Arti Mimpi Berihram Haji Atau Umrah 

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia –  Keinginan untuk berihram haji alias umrah nan cukup kuat terkadang membikin sebagian orang memimpikannya di tengah tidurnya yang lelap. Mimpi nan bagus ini tentu membikin dia berambisi bahwa perihal tersebut menjadi pertanda nan baik alias apalagi menjadi pertanda bahwa perihal tersebut bakal tercapai di dunia nyata. Untuk mengetahui secara pasti makna di kembali mimpi berihram ini membikin beberapa orang mencari penjelasannya berasas tafsir Islam. Lantas, gimana makna mimpi berihram haji alias umrah dalam islam?

Dalam literatur kitab klasik, dijumpai beberapa keterangan mengenai makna mimpi berihram haji alias umrah dalam islam. Menurut keterangan ulama, Jika seorang bermimpi seolah-olah dia sedang berihram maka andaikan dia sedang sakit, perihal itu pertanda dia bakal meninggal bumi dalam keadaan diridhoi Allah. Apabila seseorang melakukan dosa, maka pertanda dia bakal bertobat serta menanggalkan keburukan nan ada pada dirinya dan Allah bakal membalasnya dengan ketaatan dan kebaikan nan baik.

Sebagaimana dalam kitab Mukjam Tafsirul Ahlam, laman 56 berikut

الإحرام من رأى أن إحرامه يكون في الحرير، والمعصفر؛ فإنه يتجرد إلى خدمة السلطان، أو يتزوج حراماً، أو يأتيه، ويسارع إليه، ومن رأى نفسه محرماً؛ فإن كان مريضاً؛ مات، وأجاب الداعي، ولبى المنادي، وانتقل من ثياب الدنيا إلى ثياب الآخرة. وإن كان مذنباً تاب، وتعرى مما كان فيه، واستجاب الله بالطاعة والعمل

Artinya : “Ihram. Barangsiapa bermimpi memandang kain ihramnya terbuat dari sutra alias mu’safar, maka pertanda dia bakal mengabdikan dirinya pada pemerintah, alias menikahi orang terlarang, alias mendatangi dan bergegas menemuinya. Barang siapa bermimpi berihram, jika dia sakit, maka pertanda bakal meninggal dunia, menjawab panggilan, menjawab pemanggil, dan beranjak dari busana bumi ke busana akhirat. Jika dia bersalah, maka pertanda bakal bertobat dan menanggalkan apa nan ada pada dirinya, dan Allah membalasnya dengan ketaatan dan kebaikan nan baik.”

Namun demikian, menurut Abdul Ghani Al-Nabulsi mimpi Ihramnya seseorang untuk haji alias umroh menandakan perkawinan andaikan dia lajang dan perceraian bagi orang nan menikah. Sebagaimana dijelaskan secara perincian dalam lanjutan keterangan kitab Mukjam Tafsirul Ahlam, laman 56 berikut,

 قال عبد الغني النابلسي إحرام الإنسان بالحج أو بالعمرة في المنام يدل على زواج الأعزب وطلاق المتزوج، وإن كان مريضاً مات 

Artinya : “Abdul Ghani Al-Nabulsi berkata: mimpi Ihramnya seseorang untuk haji alias umroh menandakan perkawinan orang lajang dan perceraian orang nan menikah. Jika dalam keadaan sakit, maka pertanda bakal meninggal dunia.”

Berdasarkan keterangan diatas, jika seorang bermimpi seolah-olah dia sedang berihram, maka andaikan dia sedang sakit, perihal itu pertanda dia bakal meninggal bumi dalam keadaan diridhoi Allah. Apabila dia seorang pendosa, maka dia bakal bertobat dan menanggalkan keburukan nan ada pada dirinya dan Allah membalasnya dengan ketaatan dan kebaikan nan baik. Tetapi, menurut Abdul Ghani Al-Nabulsi mimpi Ihramnya seseorang untuk haji alias umroh menandakan perkawinan andaikan dia lajang dan perceraian bagi orang nan menikah.

Demikianlah penjelasan mengenai makna mimpi berihram haji alias umrah dalam Islam. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah