Bitcoin Kembali Ke Harga $71.000! Apa Penyebabnya?

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Bitcoin terlihat kembali pulih naik ke wilayah nilai tertinggi lamanya di sekitar $71,000 setelah adanya beberapa berita positif. 

Beberapa berita positif ini telah sukses mengembalikan angan dari penanammodal ritel dan sukses kembali mendorong penanammodal institusional untuk membeli aset-aset nan terikat dengan Bitcoin, seperti Bitcoin ETF. 

Wala begitu, saat ini kondisi nilai tetap belum meyakinkan, memberikan tanda waspada bakal adanya potensi koreksi harga. 

Bitcoin Kembali Positif 

Bitcoin terlihat kembali bergerak naik setelah adanya beberapa sentimen positif di pasar mata uang digital nan sukses kembali mendorong narasi positif untuk penanammodal ritel maupun institusional.

Sentimen positif pertama adalah narasi bahwa ETF Ethereum Spot tetap mempunyai kesempatan untuk disetujui.

Narasi ini muncul setelah Eric Balchunas, salah satu analis ETF ternama dari Bloomberg memberikan buletin bahwa SEC Amerika tetap mempertimbangkan keputusan mengenai ETF ETH dan tidak bakal menolak sepenuhnya saat ini.

Menurutnya, tetap ada 75% kemungkinan ETF ini disetujui, sehingga pasar kripto, terutama ETH tetap mempunyai kesempatan untuk mendapatkan sentimen positif. 

Bersama berita ini sentimen positif justru datang terlebih dahulu, dengan nilai ETH nan bergerak nak di atas $3,000 kembali dan Bitcoin nan ikut naik.

Bitcoin sendiri mendapatkan sentimen positif lantaran suasana positif di sekitar industri ETF, dimana ETF Bitcoin Spot sendiri kembali mendapatkan volume beli baru. 

Volume beli baru ini juga datang dari kebenaran bahwa kondisi makroekonomi Amerika mulai membaik, nan terlihat dari pidato Jerome Powell kemarin, serta beberapa info perekonomian. 

Untuk saat ini beberapa info inflasi terlihat kembali menurun, menandakan bahwa kondisi perekonomian Amerika mulai terlihat baik meski hanya sementara. 

Powell, sebagai Kepala Bank Sentral Amerika, juga meyakinkan bahwa saat ini tidak ada kemungkinan suku kembang referensi naik, sehingga memberikan sentimen positif tambahan dan kepercayaan untuk penanammodal institusional melakukan transaksi beli. 

BTC ETF Inflow

Menurut info dari Dune Analytics, dari pengguna berjulukan Hildobby, terlihat bahwa volume beli ETF Bitcoin kembali bergerak naik, menandakan bahwa saat ini penanammodal institusional kembali percaya bahwa pasar mata uang digital mulai positif. 

Terlihat sejak akhir pekan lalu, volume beli mulai meningkat drastis dan terus bersambung hingga pekan ini, menandakan bahwa sentimen di sekitar Bitcoin mulai kembali positif. 

Analisis Harga Bitcoin

Dalam kondisi ini, terlihat bahwa Bitcoin kembali bergerak naik apalagi menyentuh nilai tertinggi terakhir di wilayah $71.000. 

Terlihat bahwa dalam kondisi ini, Bitcoin sedang bergerak positif, namun ada kemungkinan koreksi kembali memandang nilai nan tetap relatif stagnan dalam jangka panjang. 

Grafik Satu Pekan BTCUSD

Terlihat bahwa saat ini Bitcoin tetap bergerak relatif stagnan di antara $71.000 dan $61.000 menandakan adanya potensi koreksi lanjutan. 

Saat ini parameter RSI menunjukkan bahwa volume transaksi BTC tetap bergerak dalam kondisi overbought, menandakan adanya potensi koreksi. 

Ditambah lagi, saat ini terjadi potensi pola double top dalam diagram satu pekan, sehingga dengan potensi tersebut terdapat potensi pergerakan koreksi. 

Potensi koreksi juga diperkuat dengan kebenaran bahwa apresiasi nilai sudah terjadi secara signifikan, memberikan kemungkinan normalisasi nilai dengan tekanan jual. 

Kabar baiknya, dari sisi makroekonomi saat ini belum ada sentimen negatif baru lantaran belum adanya publikasi info apapun, sehingga kemungkinan konsolidasi tetap bakal kuat. 

Kemungkinan Bitcoin menyentuh nilai tertinggi baru tetap sangat kecil, namun tentu tidak mustahil, mengingat kondisi transaksi penanammodal institusional saat ini. 

Disclaimer: Semua konten nan diterbitkan di website Cryptoharian.com ditujukan sarana informatif. Seluruh tulisan nan telah tayang di Kincaimedia bukan nasihat investasi alias saran trading.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada mata duit kripto, senantiasa lakukan riset lantaran mata uang digital adalah aset volatil dan berisiko tinggi. Kincaimedia tidak bertanggung jawab atas kerugian maupun untung anda.

Iqbal Maulana

Penulis nan senang mengawasi pergerakan dan pertumbuhan cryptocurrency. Memiliki pengalaman dalam beberapa kategori penulisan termasuk sosial, teknologi, dan finansial. Senang mempelajari perihal baru dan berjumpa dengan orang baru.

Selengkapnya
Sumber Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis
Berita Bitcoin, Kripto dan Bisnis