • Penyesuaian dengan Gaya Editorial. Konten advertorial disesuaikan agar sesuai dengan style editorial publikasi, mulai dari judul, font, dan pengaturan kolom.
  • Storytelling nan Menarik. Advertorial sering kali menarik pembaca dengan menceritakan sebuah cerita unik. Sehingga dapat mencuri perhatian. 

Manfaat Iklan Advertorial

Manfaat nan Anda rasakan jika menggunakan iklan advertorial sebagai komponen strategi pemasaran digital bisa sangat beragam, contohnya: 

1. Memudahkan Konversi Leads 

Sebuah iklan advertorial biasanya dimuat dalam media massa alias platform nan sering diakses oleh sasaran audiens spesifik. Hal tersebut membikin iklan nan Anda tampilkan lebih mudah untuk mengonversi calon pengguna menjadi leads berkualitas. 

2. Membangun Brand Awareness

Manfaat berikutnya, Anda mempunyai kesempatan untuk memperkenalkan brand kepada audiens nan lebih luas secara lebih mendalam nan nantinya ikut membangun brand awareness. 

3. Menaikkan Kredibilitas 

Di samping brand awareness, advertorial juga bakal meningkatkan kredibilitas di mata audiens. Sebuah kredibilitas sendiri sangatlah krusial untuk bisnis, khususnya jika upaya Anda baru saja diluncurkan alias merintis. 

4. Merangsang Engagement

Iklan advertorial membuka kesempatan Anda untuk terhubung dengan sasaran audiens dengan lebih personal. Semua berkah info dan edukasi nan diberikan kepada pembaca. Kemudian, pembaca pun bakal tergugah untuk berinteraksi dengan brand Anda untuk mencari info lebih lanjut. 

5. Berdampak dalam Jangka Panjang 

Dan terakhir, advertorial memang dibuat untuk memberikan akibat jangka panjang dibandingkan iklan media sosial nan mengejar viralitas, namun mudah dilupakan begitu saja. 

Iklan advertorial dirancang untuk memberikan eksposur nan lebih mendalam dan terarah kepada audiens nan tertarik. Hasilnya, pesan Anda bisa memperkuat dalam ingatan mereka dalam waktu nan lebih lama. 

Jenis Iklan Advertorial

Biasanya, iklan advertorial berbentuk tulisan alias blog nan dimuat dalam media massa alias media cetak. Namun sesungguhnya ada beberapa jenis lain nan cukup populer, yakni: 

Terdapat beberapa jenis advertorial nan dapat digunakan dalam strategi pemasaran digital:

1. Advertorial Teks

Jenis advertorial ini merupakan nan paling umum dengan corak tulisan alias tulisan nan dimaksudkan untuk mempromosikan produk alias layanan. 

2. Advertorial Video

Advertorial video menggunakan format video untuk memperkenalkan produk alias jasa kepada audiens. Konten video nan dimaksud bisa berupa wawancara, ulasan produk, alias cerita singkat nan disampaikan melalui visual dan suara.

3. Advertorial Gambar

Jenis advertorial ini menggunakan gambar alias infografis untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Gambar tersebut disertai dengan teks nan menjelaskan lebih lanjut tentang produk alias jasa nan dipromosikan.

4. Advertorial Audio

Apakah Anda pernah mendengarkan iklan nan diselipkan dalam podcast alias aktivitas radio? Inilah nan disebut advertorial audio. 

Jenis advertorial audio dapat menjadi pilihan nan efektif untuk menjangkau audiens nan lebih suka mendengarkan info daripada membacanya.

Contoh Iklan Advertorial 

Supaya lebih mudah memahami, di bawah ini adalah contoh iklan advertorial nan baik. Advertorial berikut berasal dari Polident, produk perekat gigi tiruan untuk lansia. 

Di iklan ini, Polident tidak langsung mempromosikan produk atau  apalagi menyebut jenis produk nan ditawarkan. Polident menjelaskan terlebih dulu tentang asupan gizi nan perlu dikonsumsi seorang lansia agar kesehatan tetap terjaga. 

Setelah penjelasan selesai, barulah tulisan bakal menghubungkan faedah produk perekat gigi tiruan dengan gizi dan asupan makanan seorang lansia. Artikel menjelaskan bahwa produk Polident dapat menempel dengan kuat di gusi, sehingga menjaga lansia tetap makan dengan teratur.   

Bagian-bagian Iklan Advertorial

Bagian dari advertorial tidak selalu sama, mengingat jenis dan media nan memuatnya juga berbeda-beda. 

Namun secara umum, inilah bagian-bagian nan ada di advertorial: 

1. Konten nan Engaging 

Konten adalah komponen kunci dari sebuah advertorial nan efektif. Sebuah cerita nan menarik dan informatif kudu disajikan dengan langkah nan relevan dengan audiens. 

2. Brand Integration

Advertorial kudu mempertahankan integritas editorial. Berarti, promosi perlu dilakukan dengan langkah soft selling untuk mengintegrasikan brand Anda. Cara ini membikin audiens bisa tertarik tanpa sadar bahwa mereka sedang sodorkan media promosi.

3. Call to Action (CTA)

Setiap advertorial nan efektif kudu menyertakan click to action (CTA). CTA ini mendorong pembaca untuk mengambil langkah selanjutnya nan diinginkan, seperti mengunjungi website official dari brand Anda alias apalagi melakukan pembelian. 

4. Elemen Visual

Menggabungkan komponen visual seperti gambar, video, alias infografis dapat meningkatkan daya tarik visual dari advertorial. Elemen visual ini tidak hanya membikin konten lebih menarik secara estetika, tetapi juga membantu menyampaikan pesan dengan lebih efektif.

Cara Membuat Iklan Advertorial 

Inilah beberapa langkah untuk membikin iklan advertorial: 

1. Kenali Audiens 

Hal pertama nan tidak boleh terlewatkan adalah memahami audiens Anda terlebih dahulu. Cari tahu tentang gimana persepsi audiens terhadap produk alias hambatan nan mereka hadapi. 

2. Tekankan di Value, Bukan Promosi 

Ketika membikin konten advertorial, krusial untuk lebih menekankan nilai nan ditawarkan oleh produk alias jasa Anda daripada sekadar promosi. 

Audiens condong lebih tertarik pada gimana produk tersebut dapat memberikan solusi bagi masalah mereka alias meningkatkan kehidupan mereka. 

3 Buat Narasi nan Persuasif 

Sebuah konten advertorial mempunyai sebuah click to action (CTA) nan mengarahkan audiens ke laman penjualan alias website resmi dari brand Anda. Supaya pembaca berkeinginan untuk berkunjung, Anda kudu membentuk narasi nan persuasif dari awal hingga akhir. 

4. Tentukan Tujuan

Definisikan tujuan dan perspektif pandang advertorial Anda dengan headline nan menarik. Buat headline tersebut spesifik serta anjikan solusi atas suatu tantangan nan dihadapi audiens sehingga mereka bakal tertarik untuk mengetahui lebih lanjut.  

5. Pilih Platform nan Tepat 

Perlu diingat jika platform untuk memuat advertorial sendiri beragam macam, umumnya terdiri dari media online dengan audiens dengan niche tertentu. Oleh lantaran itu, Anda juga perlu memilah dan memilih platform media nan tepat. 

Misalkan brand nan Anda tawarkan adalah suplemen kesehatan unik anak. Tentu tidak bakal efektif andaikan Anda menempatkan advertorial di media online unik otomotif.  

Kesimpulan 

Iklan advertorial merupakan metode pemasaran nan efektif dengan menggabungkan materi promosi dengan konten editorial nan informatif. Advertorial bermaksud untuk menarik perhatian audiens secara lembut dan membangun kepercayaan melalui narasi natural namun tetap informatif. 

Layanan online PR dari Meson Digital Agency siap membantu Anda untuk merumuskan strategi dan membikin iklan advertorial sesuai upaya Anda. Tim kami terdiri dari beragam spesialisasi sehingga dapat membuahkan hasil nan lebih maksimal.

Selengkapnya
Sumber Digital Marketing Agency
Digital Marketing Agency