Berikut Bacaan Niat Witir 3 Rakaat 1 Salam

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia– Nah berikut ini niat witir 3 rakaat 1 salam. Shalat witir adalah shalat sunnah nan dikerjakan di akhir malam setelah shalat Isya dan sebelum shalat Subuh. Shalat ini mempunyai banyak keutamaan, salah satunya adalah sebagai penyempurna ibadah shalat malam.

Dalam ajaran Syafi’i, norma melaksanakan shalat witir adalah sunnah muakkad. Dengan demikian, shalat ini termasuk pada shalat nan sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Pendapat ini didasarkan pada beberapa hadits Nabi Muhammad SAW nan menunjukkan makna anjuran, serta perkataan para sahabat Nabi SAW nan tidak mewajibkan shalat witir.

Dalam sebuah hadits nan berasal dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berfirman tentang keistimewaan dan rekomendasi melaksanakan shalat witir. Pada sabda nan diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Nabi beramanat untuk senantiasa melaksanakan shalat witir sebelum tidur.

أَوْصَانِى خَلِيلِى -صلى الله عليه وسلم- بِثَلاَثٍ بِصِيَامِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَىِ الضُّحَى وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَرْقُدَ

Kekasihku (Muhammad) shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur. (HR. Bukhari dan Muslim).

Shalat witir mempunyai beberapa tata langkah nan berbeda, salah satunya adalah witir 3 rakaat dengan satu salam. Berikut adalah niat untuk melaksanakan shalat witir 3 rakaat dengan satu salam. Nah, ini niat shalat witir 3 rakaat 1 salam sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalatsa roka’atin lillahi ta’ala

Artinya; “Saya niat shalat sunah witir tiga rakaat lantaran Allah Ta’ala”

Dengan membaca niat tersebut, seseorang meneguhkan niatnya untuk melaksanakan ibadah shalat witir nan dianjurkan sebagai corak ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Shalat witir merupakan salah satu ibadah nan mempunyai keistimewaan tersendiri di dalam kepercayaan Islam. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga menekankan pentingnya melaksanakan shalat witir kepada umatnya.

Shalat witir dapat dilakukan dalam beberapa bentuk, di antaranya 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, alias lebih, dengan dua salam pada rakaat terakhir alias satu salam setelah rakaat terakhir. Witir 3 rakaat dengan satu salam adalah salah satu corak penyelenggaraan shalat witir nan dianjurkan.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah