Biografi Abdullah Bin Katsir, Imam Qiraah Di Makkah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Makkah mempunyai banyak keutamaan. Di antaranya:

Pertama: Allah mengabarkan bahwa dia adalah induk dari segala negeri. Hal ini sebagaimana firman-Nya,

لِّتُنذِرَ أُمَّ الْقُرَى وَمَنْ حَوْلَهَا

“Agar engkau (Muhammad) memberi peringatan kepada (penduduk) Ibu Kota (Makkah) dan orang-orang di sekitarnya.” [1].  Semua negeri adalah bagian darinya.

Kedua: Makkah menjadi kiblat bagi seluruh penunggu bumi. Tidak ada kiblat lain di muka bumi ini. Allah berfirman,

وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ

“Dari mana pun engkau (Muhammad) keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam.” [2]

Ketiga: Makkah adalah negeri nan aman, tempat diturunkannya wahyu, dan sumber risalah. [3]

Di antara pemimpin qiraah di Makkah adalah Abdullah bin Katsir rahimahullah. Allah memilihnya di antara para qari (pembaca) pada masanya. Berikut riwayat hidup singkatnya:

Nama lengkap

Nama komplit beliau adalah:

عبد الله بن كثير بن عمرو بن عبد الله الداري

Abdullah bin Katsir bin Amru bin Abdullah Ad-Dariy.

Kunyahnya:  ( أبو معبد ) Abu Mu’bad.

Berasal dari Persia, dan lahir di Makkah pada tahun 45 H. [4]

Sifat-sifat secara umum

Dia rahimahullah adalah seorang tabiin dari thabaqah (tingkatan) kedua, salah satu dari tujuh pemimpin qiraah. Dia menjadi qadhi (hakim) di Makkah, pemberi nasihat, orang nan sangat wara‘ (menjaga diri dari nan syubhat), dan mempunyai kedudukan nan tinggi. Dia adalah seorang nan sangat fasih, berbincang dengan sangat baik, berjenggot putih, bertubuh tinggi besar, berkulit sawo matang, bermata sipit, menyemir rambutnya dengan hinna (inai) alias warna kuning, dan mempunyai ketenangan dan wibawa. [5]

Keadaannya berbareng Al-Qur’an

Abdullah bin Katsir rahimahullah adalah pemimpin masyarakat Makkah dalam qiraah dan dhabt (menghafalnya dengan baik). Dia memimpin dalam membaca dan mengajarkan Al-Qur’an di Makkah setelah wafatnya Mujahid bin Jabr rahimahullah pada tahun 103 Hijriah.

Sufyan bin Uyainah rahimahullah berkata,

لم يكن بمكة أحد أقرأ من حميد بن قيس وعبد الله بن كثير

“Tidak ada seorang pun di Makkah nan lebih mahir membaca Al-Qur’an selain Humaid bin Qais dan Abdullah bin Katsir.”

Ibnu Mujahid rahimahullah berkata,

ولم يزل عبد الله هو الإمام المجتمع عليه في القراءة بمكة

“Abdullah terus menerus menjadi pemimpin nan disepakati dalam qiraah di Makkah.”

Ibnu Mujahid juga berkata,

لم أر أهل مكة يعدلون بقراءة ابن كثير قراءة أحد ممن كان في عصره

“Saya tidak memandang masyarakat Makkah nan sebanding dengan qiraah Ibnu Katsir, ialah qiraah satu orang pun nan semasa dengannya.”

Ibnu Katsir rahimahullah andaikan hendak mengajarkan Al-Qur’an, dia terlebih dulu menasihati murid-muridnya, kemudian mengajarkan referensi Al-Qur’an kepada mereka agar referensi mereka terpengaruh oleh nasihat tersebut sehingga menjadi lembut.

Mereka (para murid) berkata,

قراءة ابن كثير خز (نوع من أنواع اللباس الحريرية) القراءة

“Qiraah Ibnu Katsir adalah khazz (sejenis kain sutera) dari qiraah.”

Mereka menggambarkannya demikian lantaran kelembutannya, keindahannya, dan kemudahannya. [6]

Imam Syafi’i rahimahullah mempelajari qiraah Ibnu Katsir dan memujinya. Beliau berkata,

قِرَاءَتُنَا قِرَاءَةُ عَبْدِ اللهِ بْنِ كَثِيرٍ، وَعَلَيْهَا وَجَدتُّ أَهْلَ مَكَةَ

“Qiraah kami adalah qiraah Abdullah bin Katsir. Dan seperti itulah nan saya dapati pada masyarakat Makkah.”

Al-Asma’i rahimahullah berkata,

قُلْتُ لِأَبِي عَمْرِو : قَرَأْتَ عَلَى ابْنِ كَثِيرٍ ؟ قَالَ : نَعَمْ، خَتَمْتُ عَلَى ابْنِ كَثِيرٍ بَعْدَ مَا خَتَمْتُ عَلَى مُجَاهِدٍ، وَكَانَ ابْنُ كَثِيرٍ أَعْلَمَ بِالعَرَبِيَّةِ مِن مُجَاهِدٍ

“Saya bertanya kepada Abu Amru, ‘Apakah engkau membaca (Al-Qur’an) kepada Ibnu Katsir?’ Dia menjawab,l ‘Ya, saya tamat (menyelesaikan) kepada Ibnu Katsir setelah tamat kepada Mujahid, dan Ibnu Katsir lebih mengerti bahasa Arab dibandingkan Mujahid.'” [7]

Dia rahimahullah berpegang teguh pada petunjuk salaf saleh dalam berpegang pada sunnah dan menghiasi diri dengan ketenangan dan wibawa, penghormatan terhadap Al-Qur’an dan keagungan firman Allah azza wa jalla. Demikianlah semestinya para pengamal dan penghafal Al-Qur’an, lantaran merekalah kekasih Allah azza wa jalla dan orang-orang khususnya. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لله من الناس أهلون

‘Allah mempunyai family di antara manusia.’

Ditanyakan, ‘Siapa mereka ya Rasulullah?’

Beliau menjawab,

أهل القرآن هم أهل الله وخاصته

“Ahlu Qur’an, mereka adalah family Allah dan orang-orang khusus-Nya.” [8]

Baca juga: Biografi Nafi’ bin Abi Nu’aim

Gurunya dalam qiraah

Abdullah bin Katsir rahimahullah berjumpa sejumlah sahabat. Di antaranya adalah Abdullah bin Zubair, Abu Ayyub Al-Anshari, Anas bin Malik, dan Abdullah bin As-Sa’ib radhiyallahu ‘anhum, serta meriwayatkan sabda dari mereka.

Dia membaca (belajar) Al-Qur’an kepada sahabat Abdullah bin As-Sa’ib Al-Makhzumi radhiyallahu ‘anhu, kepada tabiin Mujahid bin Jabr dari Ibnu Abbas, dan kepada Darbas jejak budak Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma. [9]

Muridnya dalam qiraah

Banyak orang nan belajar qiraah kepada Abdullah bin Katsir Al-Makki rahimahullah. Di antaranya adalah Abu Amru bin Al-‘Ala’ Al-Bashri, Isma’il bin Abdullah bin Qustanthin, Isma’il bin Muslim, Jarir bin Hazim, Al-Harits bin Qudamah, Hammad bin Salamah, Hammad bin Zaid, Khalid bin Al-Qasim, Al-Khalil bin Ahmad, Sulaiman bin Al-Mughirah, Syabl bin ‘Abbad dan anaknya Shadaqah bin Abdullah, Thalhah bin ‘Amru, Abdullah bin Zaid bin Yazid, Abdulmalik bin Juraij, Sufyan bin ‘Uyainah, dan lainnya rahimahumullah. [10]

Kedudukannya dalam pengetahuan hadis

Ibnu Katsir adalah seorang nan terpercaya dalam perihal periwayatan hadis, meskipun dia sedikit meriwayatkannya.

Dia meriwayatkan sabda dari Abdullah bin Zubair, Abu Al-Munhal Abdurrahman bin Mu’tam, Ikrimah jejak budak Ibnu Abbas, dan Umar bin Abdul Aziz.

Orang-orang nan meriwayatkan sabda darinya adalah Ayyub As-Sakhtiyani, Ibnu Juraij, Jarir bin Hazim, Al-Husain bin Waqid, Hammad bin Salamah, dan lainnya.

Ali bin Al-Madini rahimahullah berkata,

كان ثقة

“Dia (Ibnu Katsir) adalah orang nan terpercaya.”

Yahya bin Ma’in berkata,

ثقة

“Dia terpercaya.”

Banyak dari mahir sabda meriwayatkan darinya, dan hadis-hadisnya diriwayatkan dalam Kutub As-Sittah. [11]

Wafat

Ibnu Katsir rahimahullah wafat pada tahun 120 hijriah.

Sufyan bin Uyainah rahimahullah mengabarkan bahwa dia menghadiri pemakaman jenazah Ibnu Katsir Ad-Dariy pada tahun 120 Hijriah.

Ibnu Katsir hidup selama 75 tahun. [12]

Demikian, semoga Allah merahmati beliau dengan rahmat nan luas. Selawat dan salam atas Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabat beliau.

Baca juga: Biografi Ashim bin Abi An-Najud

***

15 Ramadhan 1445, Rumdin Ponpes Ibnu Abbas Assalafy Sragen

Penulis: Prasetyo, S.Kom.

Artikel: Muslim.or.id

Referensi:

Ma’rifatul Qurra’ Al-Kibar ‘ala Ath-Thabaqat wal A’shar, Imam Dzahabi, Muassasah Ar-Risaalah, cet. ke-2, 1988 M.

Tarikhul Qurra’ Al-’Asyarah, Abdul Fattah Al-Qadhiy, Darul Ghautsaniy, cet. ke-2, 2022 M.

Tarajimul Qurra ‘Asyr wa Ruwatihim Al-Masyhurin, Dr. Thaha Faris, Muassasah Ar-Rayyan, cet. ke-1, 2014 M.

Halus Salaf ma’al Qur’an, Prof. Dr. Badr bin Nashir Al-Badr, Darul Hadharah, cet. ke-2, 2018 M.

Catatan kaki:

[1] QS. Asy-Syura: 7

[2] QS. Al-Baqarah: 150

[3] https://www.alukah.net/culture/0/75108

[4] Ma’rifatul Qurra’ Al-Kibar, hal. 86 dan Tarikhul Qurrw’ Al-’Asyarah, hal. 36.

[5] Tarikhul Qurra’ Al-’Asyarah, hal. 36 dan Tarajimul Qurra’ ‘Asyr, hal. 34 – 36.

[6] Tarajimul Qurra ‘Asyr, hal. 34 – 36.

[7] Tarikhul Qurra’ Al-’Asyarah, hal. 37.

[8] Halus Salaf ma’al Qur’an, hal. 372 – 373.

[9] Tarikhul Qurra’ Al-’Asyarah, hal. 36 dab Tarajimul Qurra’ ‘Asyr, hal. 36.

[10] Ma’rifatul Qurra’ Al-Kibar, hal. 87 dan Tarajimul Qurra’ ‘Asyr, hal. 36 – 37.

[11] idem

[12] Ma’rifatul Qurra’ Al-Kibar, hal. 88 dan Tarajimul Qurra’ ‘Asyr, hal. 37.

Selengkapnya
Sumber Akidah dan Sunnah
Akidah dan Sunnah