Begini Gambaran Neraka Yang Ditunjukkan Malaikat Kepada Rasulullah Saw

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA— Dalam beragam ayat Alquran dan hadits Rasulullah SAW digambarkan tentang keberadaan neraka nan diperuntukkan untuk orang-orang nan melanggar hukum Allah SWT selama di dunia. 

Dalam peristiwa Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW ditemani Malaikat Jibril pergi ke langit. Di langit nan berlapis-lapis itu, terdapat sebuah peristiwa di mana Rasulullah SAW menemui malaikat nan wajahnya masam dan tak pernah senyum. Malaikat tersebut menampakkan gimana kehidupan dan ngerinya kehidupan neraka.

Dalam kitab Sirah Nabawiyah karya Ibnu Ishaq syarah dan tahqiq Ibnu Hisyam dijelaskan mengenai perjalanan Isra Miraj Nabi.

Ibnu Ishaq berkata, “Berkata kepadaku dari Abu Said Al Khudri nan berbicara bahwa dia mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Ketika saya telah menuntaskan seluruh urusan di Baitul Maqdis, saya melakukan Miraj dan saya tidak pernah menyaksikan sebuah peristiwa nan lebih bagus daripada peristiwa itu.

Yakni seperti seseorang nan memandang kematian saat sedang menjelang ajal. Lalu Malaikat Jibril membawaku naik hingga tiba di salah satu gerbang langit. 

Gerbang langit tersebut berjulukan gerbang Al Hafazhah (para penjaga). Pintu Al Hafazhah ini dijaga salah satu malaikat nan berjulukan Ismail nan mengomandoi 12 ribu malaikat dan setiap satu dari mereka juga mengomandoi 12 ribu malaikat.”

Ditengah-tengah Rasulullah SAW menceritakan peristiwa tersebut, beliau melantunkan firman Allah dalam Surat Al Mudatsir ayat 31, “Wa maa ya’lamu junuda Rabbika illa huwa.” nan artinya, “Dan tidak ada nan mengetahui tantara Tuhan-Mu melainkan Dia sendiri.” 

Rasulullah SAW melanjutkan lagi, “Ketika Jibril masuk bersamaku, Malaikat Ismail bertanya, ‘Siapa orang ini?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Dia Muhammad,’ kemudian Malaikat Ismail bertanya, ‘Apakah dia sudah diutus?’ Malaikat Jibril menjawab, ‘Ya. Sudah,’ Malaikat Ismail lampau bermohon untuukku.”

Ibnu Ishaq berkata, “Sebagian master bercerita kepadaku dari orang nan berbincang dengan Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda, ‘Para malaikat menyambut kedatanganku pada saat saya tiba di langit dunia. Semua dari para malaikat, tersenyum dan memberi berita ceria kepadaku, dia tidak tertawa dan tidak tampak wajah ceria padanya sebagaimana nan terlihat pada malaikat-malaikat nan lain.

Aku bertanya kepada Malaikat Jibril, “Wahai Jibril, siapakah malaikat ini? Malaikat Jibril berbicara kepadaku, “Dia adalah malaikat penjaga neraka.” Aku bertanya kepada Jibril dan kedudukan Malaikat Jibril di sisi Allah seperti nan pernah dijelaskan Allah kepada kalian, nan ditaati di sana (di alam malaikat) lagi dipercaya. (QS At Takwir ayat 21).

Dan bisakah dia memperlihatkan kepadaku?” Malaikat Jibril berkata, “Ya.” Kemudian Malaikat Jibril berkata, ‘Wahai malaikat perlihatkanlah neraka kepada Muhammad.” Malaikat penjaga neraka pun membuka pintu neraka. Api neraka tersebut menyala-nyala sehingga saya menduga bahwa dia pasti bakal menghanguskan apa saja nan saya saksikan. 

Aku berbicara kepada Malaikat Jibril, “Wahai Jibril, perintahkan malaikat tersebut untuk menutup kembali pintu neraka ke seperti semula.” Malaikat Jibril pun memerintahkan kepada malaikat penjaga neraka dengan berbicara kepadanya, ‘Padamkanlah neraka itu.” Kemudian neraka kembali seperti sedia kala.

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam