Ceramah Ustaz adi Hidayat: Persiapan Menuju Pertemuan Dengan Sang Pencipta

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Dalam sebuah pidato nan disampaikan oleh Ustaz Adi Hidayat, seorang pendakwah nan dikenal dengan kefasihannya dalam menyampaikan pesan-pesan agama, diungkapkan tentang pentingnya persiapan menuju pertemuan dengan Sang Pencipta. 

Dengan afinitas nan kuat, Ustaz Adi Hidayat menggambarkan sungguh pentingnya kita sebagai manusia untuk mempersiapkan diri menghadapi akhirat, sebagaimana kita mempersiapkan diri ketika bakal berjumpa dengan seseorang nan sangat krusial dalam kehidupan kita.

Dalam ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat menyoroti kejadian kehidupan bumi nan seringkali membikin manusia terlena dan lupa bakal tujuan utama hidupnya. Ia menyebut gimana dalam urusan dunia, manusia rela bersusah payah untuk mempersiapkan diri ketika bakal berjumpa dengan dosen, misalnya saat menghadapi ujian. 

Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari, manusia rela melakukan beragam persiapan untuk memenuhi kebutuhan dunia, seperti belajar, mencari informasi, apalagi memperhatikan penampilan fisik.

Namun, ketika Ustaz Adi Hidayat membawa afinitas ini ke dalam konteks persiapan menuju pertemuan dengan Sang Pencipta, dia menyoroti sungguh seringnya manusia lalai dalam mempersiapkan diri untuk akhirat. Padahal, pertemuan dengan Allah adalah perihal nan pasti dan tidak bisa dihindari. 

Seperti halnya persiapan untuk berjumpa dengan dosen, kita juga kudu mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi Sang Pencipta.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa persiapan menuju pertemuan dengan Allah tidaklah sepele. Kita kudu siap secara mental, fisik, dan spiritual. Persiapan ini meliputi pembinaan ketaatan dan kebaikan saleh, memperbaiki hubungan dengan sesama manusia, serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.

Dalam ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat juga menyoroti keadaan orang-orang nan tinggal di Palestina, nan meskipun hidup dalam situasi bentrok nan sulit, namun mereka tetap merasa ceria dan tenang.

Hal ini lantaran mereka mempunyai kesadaran bahwa kehidupan bumi hanyalah sementara, dan suatu saat mereka bakal kembali kepada Allah. Mereka telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi akhirat, sehingga tidak merasa resah alias takut bakal kematian.

Ustaz Adi Hidayat mengingatkan bahwa dalam akhirat, status seseorang tidak bakal menjamin keselamatannya. Baik seseorang tinggal di Palestina nan sering kali dianggap sebagai tempat nan paling dekat dengan Allah, maupun seseorang nan berada di tempat lain, statusnya di hadapan Allah bakal ditentukan oleh kebaikan perbuatannya di dunia.

Lihat laman berikutnya >>>

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam