Cara Mempercepat File Explorer Di Windows 11

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Performa File Explorer di Windows 11 memang dapat dikatakan lebih lambat dibandingkan Windows 10 pada masa awal perilisannya dan tentu sangat jauh berbeda jika kita bandingkan dengan Windows 7 alias 8.

Sebagai pengganti untuk mempercepat File Explorer sebenarnya kita bisa menggunakan trik lama, ialah dengan masuk ke mode full screen, dimana dalam mode tersebut File Explorer akan meload file dan berkas dengan lebih cepat.

Nah untuk masuk ke mode full screen kita bisa tekan tombol f11 saja di keyboard, sementara untuk navigasi kembali / back, kita bisa menekan tombol backspace.

Namun selain itu, baru baru ini ada trik baru nan bisa meningkatkan performa File Explorer di Windows 11 loh guys, dimana menurut timonsku di X, secara default File Explorer di Windows sekarang menerapkan folder type auto discovery, dimana dengan itu dia bakal membaca dan mencoba menebak jenis berkas apa (gambar, video, dokumen) nan paling sesuai dengan isinya.

Sehingga tentu fitur ini justru bakal mengurangi performa file explorer lantaran processnya bakal sedikit menyantap resource system.

Nah untuk mencegah perihal tersebut, ada sebuah trik registry yang bisa kita terapkan, dimana ini bakal mengatur berkas ke mode konten campuran pada semua berkas di sistem Windows 11, jadi dengan kata lain sistem tidak bakal menguraikan file memuatnya seperti sebelumnya dan konten berkas bakal ditampilkan lebih sigap apalagi jika ada sangat banyak file disana.

Lalu gimana caranya? berikut langkah singkatnya guys.

Langkah 1. Pertama silahkan Anda download file .reg berikut kemudian silahkan Anda Extract.

Didalamnya bakal ada dua file berbeda, satu restore default dan satu lagi enable mixed content.

Langkah 2. Silahkan Anda buka dan merge file dengan nama Enable mixed content for all folders.

Jika sudah selesai, jangan lupa silahkan Anda restart explorer.exe dari Task Manager.

Nah setelah itu, secara otomatis tampilan semua berkas bakal masuk ke mode mixed content dan tampilan bakal disesuaikan menjadi list detailed.

Sedikit penjelasan singkat mengenai perubahan nan dilakukan, jadi langkah diatas sebenarnya adalah dengan membikin sebuah registry string dengan nama “FolderType” dengan value info “NotSpecified” pada registry key berikut.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Classes\Local Settings\Software\Microsoft\Windows\Shell\Bags\AllFolders\Shell

Cara Mengembalikan Perubahan

Jika seandainya Anda tidak mau melakukan perubahan diatas, Anda cukup buka dan merge saja file dengan nama default yang telah Anda extract tadi dan lakukan restart explorer, maka secara otomatis mode folder akan kembali seperti semula.

Nah langkah diatas sebenarnya bakal sangat berfaedah jika Anda mempunyai file nan sangat banyak dan Anda simpan dalam satu berkas lain dengan ditumpuk berbareng beragam file dengan format campuran. Dan meskipun performanya tidak bakal meningkat drastis, namun dengan langkah diatas, performa bakal sedikit lebih baik, apalagi jika Anda menyimpan info di storage berjenis Hard Disk.

Silahkan dicoba guys, semoga tutorial ini bermanfaat, terima kasih.

Referensi : Timonsku / X, WinAero

Written by

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Selengkapnya
Sumber