Bukan Hanya Harta, Hal Sederhana Ini Juga Sedekah Lho

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Senyum adalah infak yang tidak memerlukan duit alias kekayaan benda. Dengan senyum, seseorang dapat memberikan kebahagiaan dan kenyamanan kepada orang lain. 

Selain itu, senyum mempunyai kekuatan untuk meringankan beban seseorang, membikin suasana menjadi lebih positif, dan memperkuat ikatan sosial. Saat seseorang tersenyum kepada orang lain, artinya menunjukkan bahwa kita peduli dan menghargai keberadaan mereka.

Bahkan, dalam Islam senyuman dianggap sebagai salah satu sedekah. Sebagaimana dijelaskan dalam sabda dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) infak bagimu. (HR at-Tirmidzi dan Ibnu Hibban). 

Hadis lain juga menyampaikan bahwa seseorang tidak boleh menganggap sepele meskipun hanya senyuman. Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

Janganlah meremehkan kebaikan sedikitpun juga meski engkau berjumpa saudaramu dengan wajah berseri. (HR. Muslim no. 2626).

Wajah nan ceria dan bekerlapan bakal mudah memikat hati orang lain saat membujuk mereka kepada Islam dan kebaikan. Senyum nan ramah merupakan salah satu aset krusial dalam berdakwah. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إنَّكُمْ لَا تَسَعُونَ النَّاسَ بِأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ لِيَسَعْهُمْ مِنْكُمْ بَسْطُ الْوَجْهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ

Sesungguhnya kalian tidak bisa menarik hati manusia dengan kekayaan kalian. Akan tetapi kalian bisa menarik hati mereka dengan wajah bekerlapan dan adab nan mulia. (HR. Al-Hakim).

Dalam hubungan sehari-hari, senyum dapat membuka pintu komunikasi nan lebih baik dan memperkuat hubungan antar individu. 

Oleh lantaran itu, senyuman sebagai infak dalam Islam mengajarkan  bahwa tindakan kebaikan tidak selalu kudu berupa materi. Dengan senyuman nan tulus, seseorang dapat menyebarkan kebahagiaan, membangun hubungan sosial nan harmonis, dan mendapatkan pahala nan besar di sisi Allah SWT.

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam