Cara Mengirim Cv Lewat Email Supaya Dilirik Oleh Perekrut

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Ketika hendak melamar pekerjaan biasanya Grameds diminta untuk melampirkan CV. Melalui CV, perusahaan alias pihak nan memerlukan tenaga kerja dapat memandang latar belakang dan skill dari pelamar. Oleh karena itu, CV menjadi perihal esensial untuk melamar pekerjaan.

Dalam CV biasanya memuat nama, riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan, organisasi, keahlian, prestasi, dan proyek-proyek nan pernah dikerjakan. Jika Grameds bingung gimana langkah membikin CV maka website dan aplikasi kreator CV dapat menjadi solusi.

Cara Mengirim CV Lewat Email

Ketika mengirimkan surat lamaran melalui email juga tidak mudah. Sebagai pelamar. Grameds kudu berhati-hati dan teliti dalam membikin lamaran. Kelengkapan, tata bahasa, kepantasan isi email, dan keahlian kudu diperhatikan.

Dalam mengirimkan CV melalui email terdapat beberapa perihal nan kudu diperhatikan. Melansir dari laman Artikel.rumah123.com, pada dasarnya berikut langkah mengirim CV lewat email.

  1. Buat CV semenarik mungkin
  2. Siapkan berkas nan kudu dipersiapkan seperti CV, fotokopi KTP, ijazah, sampai SKCK dan scan.
  3. Setelah itu, buka aplikasi alias laman depan email milik kamu
  4. Pilih bagian tulis baru atau compose dalam bahasa Inggris
  5. Isi alamat tujuan email, subjek dan isi surat beserta lampiran
  6. Periksa kembali tulisan dan berkas nan sudah dilampirkan
  7. Kirim CV ke alamat email perusahaan.

Sementara itu, dalam laman Katadata.co.id dan Artikel.rumah123.com, dijelaskan lebih lanjut mengenai langkah mengirim CV lewat email sebagai berikut ini.

1. Pastikan Alamat Email Benar

Ketika mengetikkan alamat email, Grameds kudu memastikan alamat email benar. Grameds dapat melakukan pemeriksaan kembali sebelum mengirimkan email.

2. Menuliskan Subjek dengan Tepat

Pada kolom subjek, Grameds kudu memastikan menulis nama komplit dan posisi nan dilamar secara tepat. Hal ini bermaksud untuk memudahkan rekruter untuk mengorganisir lamaran dan menghindari tertimbunnya email masuk.

3. Perhatikan Kerangka Badan Email

Beberapa perusahaan menerapkan patokan tertentu dalam titel dan isi email. Tujuannya agar rekruter dapat dengan mudah menyortir lowongan pekerjaan sesuai dengan posisi nan sedang dicari.

Jika Grameds tidak menuliskan titel dan isi email dengan betul maka terdapat kemungkinan rekruter tidak memandang surat lamaran kerja Grameds. Tidak hanya itu, ketepatan menulis body email juga bermaksud agar pesan nan dikirimkan Grameds menjadi nyaman dibaca serta jelas dan langsung ke intinya.

4. Melampirkan Dokumen Lamaran

Dokumen lamaran kudu menggunakan nama nan jelas dan dalam format pdf. Sebagai contoh “CV—Ani Amanah”. Penamaan seperti itu juga bertindak untuk arsip pendukung lainnya, seperti portofolio, cover letter, dan pas foto.

Dokumen nan dirikimkan secara terpisah dengan format nan sama ataupun digabungkan. Grameds juga kudu memastikan arsip nan dikirimkan lengkan dan sesuai dengan info nan dibutuhkan oleh perusahaan.

Sukses Melamar Kerja Melalui Internet

5. Memperhatikan Ukuran Dokumen

Lamaran pekerjaan sebaiknya mempunyai ukuran kurang dari 2 MB. Hal ini dikarenakan arsip dapat menyantap ruang penyimpanan nan banyak. Jika arsip mempunyai ukuran nan sangat besar dapat memberikan kesempatan rekruter mengurunkan niat untuk mengunduh arsip lamaran.

Tidak janya itu, ukuran arsip maksilam 2 MB sebenarnya sudah umum diterapkan, baik melalui email ataupun portal pekerjaan. Bahkan perusahaan nan mempunyai bot pendeteksi jika arsip pelamar berukuran lebih dari nan ditentukan. Maka pihaknya bakal membalas email dan mengarahkan Grameds untuk mengirim kembali lamaran dengan ukuran nan lebih kecil.

6. Menyampaikan Harapan

Penyampaian angan menunjukkan niat baik dan kemauan besar Grameds untuk bekerja di posisi nan dibuka oleh perusahaan. Dengan demikian, rekruter dapat memastikan bahwa Grameds merupakan salah satu kandidat nan serius untuk bekerja.

7. Mengirimkan Email di Waktu nan Tepat

Waktu untuk mengirim email juga kudu diperhatikan. Grameds tidak dianjurkan untuk mengirim email di hari libur dan tidak dapat mengirimkan lamaran di hari apa saja. Sebaiknya, surat lamaran dikirimkan pada hari kerja, ialah hari Senin sampai Jumat.

Grameds juga kudu memperhatikan waktu ketika mengirimkan lamaran, ialah di waktu kerja. Sebagai contoh pada pukul 8 pagi sampai 5 sore. Hal ini dapat meningkatkan kesempatan CV Grameds ditinjau oleh rekruter. Jika lamaran dikirim pada hari libur, ditakutkan email bakal tertimbun dan terlewatkan oleh rekruter.

8. Mengonfirmasi dan Mengontak Kembali

Salah satu corak kesungguhan Grameds melamar pekerjaan dapat dilihat melalui konfirmasi lanjutan mengenai lamaran. Hal ini dapat dilakukan jika memungkinkan dan Grameds mempunyai kontak rekruter selepas mengirimkan CV lewat email.

Tips Membuat CV

Setelah Grameds mengetahui langkah mengirim CV lewat email maka sebelumnya Grameds kudu mempersiapkan CV dengan matang. Jika Grameds merasa kebingungan untuk membikin CV seperti apa, berikut tips membikin CV nan dirangkum dari laman Glints.com.

1. Buat CV Secara Singkat, Padat, dan Jelas

CV nan singkat, padat, dan jelas ringkasannya tidak bakal membingungkan rekruter. Grameds sebaiknya membikin CV seringkas mungkin, jangan sampai lebih dari dua halama. Setiap info pribadi dimasukkan dengan jelas dan singkat di setiap kolomnya. Jika hendak memasukkan penjelasan diri. Grameds kudu menonjolkan kelebihan-kelebihan agar tidak terlalu panjang lebar.

2. Pilihlah Diksi nan Memberikan Kekuatan

Pada hakikatnya, langkah terbaik dalam membikin CV nan menarik adalah memperhatikan kata-kata nan mau digunakan. Grameds kudu memilih kata-kata nan mempunyai kekuatan alias power. Kata-kata nan Grameds pilih dalam CV dapat memengaruhi penilaian rekruter.

Sebagai contoh penggunaan kata “pekerja keras” dapat menggunakan kata “kreatif”. Frasa “pekerja keras” sering dipakai dan terkadang membikin HRD jenuh melihatnya. Namun, sebaliknya, ketika menggunakan kata seperti “kreatif”. Maka, HRD bakal memandang Grameds sebagai orang dengan produktivitas tinggi dan bisa mengembangkan perusahaan ke depannya.

3. Cantumkan Pengalaman nan Relevan

Selanjutnya, untuk membikin CV nan menarik adalah memilah pengalaman-pengalaman nan mau dimasukkan. Grameds, kudu memastikan pengalaman tersebut mempunyai relevansi nan tinggi terhadap posisi nan sedang Grameds lamar.

Sebagai contoh, Grameds hendak melamar sebagai posisi graphic designer. Grameds sempat menjalani proyek kreasi untuk membikin logo perusahaan A sebelumnya. Pengalaman tersebut dapat Grameds masukkan ke dalam CV agar memperoleh nilai plus dari rekruter.

Bagi fresh graduate yang belum pengalaman maka dapat memasukkan hard skill alias soft skill yang dikuasai selama masa kuliah.

4. Cek Tata Bahasa

Grameds kudu memeriksa salah tik dan kesalahan grammar jika menggunakan bahasa Inggris. Sebagai langkah antisipasi kesalahan grammar, salah tik, dan kesalahan tata bahasa lainnya, Grameds dapat membaca ulang secara perlahan-lahan alias meminta support teman.

5. Pakai Font Profesional

Grameds kudu memastikan font yang digunakan terlihat profesional, bukan font yang sembarangan nan susah dibaca. Pada dasarnya, font yang sering digunakan dalam membikin CV adalah Times New Roman, Arial, atau Calibri. Adapun, untuk ukurannya berkisar antara 10 sampai 12.

6. Cantumkan Kontak nan Aktif

Sebaiknya. Grameds mencantumkan nomor handphone atau email nan aktif. Jangan sampai mencantumkan nomor handphone atau email nan tidak aktif. Perlu diingat juga bahwa email nan dicantumkan jangan nama nan terdengar asing seperti [email protected], atau nama lainnya. Sebaiknya, Grameds mencantumkan nama email nan sama dengan nama diri.

7. Gunakan Keyword yang Relevan

Cara pengganti untuk membikin CV menarik adalah dengan memasukkan keyword yang relevan dengan posisi nan dilamar. Sebagai contoh, jika Grameds hendak melamar sebagai SEO specialist maka dapat memasukkan keyword seperti SEO, SEM, content writer, copywriter, dan lain sebagainya.

Skill yang dimaksudkan bakal membantu Grameds untuk meyakinkan bahwa Grameds adalah pribadi nan berbobot di mata rekruter. Tidak hanya itu, keyword juga berfaedah agar Grameds mudah ditemukan oleh rekruter ketika mencari kandidat melalui LinkedIn.

Kerja Di Rumah Emang 'Napa?

Rekomendasi Website untuk Membuat CV

Jika Grameds bingung untuk membikin CV maka dapat menggunakan website. Merangkum dari beragam laman di internet, berikut beberapa rekomendasi website untuk membikin CV.

1. Canva

Canva merupakan situs online yang biasanya digunakan untuk kreasi bagi para pemula. Pada umumnya, Canva mempunyai banyak template yang dapat digunakan secara cuma-cuma dan bukan hanya kreasi CV saja.

Canva juga menyediakan beragam macam ikon. Jadi, pengguna dapat berkarya sendiri. Grameds juga dapat memilih template CV di Canva nan sesuai dengan bagian nan diminati. Mulai dari CV profesional, modern, minimalis, kreatif, sampai nan paling sederhana.

Namun, sayangnya, kreasi Canva kurang ramah untuk applicabt track system (ATS). ATS sendiri merupakan aplikasi penyaring CV otomatis dan peka terhadap penjelasan teks nan ada di arsip CV.

2. CV Maker

CV Maker menyedian beragam templates CV ahli nan dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Grameds dapat langsung membikin CV di website tersebut. Untuk membikin CV Grameds tinggal klik “Buat CV Anda” maka bakal diarahkan untuk mengisi info pribadi , pengalaman serta memilih template CV nan bakal digunakan.

Website ini sangat user friendly sehingga mudah digunakan. CV Maker sendiri mencantumkan semboyan “Peluang Anda mendapat pekerjaan bakal meningkat 65%”. Juga memberikan hasil resume yang dapat diunduh dalam beragam format, seperti PDF, TXT, dan HTML. Jadi, Grameds juga dapat menjadikan CV dapat terdeteksi ATS.

3. CakeResume

CakeResume adalah website pembuat CV online yang tersedia dalam beragam bahasa termasuk bahasa Indonesia. Website ini menyediakan lebih dari 50 templates untuk membikin CV online secara gratis. Situs ini membikin CV online memungkinkan pengguna untuk membikin CV online dan download CV PDF secara gratis.

Website ini dapat diakses melalui browser laptop/tablet dan browser HP. Cara membikin CV di website ini sangat menarik dan unik, ialah dengan drag and drop template CV nan Grameds sukai pada halama CV.

Kemudahan untuk memodifikasi CV memberikan kesempatan untuk Grameds melakukan penelitian nan kreatif, simpel, dan modern sesuai dengan preferensi masing-masing. Tidak hanya itu, Grameds juga dapat mengunduh CV PDF alias membagikan tautan online.

Website ini mempunyai kelebihan di antaranya menggunakan bahasa Indonesia. Dapat memasukkan tautan, gambar, dan video sehingga menarik secara visual. Grameds juga dapat memodifikasi sesuai dengan style kreator CV (banyak pilihan font, pengaturan spasi, dan tata letak).

Tidak hanya itu, CV CakeResume juga CV nan ATS friendly. Website ini juga mempunyai kekurangan, ialah hanya dapat membikin 1 CV online secara cuma-cuma dan kudu registrasi terlebih dahulu.

Tiga Fondasi dalam Bekerja

4. CoolfreeCV

Grameds dapat membikin CV melalui website CoolfreeCV. CV ini menyediakan 6 template CV doc cuma-cuma nan dapat langsung diunduh dari website dan diubah menggunakan Microsoft Word.

Website ini mempunyai kelebihan di antaranya mempunyai pilihan untuk membikin CV doc, template nan beragam, dan tidak perlu registrasi. Adapun, kelemahan dari website ini adalah user interface terkesan antik dan CV PDf tidak dapat dimodifikasi.

5. VisualCV

Visual CV mempunyai tampilan website yang user friendly. Visual CV ini menyediakan beragam template CV nan menarik. Lewat CV ini, Grameds tidak perlu repot mengisi info satu per satu dan langsung mengimpor melalui LinkedIn.

Namun, sayangnya editing tools yang disediakan Visual CV tidak terlalu banyak dan terkesan agak kaku. Template cuma-cuma nan disediakan pun terdapat watermark yang tidak dapat dihilangkan. Tidak hanya itu, website ini juga kudu registrasi terlebih dulu sebelum membikin CV.

6. EnhanCV

EnhanCV mempunyai karakter dan perbedaan dari CV maker lainnya. Grameds dapat memilih jenis template berasas jenis pekerjaan nan bakal dilamar. Desain template nan disediakan pun umum dan simpel.

Website ini mempunyai keunggulan, ialah dapat mengetahuo contoh CV nan digunakan di setiap pekerjaan dan kreasi nan terkesan clean serta rapi. Namun, website ini mempunyai beberapa kekurangan di antaranya kudu login terlebih dulu untuk mengunduh CV PDF serta watermark yang tidak dapat dihilangan jika menggunakan fitur gratis.

7. GetHired CV

GetHired CV menyediakan pilihan bahasa Indonesia. Sebelum membikin CV, Grameds diminta untuk membikin akun dan mengisi pertanyaan. Setelah selesai mengisi pertanyaan maka bakal lanjut ke pilihan memilih template CV online dan langsung download.

Kelebihan dari website ini adalah tersedianya banyak template CV nan imajinatif dan dapat diunduh secara gratis. Adapun, kekurangan dari website ini adalah kudu membikin akun terlebih dulu dan tidak dapat memodifikasi tata letak CV ataupun font.

8. Bikin CV

Bikin CV merupakan website yang membantu Grameds membikin CV dan tersedia dalam bahasa Indonesia. Ketika membuatnya, Grameds bakal langsung diarahkan untuk mengisi info CV. Setelah itu, bisa memilih 30 templates CV nan tersedia.

Template ini nan tersedia mempunyai format nan serupa, hanya saja berbeda warna dan background di belakangnya. Untung mengunduh CV, Grameds kudu melakukan pembayaran nan dapat dilakukan melalui transfer bank alias dompet elektronik. Setelah melakukan pembayaran, CV nan telah dibuat bakal dikirimkan melalui email.

Kelebihan dari website ini adalah kreasi nan menarik dan bersih. Namun, kekurangannya adalah tidak dapat memodifikasi CV pada bagian jenis font dan tata letak.

9. Zety

Zety mempunyai sejumlah kelebihan di antaranya tersedia penjelasan nan dapat langsung dipilih, ada template deskripsi diri nan bisa dimodifikasi dan langsung digunakan, dapat sekalian membikin Surat Lamaran Kerja /cover letter, dan dapat mengatuur spasi, font, tata letak, serta warna.

Namun, website ini juga mempunyai kekurangan di antaranya kurang cocok untuk membikin CV imajinatif dan kreasi CV mirip dan lebih banyak template CV modern dan simpel.

10. ResumeGenius

Resume Genius mempunyai interface yang baik dan banyak pilihan template CV nan menarik. Tidak hanya itu, website ini juga menyediakan pembuatan penjelasan diri alias career objective sehingga memudahkan Grameds untuk menulis dalam kolom tersebut.

Kelebihan dari Resume Genius adalah Grameds dibantu untuk membikin penjelasan diri alias pekerjaan objektif hanya dengan memilih sifat dan kepribadian nan sesuai dengan diri. Dalam website tersebut juga terdapat pre-written phrases yang membantu menulis penjelasan pekerjaan.

Adapun, kekurangan dari website ini adalah template CV sangat sederhana, harganya cukup mahal, dan tidak bisa mengatur tata letak ataupun jenis dan ukuran font.

Jangan Pernah Bekerja Sendirian

Itu dia Cara Mengirim CV Lewat Email Supaya Dilirik oleh Perekrut nan bisa membantu Anda dalam melamar kerja, Grameds. Semoga dengan support tulisan ini, Anda bisa sigap mendapatkan respon dari perusahaan dan secepatnya mendapatkan pekerjaan ya!

Rekomendasi kitab di atas bisa Anda temukan di Gramedia.com, juga di Gramedia sekitarmu, Yuk langsung saja dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan info dan produk terbaik untuk kamu.

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Alisa

Menulis merupakan perihal nan sangat saya sukai. Selain menulis, saya juga dengan bumi jurnalistik, sehingga memadukan kegemaran dan kesukaan saya terhadap bumi jurnalistik memudahkan saya dalam menghasilkan suatu tulisan nan menarik sekaligus bermanfaat.

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog