Bitcoin Etf Capai Us$ 12.3 Miliar Dalam 3 Bulan, Ini Dampaknya Ke Pasar Kripto

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia – Sejak diluncurkan tiga bulan nan lalu, ETF Bitcoin spot AS telah menjadi pusat perhatian di pasar finansial dengan mencatatkan total masuk bersih sebesar US$ 12.3 miliar. Tingginya minat terhadap ETF ini menggugah rasa mau tahu, terutama dalam perihal gimana produk investasi ini memengaruhi dinamika pasar Bitcoin secara keseluruhan. 

Melansir dari cryptopotato.com, dalam upaya untuk menjawab pertanyaan ini, James Check selaku seorang analis terkemuka dari Glassnode menyajikan kajian mendalam berasas info on-chain.

1. Pengaruh Grayscale dan Pemegang Jangka Panjang

Salah satu titik konsentrasi utama dalam kajian Check adalah Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), nan merupakan satu-satunya ETF Bitcoin yang telah mengalami aliran keluar nan signifikan sejak Januari. Meskipun GBTC kehilangan sekitar 300.000 BTC, nyaris separuh dari total kepemilikan mereka, nilai total asetnya hanya mengalami penurunan ringan dari US$ 28.7 miliar menjadi US$ 23.1 miliar. 

Fenomena ini memunculkan pertanyaan tentang gimana GBTC mempengaruhi pasokan Bitcoin nan tersedia di pasar. 

“GBTC dianggap sebagai sumber penawaran dari pemegang jangka panjang, di mana mayoritasnya adalah penanammodal lama nan mendapat saham dengan nilai lebih rendah. Karena itu, ketika nilai Bitcoin naik, mereka condong menjual untuk merealisasikan untung mereka,” ungkap Check.

2. ETF Bitcoin: Satu-Pertiga dari Pasar

Menurut observasi Glassnode, GBTC sekarang menyumbang sekitar satu-pertiga dari semua pengeluaran pemegang jangka panjang dalam beberapa bulan terakhir. Analisis lebih lanjut juga menunjukkan bahwa masuk bersih dari ETF Bitcoin lainnya telah mencapai US$ 28.5 miliar. 

“Sedangkan total aliran modal ke jaringan Bitcoin secara keseluruhan diperkirakan mencapai US$ 52 miliar,” ujarnya.

Ini menandakan bahwa walaupun ETF Bitcoin telah menjadi aspek signifikan dalam peningkatan minat investor, tetap ada sebagian besar modal nan mengalir langsung ke pasar spot dan futures.

3. Dampak Terhadap Dinamika Pasar

Check memperjelas bahwa ETF Bitcoin mempunyai akibat nan signifikan pada pasar Bitcoin, mencakup sekitar 30 hingga 50 persen dari beragam metrik, termasuk volume perdagangan dan pengeluaran pemegang jangka panjang. 

Namun demikian, tetap terdapat beberapa pertanyaan nan belum terjawab, terutama mengenai gimana komparasi antara volume perdagangan ETF Bitcoin dengan volume perdagangan pasar spot dan futures.

“Jika kita melihatnya dari perspektif volume perdagangan, pembelanjaan pemegang saham jangka panjang, alias arus masuk ETF, maka kita sedang membicarakan sekitar tiga puluh lima puluh persen,” pungkas Check.

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di Kincaimedia bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. Kincaimedia tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis
Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis