Cara Menjadi Seorang Muslim Yang Produktif 

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Waktu merupakan aset berbobot nan kita miliki, dan langkah terbaik untuk menghargainya adalah dengan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Dalam aliran Islam, waktu dianggap sebagai salah satu nikmat terbesar nan diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia. Memanfaatkan waktu dengan baik adalah sebuah tuntutan nan krusial dalam kehidupan seorang Muslim, lantaran waktu merupakan amanah nan kudu dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Islam juga menekankan pentingnya memanfaatkan waktu untuk meningkatkan pengetahuan dan memperdalam pemahaman terhadap aliran agama. Membaca Alquran, mempelajari hadis-hadis Rasulullah SAW, dan mengikuti pengajian merupakan cara-cara untuk memanfaatkan waktu dengan baik dalam konteks keagamaan. 

Kegiatan nan berfaedah dapat memperkaya diri secara spiritual, seorang Muslim juga dapat memperoleh kedamaian jiwa dan memperkuat iman.

Tidak hanya itu, Islam juga mendorong umatnya untuk memanfaatkan waktu dalam melakukan kebaikan kebaikan dan melakukan baik kepada sesama. 

Rasulullah SAW berfirman bahwa:

“Tidaklah ada suatu hari pun di mana hamba-hamba Allah masuk pada waktu pagi harinya, selain ada dua malaikat nan turun. Maka salah satu di antara mereka berdoa, “Ya Allah berikanlah tukar kepada orang-orang nan berinfak.” Dan malaikat nan lainnya berdoa, “Ya Allah berikanlah kerugian kepada orang-orang nan menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Oleh lantaran itu, waktu merupakan kesempatan emas untuk beramal sholeh dan menyebarkan kebaikan kepada orang lain, salah satunya dengan bersedekah. 

Adapun beberapa aktivitas berfaedah nan bisa dilakukan oleh setiap Muslim di setiap harinya. Di antaranya yaitu: 

Pertama, memanfaatkan waktu pagi untuk beribadah

Waktu pagi diisi mulai dengan melaksanakan sholat malam, sholat subuh dan qabliyah, dzikir pagi, membaca Alquran, olahraga, sholat dhuha, kemudian bekerja alias melakukan aktivitas seperti biasanya.

Kedua, memanfaatkan waktu siang

Waktu siang melaksanakan sholat dzuhur dan sunnah rawatib, rehat sejenak (15 – 30 menit) untuk bekal tenaga melaksanakan sholat malam, dan lanjut bekerja.

Lihat laman berikutnya >>>

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Kincaimedia, Klik di Sini

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam