Cara Live Di Tiktok: Langkah-langkah Beserta Tips-nya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jadikan momen-momenmu lebih hidup dengan berbagi secara langsung melalui fitur live TikTok! Dalam tulisan ini, kita bakal membahas langkah-langkah praktis tentang langkah melakukan siaran langsung di TikTok, komplit dengan tips dan trik untuk membikin siaranmu lebih menarik dan interaktif. Siaran langsung di TikTok bisa menjadi kesempatan emas untuk terhubung lebih dekat dengan penggemarmu, menampilkan bakatmu, alias apalagi hanya sekadar berbagi momen-momen spontan. Jadi, siap untuk mengeksplorasi bumi siaran langsung di TikTok? Simak tulisan ini sampai akhir, ya, Grameds!

Apa itu Live TikTok?

Live TikTok adalah fitur nan memungkinkan pengguna platform ini untuk melakukan siaran langsung secara real-time kepada pengikut mereka. Dengan fitur ini, pengguna dapat berbagi momen langsung, berbincang dengan penggemar, menampilkan keahlian alias bakat, serta berinteraksi dengan penonton secara langsung melalui komentar dan bingkisan virtual. Hal ini menciptakan pengalaman nan lebih mendalam dan langsung antara kreator konten dan pengikutnya, memungkinkan hubungan nan lebih dekat dan personal.

Jago Ngonten di Instagram, Tiktok, dan Youtube

button

Persaingan menuju FYP dan meraih impresi nan bagus di platform media sosial memanglah tidak mudah. Keberhasilan konten tidak hanya tergantung pada iklan dan promosi semata. Ya, sebagai seorang content creator, Anda tidak hanya kudu mengulik inspirasi baru untuk melahirkan suatu konten nan dapat menarik atensi penonton dan mendapatkan untung dari konten nan Anda buat, tetapi Anda juga perlu memperhatikan norma dan strategi nan mesti dilakukan oleh seorang content creator sebelum menciptakan konten untuk media sosialnya. Saat ini, memanfaatkan media sosial untuk mengumpulkan cuan memang bukan lagi mimpi belaka. Menjadi seorang content creator adalah salah satu pekerjaan nan banyak digemari belakangan ini. Entah Anda mau jadi seorang youtuber, selebgram, maupun tiktoker; kitab ini merupakan pedoman nan wajib Anda miliki agar kariermu sebagai content creator dapat semakin berkembang. Materi nan dapat Anda pelajari dari kitab berjudul Jago Ngonten ini di antaranya: Bagaimana membangun personal branding, Dasar-dasar pembuatan konten, Bagaimana menganalisis sasaran penonton, Bagaimana menyusun strategi pembuatan konten nan efektif, Kata kunci dan SEO, Strategi membikin konten visual di beragam platform, Strategi membikin konten teks di beragam platform, Strategi membikin konten multimedia di beragam platform, Strategi monetisasi konten, Cara praktis membikin konten jadi menarik dan populer, dan lain-lain.

Keuntungan Live TikTok

(Sumber foto: www.pexels.com)

Siaran langsung di TikTok tidak hanya sekadar fitur tambahan; mereka membawa sejumlah faedah nan signifikan bagi kreator konten dan penontonnya. Berikut adalah beberapa untung nan dapat Anda dapatkan dari Live TikTok:

1. Interaksi Langsung nan Membangun Koneksi

Live TikTok memungkinkan Anda berinteraksi secara langsung dengan pengikutmu. Ini bukan hanya tentang berbincang pada mereka, tetapi juga mendengarkan mereka dan merespons secara real-time. Ini menciptakan kesempatan untuk membangun hubungan nan lebih dekat dan lebih individual dengan audiensmu.

2. Meningkatkan Keterlibatan

Siaran langsung sering menarik perhatian lebih banyak pengikut daripada konten nan direkam sebelumnya. Keterlibatan nan lebih tinggi ini dapat membantu meningkatkan jumlah penonton, komentar, dan hubungan secara keseluruhan dengan kontenmu.

3. Memperluas Jangkauan Konten

TikTok sering memberikan prioritas kepada siaran langsung dalam algoritmanya, nan dapat membantu meningkatkan exposure kontenmu. Dengan siaran langsung, Anda mempunyai kesempatan untuk menjangkau pengguna nan lebih luas di platform, membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengikut dan menumbuhkan audiensmu.

4. Peluang Mendapatkan Pendapatan

Bagi pengguna dengan jumlah pengikut nan cukup besar, siaran langsung dapat menjadi sumber pendapatan tambahan. Fitur bingkisan virtual memungkinkan penonton untuk memberikan bingkisan kepada kreator konten selama siaran langsung, nan kemudian dapat dikonversi menjadi uang.

5. Membangun Koneksi nan Lebih Dalam dengan Pengikut

Live TikTok memberi Anda kesempatan untuk menjadi lebih dekat dengan pengikutmu. Melalui siaran langsung, Anda dapat berbagi momen-momen unik, kisah, alias apalagi aktivitas sehari-harimu secara real-time. Ini membantu memperkuat ikatan antara Anda dan komunitasmu, serta memperkuat loyalitas pengikutmu.

Cara Live TikTok

Ingin berbagi momen-momen secara langsung dengan pengikutmu di TikTok? Berikut adalah pedoman sederhana tentang langkah melakukan siaran langsung di platform ini:

1. Ketuk Tombol Tambah Postingan +

Buka aplikasi TikTok di ponselmu dan ketuk tombol “Tambah Postingan +” nan terletak di bagian bawah layar. Ini bakal membuka layar untuk membikin postingan baru.

2. Ketuk “LIVE”

Setelah masuk ke layar pembuatan postingan, cari dan ketuk opsi “LIVE” nan terletak di bagian bawah layar. Ini bakal membawa Anda ke layar persiapan untuk siaran langsung.

3. Tambahkan Detail dan Sesuaikan Pengaturan

Di layar persiapan LIVE, tambahkan titel nan menarik untuk siaran langsungmu. Kamu juga dapat memilih filter, efek, alias menyesuaikan perangkat dan pengaturan lainnya sesuai keinginanmu.

4. Ketuk Siarkan LIVE

Setelah Anda puas dengan perincian dan pengaturan siaran langsungmu, ketuk tombol “Siarkan LIVE” untuk memulai siaran langsungmu. TikTok bakal memberikanmu hitungan mundur singkat sebelum LIVE dimulai.

5. Mengatur dan Menyesuaikan selama Siaran Langsung

Selama siaran langsung, Anda juga dapat menyesuaikan perangkat dan pengaturan LIVE, termasuk pengaturan keselamatan, sesuai kebutuhan. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol pengalaman LIVE sesuai dengan preferensimu.

6. Mengakhiri Siaran Langsung

Jika Anda sudah siap untuk mengakhiri siaran langsungmu, ketuk tombol “Akhiri LIVE” nan terletak di bagian atas layar. Kamu bakal diberikan opsi untuk mengonfirmasi pengakhiran siaran langsung. Ketuk “Akhiri Sekarang” untuk menyelesaikan siaran langsung.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah memulai dan mengelola siaran langsung di TikTok. Sekarang Anda bisa berbagi momen-momen menarikmu dengan pengikutmu secara langsung!

Rahasia Meraih Peluang Bisnis dengan Tiktok Shop

button

TikTok Shop semakin terkenal lantaran dianggap sukses menggabungkan antara media sosial dan e-commerce. Berhasil menjadikan media sosial sebagai tempat berbelanja online. TikTak Shop memungkinkan pengguna Tik Tok untuk berbelanja, pembuat di TikTok untuk menjadi afiliator, dan penjual untuk membuka tokonya di TikTok Shop. Ini merupakan penemuan baru di bumi marketing nan sebelumnya belum pernah ada di media sosial alias marketplace. Buku nan ditulis oleh tim @psikologiindonesia dan @icampusindonesia ini merupakan hasil dari praktik berdagang di TikTok Shop selama lebih dari 1 tahun dengan strategi afiliator, program bertarget, endorse, fitur flash sale, dan strategi marketing lainnya. Buku ini ditulis dari dasar sehingga cocok untuk nan bakal memulai berdagang di TikTok Shop, semua kebingungan Anda bakal dijawab di kitab ini. Banyak strategi marketing nan sudah diterapkan oleh tim penulis bisa menghasilkan omzet penjualan lebih dari 1 miliar rupiah, sehingga cocok untuk penjual nan sudah lama berdagang di TikTok Shop nan mau meningkatkan omzetnya.

Siapa Saja nan Bisa LIVE di TikTok?

Tidak semua pengguna TikTok dapat melakukan siaran langsung. Berikut adalah persyaratan nan kudu dipenuhi untuk menggunakan fitur LIVE di TikTok:

  • Usia 18 Tahun Ke Atas untuk Menyiarkan LIVE

Untuk menjadi kreator konten nan melakukan siaran langsung, pengguna kudu berumur 18 tahun alias lebih.

  • Usia 18 Tahun Ke Atas (atau 19 Tahun di Korea Selatan) untuk Hadiah

Untuk memberi alias menerima Hadiah selama siaran langsung, pengguna juga kudu berumur 18 tahun ke atas (atau 19 tahun di Korea Selatan).

  • Memiliki Minimal 1.000 Pengikut

Untuk bisa melakukan siaran langsung, pengguna perlu mempunyai setidaknya 1.000 pengikut di akun mereka. Namun, jumlah minimum pengikut ini mungkin berbeda-beda di setiap wilayah.

Dengan memenuhi ketiga persyaratan di atas, pengguna TikTok dapat mulai menggunakan fitur LIVE dan berbagi momen-momen langsung dengan pengikut mereka di platform ini. Jadi, pastikan untuk memeriksa persyaratan ini sebelum mencoba melakukan siaran langsung di TikTok!

Tips Live di TikTok Biar Sukses

(Sumber foto: www.pexels.com)

Nah, apakah Anda siap untuk menyapa pengikutmu secara langsung di TikTok? Berikut adalah beberapa tips nan dapat membantumu membikin siaran langsung nan menarik dan menghibur:

1. Persiapkan Konten nan Menarik

Sebelum memulai siaran langsung, pikirkan tentang konten apa nan mau Anda bagikan dengan pengikutmu. Pastikan kontenmu menarik, relevan, dan sesuai dengan minat audiensmu.

2. Interaksi dengan Penonton

Gunakan kesempatan ini untuk berinteraksi langsung dengan penontonmu. Responlah terhadap komentar mereka, jawab pertanyaan, dan libatkan mereka dalam percakapan. Ini membantu membangun hubungan nan lebih dalam dengan pengikutmu.

3. Gunakan Filter dan Efek Kreatif

TikTok menyediakan beragam filter dan pengaruh imajinatif nan dapat menambahkan keseruan pada siaran langsungmu. Cobalah beragam filter dan pengaruh untuk membikin siaran langsungmu lebih menarik secara visual.

4. Buat Judul nan Menarik

Judul siaran langsungmu adalah perihal pertama nan bakal dilihat pengguna TikTok. Pastikan untuk membikin titel nan menarik dan mencerminkan isi dari siaran langsungmu agar dapat menarik perhatian pengguna.

5. Gunakan Pencahayaan nan Baik

Pastikan bahwa pencahayaan di letak siaran langsungmu cukup baik sehingga penonton dapat melihatmu dengan jelas. Pencahayaan nan jelek dapat mengganggu pengalaman menonton pengguna.

6. Tetaplah Autentik

Hal terpenting adalah tetaplah autentik dan jadilah dirimu sendiri saat melakukan siaran langsung. Pengikutmu mau berinteraksi denganmu secara langsung dan memandang kepribadianmu.

Kitab Hitam Tiktok Affiliate

button

Buku ini menawarkan kesempatan bagi beragam kalangan, mulai dari pengusaha nan mau menjajaki kerjasama dengan affiliator TikTok, hingga tenaga kerja kantoran nan mau mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaannya. Bagi ibu rumah tangga nan mencari langkah untuk menghasilkan duit di antara tugas-tugas rumah tangga, kitab ini juga memberikan wawasan nan berharga. Selain itu, mahasiswa nan mau berdikari secara finansial dan menghindari ketergantungan pada orangtua juga dapat menemukan inspirasi dari kitab ini. Bahkan bagi pengangguran nan sering menghabiskan waktu di media sosial tanpa arah, kitab ini menawarkan kesempatan baru untuk memanfaatkan TikTok sebagai sumber penghasilan. Dengan demikian, kitab ini cocok bagi siapa saja nan mau menjelajahi potensi TikTok dalam menghasilkan duit secara online.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membikin siaran langsung nan menarik dan menghibur bagi pengikutmu di TikTok. Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur LIVE dan berbagi momen-momen spesial dengan pengikutmu secara langsung!

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips nan telah disampaikan di tulisan ini, Anda sekarang siap untuk memulai siaran langsung di TikTok dengan percaya diri. Ingatlah untuk mempersiapkan konten nan menarik, berinteraksi dengan penonton secara aktif, dan tetap autentik selama siaran langsung. Gunakan fitur-fitur imajinatif nan tersedia seperti filter dan pengaruh untuk membikin siaran langsungmu lebih menarik. Terakhir, jangan ragu untuk eksplorasi dan berkarya sesuai dengan kepribadianmu sendiri. Semoga tulisan ini berfaedah bagi Anda nan mau memulai petualangan live streaming di TikTok! Grameds bisa mencari tahu lebih lanjut terkait tips dan trik memulai jejak menjadi influencer di media sosial melalui buku-buku di Gramedia.com.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog