Oleh Sameer Samat, President, Android Ecosystem


Dengan membangun AI langsung ke sistem operasi Android, kami menghadirkan langkah nan betul-betul baru kepada Anda untuk berinteraksi dengan ponsel.






Saat ini kita berada pada momen nan teramat sangat langka, ialah ketika kemajuan terbaru dalam teknologi AI menghadirkan beragam penemuan pada keahlian smartphone. Dengan AI Google nan tertanam di inti sistem operasi Android, miliaran orang nan menggunakan Android sekarang dapat berinteraksi dengan perangkatnya melalui langkah nan betul-betul baru.


Hari ini, kami mau menyampaikan sejumlah pembaruan terbaru agar Anda dapat merasakan kecanggihan AI Google di Android.



Circle to Search sekarang dapat membantu siswa mengerjakan PR

Fitur Circle to Search terintegrasi langsung dalam pengalaman pengguna, sehingga Anda cukup menggunakan gestur sederhana untuk menelusuri apa pun nan Anda lihat di ponsel. Anda dapat melakukannya tanpa perlu menghentikan aktivitas alias beranjak ke aplikasi lain. Sejak diluncurkan di aktivitas Samsung Unpacked, kami telah menambahkan sejumlah keahlian baru ke Circle to Search, seperti fitur terjemahan dalam mode layar penuh, dan kami juga telah menghadirkan Circle to Search ke lebih banyak perangkat Pixel dan Samsung. 



Mulai hari ini, Circle to Search dapat membantu siswa mengerjakan PR dan memberi mereka pemahaman nan lebih dalam, bukan hanya memberikan jawaban – langsung dari ponsel dan tablet mereka. Ketika siswa melingkari soal nan susah diselesaikan, mereka bakal mendapatkan petunjuk langkah demi langkah untuk memecahkan beragam soal cerita fisika dan matematika tanpa perlu menutup kitab pelajaran digitalnya. Nanti pada tahun ini, Circle to Search juga bakal dapat memecahkan soal nan lebih rumit, termasuk soal nan berisi simbol rumus, diagram, grafik, dan lain-lain. Itu semua dapat dilakukan berkah penemuan kami pada LearnLM nan meningkatkan kualitas model dan produk kami di bagian pembelajaran.



Saat ini Circle to Search sudah tersedia di 100 juta lebih perangkat. Dengan menghadirkannya ke lebih banyak perangkat, kami percaya jumlah tersebut bakal naik dua kali lipat hingga akhir tahun ini.



Gemini bakal menjadi semakin baik dalam memahami konteks untuk membantu Anda beraktivitas

Gemini di Android adalah asisten digital baru nan menggunakan AI generatif untuk membantu Anda jadi lebih imajinatif dan produktif. Fitur ini, nan terintegrasi langsung di Android, menjadi semakin mahir dalam memahami konteks mengenai konten nan ada di layar perangkat Anda dan aplikasi nan Anda gunakan.



Tak lama lagi, Gemini bakal dilengkapi mode overlay sehingga dapat dipakai berbarengan dengan aplikasi nan sedang Anda gunakan. Misalnya, untuk memindahkan gambar buatan AI langsung ke Gmail, Google Message, dan aplikasi lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengetuk tombol “Ask this video” untuk mencari info spesifik di video YouTube. Jika berlangganan Gemini Advanced, Anda juga bisa menggunakan opsi “Ask this PDF” untuk langsung mendapatkan jawaban tanpa kudu membolak-balik halaman. Update ini bakal diluncurkan ke ratusan juta perangkat dalam rentang beberapa bulan mendatang. 



Kami juga bakal terus meningkatkan kualitas Gemini agar dapat memberikan saran nan lebih bergerak mengenai konten nan ada di layar perangkat Anda.



Kemampuan multimodal nan lebih komplit bakal tersedia di Gemini Nano

Android adalah sistem operasi seluler pertama nan menyertakan model dasar bawaan di perangkat. Dengan Gemini Nano, kami dapat menghadirkan pengalaman AI kepada Anda dengan sigap dan menjaga info Anda tetap privat. Dimulai dengan perangkat Pixel kelak pada tahun ini, kami bakal memperkenalkan model terbaru kami, Gemini Nano dengan Multimodality. Ponsel Anda sekarang tidak hanya dapat memproses input berupa teks, tetapi juga memahami lebih banyak info dalam konteks seperti pemandangan, suara, dan bahasa lisan.



Keterangan nan lebih perincian dengan TalkBack

Nanti pada tahun ini, keahlian multimodal Gemini Nano juga bakal datang di TalkBack, membantu orang-orang nan mengalami kebutaan alias gangguan penglihatan dengan memberikan keterangan nan lebih perincian dan jelas tentang perihal nan terjadi dalam sebuah gambar. Rata-rata, setiap harinya pengguna TalkBack berinteraksi dengan 90 gambar nan tidak disertai keterangan. Update ini bakal membantu mengisi kekurangan info tersebut — baik itu perincian nan lebih komplit tentang isi foto nan dikirimkan family alias teman, alias style dan model busana saat berbelanja online. Karena Gemini Nano ada di perangkat, keterangan ini bakal langsung muncul dan apalagi dapat berfaedah tanpa hubungan internet.



Dapatkan peringatan untuk panggilan telepon nan berpotensi menipu

Menurut laporan terbaru, dalam periode 12 bulan, masyarakat mengalami kerugian lebih dari $1 triliun lantaran penipuan. Kami sedang menguji fitur baru nan menggunakan Gemini Nano untuk memberikan peringatan real-time saat panggilan telepon berjalan jika mendeteksi pola percakapan nan umumnya mengenai penipuan. Misalnya, Anda bakal menerima peringatan jika “perwakilan bank” meminta Anda untuk segera mentransfer dana, melakukan pembayaran dengan kartu voucher, alias meminta info pribadi seperti PIN kartu ATM alias sandi, permintaan nan tidak lazim dilakukan oleh bank. Semua perlindungan ini terjadi di perangkat, sehingga percakapan Anda tetap privat. Kami bakal berbagi berita lebih lanjut tentang fitur ini kelak pada tahun ini.



Masih banyak fitur lainnya nan bakal tersedia di Android

Semua penjelasan kami di atas mengenai langkah penemuan AI di perangkat mengubah kegunaan ponsel Anda baru permulaannya saja. Kami bakal terus membangun AI Google ke dalam setiap fitur smartphone pada perangkat Pixel, Samsung, dan lain-lain. Jika Anda developer, silakan cek blog Android Developers untuk mempelajari langkah membikin aplikasi dengan model AI dan perangkat terbaru kami, seperti Gemini Nano dan Gemini di Android Studio.



Nantikan berita terbaru berikutnya dari kami mengenai pembaruan Android 15 terbaru dan pembaruan ekosistem.


http://1.bp.blogspot.com/-mX0dxJxp8dg/Vo8MSdxypWI/AAAAAAAARsI/EjaFhvgAEgc/s1600/Beutler_Google_Giftwrap_-v2TW.png -->