Apakah Setan Tinggal Di Langit?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Bincangsyariah.Com– Di mana setan berada? Apakah betul setan tinggal di langit? Menurut penjelasan pemimpin tertinggi Al-Azhar, Mesir, Grand Syekh Ahmad A-Thayyib, setan adalah diantara makhluk Allah.

Setan dulu berasal dari surga lampau dikeluarkan dari sana akibat perilaku maksiatnya kepada Allah. Sekarang, setan tinggal di bumi berbareng dengan manusia. Ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam surah al-A’raf: 13 nan mengisahkan jika setan dikeluarkan dari surga lantaran sifat sombongnya.

Kisah ini sebenarnya merupakan bagian dari rangkaian kisah dikeluarkannya Iblis dari surga setelah enggan bersujud kepada Adam, atas perintah Allah Swt.,

قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُوْنُ لَكَ اَنْ تَتَكَبَّرَ فِيْهَا فَاخْرُجْ اِنَّكَ مِنَ الصّٰغِرِيْنَ

Dia (Allah) berfirman, “Turunlah Anda darinya (surga) lantaran Anda tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya. Keluarlah! Sesungguhnya Anda termasuk makhluk nan hina.”

Selanjutnya, krusial untuk diketahui, jika unsur setan tidak seperti bentuk manusia. Allah ciptakan setan dari api, namun manusia pada dasarnya tidak bisa melihatnya. Zat setan juga ringan dan dapat beranjak dengan cepat, sesuatu nan tidak dimiliki manusia.

Ini sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-A’raf nan memperingati jangan sampai manusia terperdaya kembali oleh bujukan setan, seperti nan terjadi pada 2 moyang manusia, Adam dan Hawa. Ini disebutkan dalam surah Al-A’raf ayat 27

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ كَمَآ اَخْرَجَ اَبَوَيْكُمْ مِّنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْءٰتِهِمَاۗ اِنَّهٗ يَرٰىكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهٗ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ اِنَّا جَعَلْنَا الشَّيٰطِيْنَ اَوْلِيَاۤءَ لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ

Artinya; Wahai anak cucu Adam, janganlah sekali-kali Anda tertipu oleh setan sebagaimana dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga dengan menanggalkan busana keduanya untuk memperlihatkan kepada keduanya aurat mereka berdua. Sesungguhnya dia (setan) dan para pengikutnya memandang Anda dari suatu tempat nan Anda tidak (bisa) memandang mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu (sebagai) penolong bagi orang-orang nan tidak beriman.

Karena setan hidup di bumi, tapi manusia tidak bisa melihat, maka setan dapat berada di mana saja. Di tanah, di air, apalagi di udara di sekitar kita. Tapi nan jelas, setan tidak berada di langit. Ini seperti disebutkan dalam surah As-Shaffat ayat 6-8

إِنَّا زَيَّنَّا السَّمَاء الدُّنْيَا بِزِينَةٍ الْكَوَاكِبِ (٦) وَحِفْظًا مِّن كُلِّ شَيْطَانٍ مَّارِدٍ (٧) لا يَسَّمَّعُونَ إِلَى الْمَلإِ الأَعْلَى وَيُقْذَفُونَ مِن كُلِّ جَانِبٍ (٨)

Artinya; Sesungguhnya kami hiasi langit bumi dengan keelokan bintang-bintang. Dan (langit) terjaga dari setiap setan nan terkutuk (7). Mereka mencoba untuk mencari dengar ke langit tertinggi, (tapi) mereka dilempari (dengan bintang-bintang) dari segala penjuru (8).

Maksud ayat terakhir adalah, ketika ada setan nan mencoba menuju langir, bakal ada bintang jatuh nan mengikuti dan membakarnya.

Jawaban diatas adalah diantara jawab Syekh Ahmad At-Thayyib selaku Grand Syekh Al-Azhar nan menjawab sejumlah pertanyaan anak. Pertanyaan ini kemudian didokumentasikan dalam sebuah serial kitab bergambar berjudul al-Aṭfāl Yas’alūna al-Imām (Anak-Anak Bertanya kepada Grand Syekh), nan dirancang oleh Dr. Nuha ‘Abbas. Buku ini ditertibkan oleh tim Majalah Nur al-Aṭfāl, sebuah lini majalah anak-anak nan dikembangkan oleh kelembagaan Al-Azhar Mesir.

Buku ini berfaedah buat para ayah ibu nan mungkin, mengadapi pertanyaan nan sama dari anak alias kawan sebaya mereka. Cek bagi nan mau tahu lebih banyak bukunya, di tautan berikut ini (masukin link: https://shopee.co.id).

Demikian jawaban atas pertanyaan apakah setan tinggal di langit? Menurut Syekh Al-Azhar sekarang berada di bumi berbareng manusia, setelah dikeluarkan dari surga oleh Allah. wallahu ‘alam.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah