Cara Menghormati Masjid Sesuai Sunnah Nabi Muhammad

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ilustrasi sholat.

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Sholat sunnah tahiyatul masjid merupakan salah satu sunnah nan sangat dianjurkan bagi umat Islam. Sholat ini dilakukan sebagai corak penghormatan terhadap masjid, tempat ibadah nan dianggap suci dan mulia dalam kepercayaan Islam.

Disebutkan dalam sabda bahwa Rasulullah juga memerintahkan untuk menunaikan sholat dua rakaat ketika sampai masjid. 

أَبِي قَتَادَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قَالَ رسول الله – صلى الله عليه وسلم – : (( إِذَا دَخَلَ أحَدُكُمُ المَسْجِدَ ، فَلاَ يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ )) متفقٌ عَلَيْهِ.

Dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, dia berbicara bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian masuk masjid, maka janganlah dia langsung duduk sampai mengerjakan sholat dua rakaat.” (HR. Bukhari, no. 444 dan Muslim, no. 714). 

Selain itu, sholat tahiyatul masjid juga mempunyai kegunaan untuk membersihkan hati dan pikiran dari hal-hal nan tidak baik. Dengan melaksanakan sholat ini, seorang Muslim dapat memfokuskan pikiran dan hatinya hanya kepada Allah SWT, sehingga dapat meningkatkan kualitas ibadahnya.

Sholat sunnah tahiyatul masjid juga merupakan langkah untuk menunjukkan rasa hormat dan penghargaan terhadap tempat ibadah. Masjid adalah tempat nan disucikan untuk beragama kepada Allah SWT, sehingga dengan melaksanakan sholat tahiyatul masjid, seorang Muslim menunjukkan keseriusannya dalam menjalankan kepercayaan dan menghormati tempat ibadah.

Perintah Nabi Muhammad

Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam