Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal Kehausan

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Kincaimedia – Dalam mimpi, sering muncul beragam kejadian asing nan susah terjadi di kehidupan nyata seperti mimpi berjumpa dengan orang nan sudah meninggal. Salah satu peristiwa yang sering terlihat adalah memandang orang nan sudah meninggal sedang kehausan. Lantas, gimana makna alias tafsir mimpi memandang orang meninggal sedang kehausan?

Dalam literatur kitab klasik, dijumpai beberapa riwayat alias kisah-kisah nan menyampaikan bahwa orang meninggal bisa mendengar pembicaraan orang nan tetap hidup. Sebagaimana kisah sayyidina Umar nan bertanya kepada nabi tentang argumen nabi berbincang dengan orang nan sudah meninggal.

Sebagaimana dalam kitab Tahdzibul Atsar, juz 2, laman 485 dijelaskan sebagai berikut ini;

فقال عمر : يا رسول الله كيف تكلم أجساد لا أرواح فيها ؟  فقال : ما أنتم بأسمع منهم ، غير أنهم لا يستطيعون أن يردوا .

Artinya : “ Berkata Sayyidina Umar : Wahai Rasulullah kenapa engkau berbincang dengan tubuh nan sudah tidak mempunyai arwah didalamnya. Rasulullah berfirman : Sesungguhnya engkau tidak lebih baik dalam mendengar dibandingkan mereka, hanya saja mereka tidak bisa merespons.”

Dalam beberapa riwayat juga disebutkan bahwa orang nan meninggal juga dapat mengabarkan keadaannya melalui mimpi. Sebagaimana kisah Shalih bin Basyir, nan memandang Atha’ as-Sulami di dalam mimpi setelah kematiannya. Lalu, Atha’ as-Sulami berbicara kepadanya; “Sungguh demi Allah, setelah kematianku, Allah telah menganugerahkan kesenangan nan panjang juga kebahagiaan nan abadi”. 

Berdasarkan keterangan diatas, orang nan meninggal dapat mengabarkan keadaannya melalui mimpi. Yakni, seseorang dapat mengetahui apakah orang nan meninggal mengalami siksaan alias kebahagiaan di alam kubur. Sehingga, andaikan seseorang bermimpi memandang orang meninggal sedang kehausan, maka perihal itu pertanda dia mengalami kesulitan di alam kuburnya.

Sebaiknya bagi seseorang nan bermimpi memandang orang meninggal nan kehausan untuk selalu mendoakannya dengan angan Allah mengampuni segala dosa nan pernah dia lakukan di bumi dan menerima segala perbuatan baiknya. 

Demikianlah penjelasan mengenai tafsir mimpi memandang orang meninggal sedang kehausan. Sejatinya, mimpi memandang orang meninggal sedang kehausan dapat mempunyai beragam arti, tergantung pada konteks mimpi dan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam. [Baca juga: Tafsir Mimpi Bertemu Kucing]

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah