Arti Vibes Dalam Bahasa Gaul Dan Penggunaannya!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

sumber: pexels.com

Kata vibes sering digunakan dan terdengar sangat familiar dalam pergaulan sehingga bisa dibilang juga merupakan salah satu bahasa gaul. Nah meski sering digunakan namun ada juga nan merasa bingung dengan artinya dan ikut-ikutan saja memakai kata vibes ini. Saat ini, orang-orang sudah banyak menggunakan istilah vibes ketika mengunggah postingan media sosial seperti Twitter, IG alias TikTok untuk menggambarkan suasana hati alias tempat nan mereka kunjungi.

Vibes sendiri kata dari bahasa inggris “vibe” nan artinya adalah atmosfer. Vibes bisa menggambarkan karakter, emosi alias suasana hati, situasi tempat tertentu. Nah agar Anda tidak salah menggunakan kata vibes ini dan tidak hanya ikut-ikutan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kata vibes

Apa Itu Vibes?

sumber: dribble

Vibes adalah istilah “plural” nan berasal dari bahasa Inggris “vibe” nan artinya adalah atmosfer. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan atmosfer alias vibes sebagai sesuatu nan berasosiasi dengan suasana emosi nan berkarakter imajinatif. Jadi istilah vibes dapat disimpulkan merupakan sesuatu yang  berasosiasi dengan suasana emosi seseorang, aura, mood suasana hati terhadap situasi nan sedang dihadapinya. Selain itu juga vibes dapat digunakan untuk kecocokan alias hubungan nan baik dengan seseorang. Untuk penggunaan bahasa nan benar, vibes dipakai alias disematkan pada suasana sendiri dan tanpa adanya dibarengi kata sifat untuk menggambarkan jenis karakter alias suasana hati nan dimiliki suatu tempat.

Cambridge University Press mengatakan bahwa kata vibes adalah kata informal nan dapat menggambarkan suasana hati alias karakter suatu tempat alias situasi. Vibes juga digunakan untuk merujuk pada emosi alias pendapat umum orang tentang suatu situasi.

Menurut kitab Simple and Cool Daily English Conversation, vibes merupakan emosi nan ada dalam diri seseorang. Perasaan itu bisa disebabkan oleh orang lain, tempat alias keadaan.

Positive Vibes dan Negative Vibes

sumber: dribble

Nah Grameds vibes sendiri bisa menggambarkan emosi nan positif dan juga negatif. Perasaan positif ini bisa digambarkan ketika seseorang sedang senang alias mempunyai mood nan baik namun negative vibes ini bakal menggambarkan seseorang nan sedang bete alias sedih. Nah berikut ini penjelasan mengenai positive vibes dan negative vibes

  • Positive Vibes

Positive vibe diartikan sebagai getaran dari emosi ataupun mood nan baik seseorang nan bisa membikin tempat alias suatu  menjadi lebih positif. Positive vibes ini dapat dibangun dalam diri sendiri loh dengan murah senyum, berpikir positif, memberikan senyuman kepada orang-orang, berpikiran positif, dan membantu satu sama lain.

Contohnya ketika Anda sedang kumpul dengan temanmu, kemudian dia mencairkan suasana dan membawanya jadi lebih menyenangkan maka dia dapat dikatakan membawa positive vibes.

  • Negative Vibes

Negative vibes adalah sesuatu nan mempunyai daya negatif. Jika vibes positive  mempengaruhi suasana menjadi lebih baik maka negative vibes ini mempengaruhi suasana menjadi lebih buruk.

Contohnya ketika temanmu membujuk Anda melakukan perihal nan tidak baik ibu kawan mu dapat dikatakan membawa negative vibes.

Kata Vibes dalam Bahasa Gaul

sumber: pexels

Nah kata vibes ini biasanya digunakan juga dalam bahasa bahasa gaul sehari-hari. Berikut ini adalah contoh contoh penggunaan kata vibes dalam bahasa gaul:

  • Morning “vibes”

Morning vibes biasanya digunakan untuk menggambarkan suasana pagi nan bagus cerah dan segar. Morning vibes juga menggambarkan suasana pagi nan siap untuk melakukan aktivitas. kalimat ini biasanya digunakan seseorang untuk memposting suasana pagi di media sosial.

  • Good “Vibes” Only

Good vibes only biasanya menggambarkan kebahagiaan. Kalimat ini juga biasanya digunakan untuk memposting foto alias video di media sosial, dimana seseorang mau memperlihatkan apa nan di posting hanya mempunyai suasana senang dan tidak ada kesedihan.

  • Sunday “vibes”

Sunday vibes adalah kalimat nan menggambarkan suasana pagi hari bisa menggambarkan minggu nan cerah dan santuy bisa juga menggambarkan suasana minggu nan hectic dan banyak kegiatan. Sunday vibes ini biasa digambarkan pada suatu video alias foto dalam media sosial.

  • Retro “vibes”

Bagi Anda nan menyukai retro alias style vintage maka kalimat ini cocok untuk digunakan. Retro vibes menggambarkan suasana jaman dulu mulai dari tempat, peralatan alias baju. Kalimat ini bisa Anda gunakan ketika sedang jalan-jalan ke tempat berhistoris alias tempat-tempat nan menjual peralatan jadul.

  • Satnight “vibes”

Grameds apakah Anda pernah mendengar kata nan ini? satnight vibes berasal dari kata saturday night vibes alias suasana sabtu malam. kalimat ini menggambarkan suasana malam minggu alias sabtu malam seperti berbareng teman, alias aktivitas lainnya. Kalimat ini juga biasanya digunakan pada media sosial.

  • Laid-back “vibes”

Kalimat nan satu ini menunjukkan mengenai suatu suasana nan santai. Biasanya menunjukkan keadaan saat ini alias keadaan ketika berada di suatu tempat nan nyaman dan santuy jauh dari kehidupan perkotaan nan ramai.

  • Night “vibes”

Pada kalimat ini, vibes menunjukkan suatu keadaan di malam hari nan bisa saja sunyi alias nyaman alias bisa saja keadaan malam nan ramai tidak seperti biasanya. Biasanya kalimat ini digunakan untuk mereka nan suka foto-foto di malam hari.

  • Shooting “vibes”

Pada kalimat ini, vibes menunjukkan suatu keadaan nan menenangkan. Biasanya kalimat ini digunakan ketika sedang berpiknik alias menikmati sesuatu nan menenangkan seperti berendam di air hangat alias santuy di pinggir pantai.

Contoh Penggunaan Kata Vibes

sumber: pexels

Berikut ini adalah contoh penggunaan kata vibes,

  • Tempat nongkrong ini “vibes” nya asik banget.

Kalimat ini menunjukkan bahwa tempat nongkrong ini mempunyai makna penggambaran suasana nan positif nan memberikan emosi nyaman dan rileks.

  • “Vibes” Anda hari ini positif banget jadi lezat suasana sekolah.

Kalimat ini menunjukkan bahwa orang nan Anda tuju mempunyai vibes nan positif lantaran keceriaan dan kegembiraan sehingga membikin suasana sekitarnya menjadi ceria dan menyenangkan.

  • Aku merasakan weird “vibes” darinya. Kurasa dia tidak menyukaiku.

Kalimat ini sudah jelas menjabarkan mengenai suasana asing nan sedang dirasakan. Bahwa dia merasakan ada orang nan tidak menyukainya

  • Dia membawa “bad vibes” bagi orang sekitarnya.

Kalimat ini menunjukkan bahwa seseorang nan dituju membawa pengaruh alias aura negatif seperti suka marah-marah alias tidak ramah sehingga membawa aura negatif juga untuk sekitarnya.

  • Satnight vibes di hari ini di sebuah coffee shop.

Kalimat ini menjelaskan mengenai suasana saturday night alias malam minggu di coffee shop nan ramai dan asik.

  • Semangat, ya! Semoga lekas sembuh, sending vibes to you

Kalimat ini menjabarkan bahwa kata vibes juga bisa diartikan sebagai angan dan energi.Untuk contoh kalimat di atas vibe bisa digunakan untuk mendoakan orang nan sedang sakit.

  • Kamu enak-enak banget vibing lagu jazz ini.

Kalimat vibing diatas sebenarnya mempunyai makna nan sama dengan vibes. Vibing lebih mengarah kepada menikmati saat itu juga. contoh kalimat dari kata vibing ini menunjukkan seseorang nan menikmati lagu jazz berbareng orang lain

  • The music has a shooting vibes

Kalimat ini menunjukkan bahwa lagu nan sedang diputar mempunyai alunan nan menenangkan.

  • Weekend vibes hari ini sangat menyenangkan lantaran kita bakal pergi jalan-jalan.

Kalimat ini menunjukkan bahwa suasana weekend ini sangat menyenangkan.

Macam-macam Bahasa Gaul Lainnya

Tidak hanya vibes namun tetap banyak bahasa gaul lainnya nan sering digunakan oleh anak-anak gaul sebagai slang. berikut ini adalah macam-macamnya dan artinya.

  • Ghosting

Ghosting dalam bahasa gaul dapat diartikan sebagai menghilang tiba-tiba tanpa kontak sama sekali. Biasanya ghosting ini menggambarkan alias digunakan ketika dua orang nan sedang PDKT namun salah satu tiba-tiba menghilang dan tidak ada kontak sama sekali.

  • Down to earth

Down to earth dalam bahasa gaul dapat diartikan untuk menggambarkan sifat sederhana dan apa adanya. maksudnya down to earth juga dapat diartikan sebagai seorang nan merendah ke bumi alias merendahkan diri.

  • Hang out

Hangout merupakan kata nan menggambarkan aktivitas berkumpul berbareng teman-teman alias jalan-jalan dan menghabiskan waktu bersama.

  • Blow Me

Selanjutnya adalah blow me nan dalam bahasa gaul menceritakan mengenai seseorang nan mau menyampaikan kepada orang lain untuk blow me alias ‘buat saya terkesan’. Biasanya untuk mereka nan sedang berupaya untuk urusan asmara.

  • Feeling so blue

Selanjutnya adalah feeling so blue nan menggambarkan seseorang nan mempunyai rasa sedih alias sedang dalam rasa kesedihan. Feeling so blue ini juga dapat diartikan untuk rasa sunyi dan sendirian

  • Hella

Hella menggambarkan suatu perihal dengan kata “sangat” contohnya she’s hella beautiful. Artinya adalah sangat cantik.

  • High-key dan Low-key.

Low-key mempunyai artinya dengan tenang alias rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, “Keep it low-key” (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. “I highkey want to be there right now,” (Aku sangat mau berada di sana sekarang)

  • Simp.

Simp artinya seseorang nan melakukan terlalu banyak upaya untuk orang nan mereka sukai. Atau jika disederhanakan, tergila-gila.

Penutup

Vibes dalam bahasa gaul mempunyai banyak makna dan bisa digunakan kapan saja. Namun kata vibes ini jangan sampai salah makna apalagi Anda gunakan ketika berbincang dengan orang tua. Kata vibes ini lebih baik Anda gunakan ketika berbareng kawan sebaya alias kepada nan lebih muda. Penjelasan diatas ini mengenai makna kata vibes dan contoh penggunaan pada kalimat agar Grameds lebih tahu dan tidak hanya asal ikut-ikutan.

Nah Grameds itu dia penjelasan vibes dalam bahasa gaul, Anda bisa menggunakan bahasa gaul ketika berbareng teman-teman agar tidak ketinggalan trend. Selamat mencoba!

Semua rekomendasi kitab nan sudah dijelaskan sebelumnya, bisa Anda dapatkan di gramedia.com untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca

Penulis: Devina

Rekomendasi Buku Terkait

Everyday English Idiom Slang & Urban Words

everyday english

Buku Everyday English Idiom Slang & Urban Words merupakan kitab nan bakal membantu Anda untuk memperdalam lagi penggunaan idiom, slang words dan urban language nan baik dan benar. Buku satu ini bakal sangat dibutuhkan oleh Anda untuk meningkatkan keahlian berkata Inggris nan lebih kekinian lagi. Banyak kelebihan nan tentunya ditawarkan di dalam kitab ini, lantaran kitab ini datang untuk menjadi pendamping Anda dalam memperbarui bahasa Inggris Anda dengan istilah-istilah urban nan paling hype di kalangan millennials. Dan di dalam kitab ini juga diberikan contoh kalimat serta perbincangan dalam penggunaannya sehari-hari. Selain itu, Anda juga bakal diajak untuk mengenal street culture, hipster, street wear, dll. Isi dalam kitab ini juga dibuat dengan sangat rapi sehingga Anda bakal lebih mudah memahaminya. Penggunaan idiom, slang words dan urban language dalam percakapan Bahasa Inggris kerap membikin bingung kita nan bukan penutur aslinya. Buku ini mengumpulkan idiom, kosakata slang dan urban Bahasa Inggris nan paling sering digunakan dan terupdate. Setiap idiom dan kosakata juga dilengkapi dengan contoh kalimat dan terjemahannya sehingga bakal memudahkan kita untuk memahami langkah penggunaannya. Buku ini menjadi pegangan tepat kita dalam percakapan paling gaul dan hype Bahasa Inggris.

Slang Words To Master English Conversation

slang words

Buku ini dapat dibaca oleh siapa saja nan mau menguasai percakapan bahasa Inggris dengan bahasa gaul. Di dalam kitab ini pembaca bakal mengenal British slang, bahasa gaul dalam karya sastra, kata dan frasa gaul Amerika dari movie “Despicable Me”, penyingkatan kosakata gaul Australia, Ebonics (African-American English) dan Hiphop, dan lain-lain.

Seni Sederhana Menaklukkan Negative Vibes

seni sederhana menaklukan negative vibes

Setiap manusia terlahir dilengkapi dengan emosi, baik emosi positif maupun negatif. Sayangnya, tidak semua orang dapat dengan mudah menguasai dan mengendalikan emosi nan melekat pada dirinya. Sifat emosional nan negatif dapat menimbulkan akibat buruk, baik bagi diri sendiri maupun orang lain, alias generasi era now menyebutnya negative vibes. Hanya saja, mengatasi sifat emosional juga bukan pekerjaan mudah lantaran perihal ini memerlukan waktu nan tidak singkat. Lalu, gimana langkah mengontrol emosi negatif pada diri kita? Buku ini bakal menjadi solusi bagi Anda untuk belajar mengendalikan beragam macam emosi, mulai dari marah, takut, sedih, malu, hingga bahagia. Segera praktikkan beragam tips dan metode terapinya!

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog