Contoh Jawaban Esai Ppg Prajabatan 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Contoh Jawaban Esai Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024


Contoh Jawaban Esai Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024. Sebagaimana diketahui salah satu tahapan dalam pendaftaran PPP Prajabatan adalah mengisi Essay. Calon peserta mencetak kartu tes substantif melalui aplikasi SIMPKB pada masa cetak kartu tes dengan ketentuan wajib menyelesaikan seluruh esai. Pada kartu tes, akan tertera agenda dan titik letak tes untuk mengikuti tes substantif secara luring.

Berikut ini adalah Contoh Jawaban Esai (Essay) Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024 untuk mengihlami bapak/Ibu calon pendaftaran PPG prajabatan dalam menyelesaikan seluruh esai.

A. Apa nan Memotivasi Anda Menjadi Guru? Apa Yang Memotivasi Anda Untuk Mewujudkan Motivasi Tersebut.

Yang memotivasi saya untuk menjadi pembimbing adalah lantaran pekerjaan pembimbing adalah nan paling mulia, dan dapat memanusiakan manusia, dan saya mau memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Untuk mewujudkan motivasi tersebut dengan menempuh kuliah nan baik pada strata 1 (S1) di universitas Pattimura, selain itu saya juga mengikuti aktivitas seminar nan berangkaian dengan pengembangan seorang pembimbing dalam mewujudkan siswa nan berbudi pekerti dan beradab nan baik dan sering berbincang dengan teman-teman guru.

1. Tantangan Apa nan Anda Hadapi Dalam Mewujudkan Motivasi Tersebut, Bagaimana Anda Mengatasinya?

Tantangan nan saya hadapi dalam mewujudkan motivasi tersebut adalah saya berupaya menyesuaikan dengan waktu produktif saya nan padat dan juga kemandirian saya dalam menyelesaikan permasalahan yang berangkaian dengan proses akademik selama menempuh perkuliahan.

Untuk mengatasinya saya memaksimalkan aktivitas perkuliahan nan di dapat sembari mengatur agenda dan waktu saya dalam mewujudkan perihal lain seperti berlatih untuk berbincang di depan banyak orang dengan penuh percaya diri.

2. Apa Kelebihan nan Mendukung Peran Anda Sebagai Seorang Guru, Jelaskan Dan Berikan Contohnya ?

Menjadi guru, maka menjadi sosok nan digugu dan ditiru, juga jadi panutan. Guru adalah pengganti orangtua siswa di sekolah. Selain ilmu, siswa juga bakal mencontoh perilaku gurunya. Seorang guru juga mempunyai peran krusial dalam membentuk perilaku siswa ke depannya. Tanpa disadari, sekecil apapun perihal nan Anda bagikan, bisa berfaedah sangat besar dan menggiring pada kesuksesan.

Misalnya Saat mengajarkan sesuatu, Anda bakal turut serta belajar. Tidak mungkin, ‘kan, mengajari orang lain tentang sesuatu tanpa menguasai bagian tersebut? Apalagi jika menghadapi pertanyaan-pertanyaan. Dengan mengajar, semangat untuk terus belajar dalam diri bakal semakin bertambah. Bonusnya? Otak juga semakin terampil kemampuannya lantaran terus- menerus diasah dan pengetahuanmu semakin luas tentunya.

Untuk menjadi guru, dibutuhkan passion serta kemauan kuat nan merupakan modal dasar untuk bisa menjadi guru yang terbaik.

3. Bagaimana Hasilnya

Saya sukses menyelesaikan studi S1 pendidikan pengetahuan permukaan bumi dengan baik, dengan waktu tempuh pendidikan (empat Tahun) dan Indeks Prestasi Kumulatif (3,71).

Menjadi pembimbing itu merupakan sebuah dedikasi. Apabila pendidikan di Indonesia mau maju dan berhasil, pembimbing sebagai ujung tombaknya kudu lebih profesional. Baik dalam keahlian, pendampingan, dan menjalani kehidupan. Semangat! Untuk jadi guru, Maka saya kudu punya prestasi yang membanggakan.

Berikut ini lanjutan Contoh Jawaban Esai Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024

Contoh Jawaban Esai Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024

B. Ceritakan Pengalaman Ketika Kamu Mempelajari Hal-Hal Baru Untuk Meningkatkan Performa, Hal-Hal Baru Apa nan Anda Pelajari.

1. Bagaimana Cara Anda Mengidentifikasi Area nan Perlu Ditingkatkan Atau Di Kembangkan, Mengapa Perlu Anda Meningkatkan/ Mengembangkan Area Tersebut?

Cara nan saya lakukan untuk mengidentifikasi area nan perlu ditingkatkan dari diri saya ialah dengan melakukan refleksi diri, dan meminta saran kepada kawan serta orang tua saya di rumah dan pengajar saya dikampus. Saya melakukan refleksi diri, dengan langkah melihat apa nan sudah saya lakukan saat ini dan mengaitkannya dengan motivasi saya untuk menjadi seorang guru.

Dari hasil refleksi yang saya lakukan, saya memandang untuk menjadi seorang pembimbing saya kudu mempunyai beberapa kompetisi ialah pedagogik, sosial, Profesional dan kepribadian. Melalui hasil refleksi tersebut, saya berupaya untuk mempunyai 4 kompetensi pembimbing tersebut dengan langkah mengikuti pembelajaran dengan baik, serta melakukan praktik mengajar langsung dilapangan.

Selain itu, saya juga meminta saran dari pengajar saya serta teman-teman seperjuangan di organisasi bagaimana caranya mengoptimalkan keahlian saya di bagian pendidikan terlebih meningkatkan kompetensi saya sebagai seorang calon guru.

2. Tindakan Apa Saja nan Anda Lakukan Untuk Mengembangkan Diri Anda, Adakah Cara-Cara Di Luar Kebiasaan nan Anda Lakukan, Berikan Contoh nan Spesifik?

Motivasi pada dasarnya datang dari setiap diri manusia, namun motivasi tidak selalu datang di waktu yang tepat. Terkadang jika kita sedang mengalami kejenuhan pada diri kita, bakal sangat sulit untuk mendapatkan motivasi apalagi kita sering menghiraukan perkataan orang-orang sekitar. tindakan nan saya lakukan umumnya tidak ada nan diluar kebiasaan, akan tetapi untuk mendukung proses pengembangan diri saya sebagai seorang calon guru, saya ikut dalam aktivitas training maupun organisasi dengan jumlah nan cukup banyak, hampir segala jenis aktivitas di organisasi saya ikut terlibat disana, selain itu saya juga sering mengikuti training dalam penggunaan media digital dalam pembelajaran, pelatihan menggunakan canva, dan training lainnya nan dapat menunjang kemampuan saya sebagai seorang guru.

Selain itu, untuk membuat efektif banyaknya aktivitas nan saya lakukan, saya terbiasa membikin catatan-catatan kegiatan nan bakal saya lakukan selama satu minggu kedepan, dan juga membikin daftar target nan mau saya capai dalam 1 minggu kedepan.

Selain itu saya mengembangkan inovasi ketika mengajar dengan membikin agenda harian nan memaksa diri saya untuk mengembangkan diri untuk mempelajari Youtube. Mengembangkan website, serta membuat media pembelajaran nan inovatif menggunakan beragam aplikasi.

3. Apa Kesulitan nan Kamu Hadapi Dalam Proses Pengembangan Diri, Bagaimana Anda Mengatasinya?

Tantangan terberat yang saya rasakan adalah rasa malas dan kurangnya manajemen waktu. Maka dari itu saya mulai melakukan introspeksi diri dan saya berupaya mengenali kelemahan dalam diri saya agar bisa saya menumbuh kembangkan perihal hal baru nan perlu saya pelajari, saya kudu memberi diri saya ketegasan lantaran tidak ada nan bisa menolong kita kecuali diri kita sendiri.untuk itu saya mulai menyusun Atau membikin agenda harian yang memaksa diri saya untuk mengembangkan diri dan membikin pembelajaran menjadi lebih inovatif. dengan banyaknya aktivitas nan saya ikuti untuk mengembangkan diri saya menjadi seorang pembimbing nan profesional, saya kemudian mulai membikin catatan-catatan di kitab dan notebok dan membikin agenda aktivitas nan saya lakukan.

4. Apa Hasil nan Anda Peroleh/Rasakan Saat Mengembangkan Perilaku Tersebut, Bagaimana Anda Menerapkan Nya Dalam Peran Anda?

Mengembangkan perilaku tersebut saya merasa lebih bisa manajemen waktu dengan baik, selain itu dengan mengikuti banyak aktivitas saya mempunyai pemahaman dan pengalaman baru nan dapat mendukung peran saya kedepannya untuk menjadi pembimbing nan profesional. Dengan mengenal diri sendiri, maka kita bakal mengetahui perihal apa saja nan bisa membikin diri kita puas. Mulai dari hubungan antar manusia, kondisi kehidupan, dan kondisi pekerjaan yang dapat membikin kita senang.

C. Terkadang kita diminta untuk melakukan sesuatu yang menurut kita tidak sesuai dengan nilai, etika, pedoman kerja alias patokan yang berlaku?

1. Ceritakan 1 Pengalaman Anda Terkait Situasi Tersebut, Jelaskan Secara Detail?

Pada waktu saya masih menempuh studi perkuliahan, dimana pada saat itu saya sudah berada di puncak atau sudah menjalani akhir-akhir semester proses penyusunan skripsi, di situ saya mempunyai sedikit masalah dengan pengajar pembimbing saya, dimana kesalah tersebut memang di lakukan sepenuhnya oleh saya. Pada waktu saya menyelesaikan seminar ujian hasil, saya berkonsultasi sama pengajar pembimbing saya untuk melakukan perbaikan skripsi yang sudah di revisi oleh pengajar pengetes kepada saya, kemudian pembimbing saya melakukan perjanjian dengan saya untuk melakukan revisi pada besok harinya sesuai dengan waktu yang sudah di berikan kepada saya, dan pengajar pembimbing saya ini termasuk orang yang menepati janji dan disiplin terhadap waktu nan sudah di berikan.

Di besok harinya nya saya pun terlambat datang untuk melakukan konsultasi perbaikan skripsi, dengan rasa kemanusiaan dosen pembimbing memarahi saya lantaran dia sudah menunggu saya lebih dari setengah jam, akhirnya dia pun membatalkan proses konsultasi skripsi dan juga menskorsing saya untuk tidak dulu berkonsultasi sama beliau.

2. Tindakan Apa nan Anda Lakukan Dan Mengapa Hal Tersebut Anda Lakukan ?

Yang saya lakukan ketika mengetahui tindakan saya melanggar patokan alias perjanjian nan sudah saya buat dengan dosen pembimbing, saya lantas meminta maaf sebesar-besarnya kepada pengajar pembimbing saya, perihal itu saya lakukan karna kita sebagai mahasiswa kudu bisa menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika serta menepati janji mengenai dengan kesepakatan waktu nan sudah di berikan. Karna menurut saya nilai nan dianut oleh pembimbing saya merupakan tuntunan nan dapat mengantarkan ke perihal nan positif, dengan prinsip yang mereka lakukan serta di terapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka sehingga mampu mengantarkan mereka pada proses kejayaan dan bisa mencapai masa depan mereka sesuai dengan impiannya.

Saya kemudian melakukan introspeksi diri, sehingga saya meminta maaf kepada beliau dan berjanji tidak akan melakukannya kembali.

3. Bagaimana Hasilnya?

Melihat permohonan maaf dan penjelasan nan saya berikan, pengajar pembimbing saya lantas mengampuni dan mengingatkan saya untuk tidak melakukan perihal nan seperti itu. Sejak saat itu, saya mulai membiasakan diri untuk hati-hati dalam melakukan perjanjian dan berperilaku, kepada pengajar pembimbing saya terlebih lagi terhadap orang lain. Kerena setiap orang mempunyai karakter serta aturan dan nilai nan berbeda-beda, dan tugas kita sebagai mahasiswa adalah menghargai nilai dan patokan tersebut, selama itu tidak bertentangan dengan nilai-nilai kebenaran, serta tidak melakukan hal-hal nan melanggar nilai dan norma serta perjanjian yang sudah diikrarkan.

D. Ceritakan Secara Spesifik, Situasi Pengalaman Anda Saat Bekerja Sama Dengan Orang Lain nan Memiliki Beragam Perbedaan Seperti Budaya, Cara Pandang, Latar Belakang Dll.

1. Ceritakan Secara Spesifik Situasinya, Apa Tujuan Dari Kerjasama nan Terjadi, Keberagaman Seperti Apa nan Terjadi?

Saya mempunyai pengalaman bekerjasama dengan orang nan mempunyai perbedaan langkah pandang, pada saat itu kami diminta oleh pengajar untuk membikin projek kajian kejadian sosial nan terjadi di masyarakat secara berkelompok. Dalam obrolan golongan tersebut saya sebagai ketua kelompok menyarankan untuk menganalisis kejadian sosial kemiskinan, sementara teman saya menginginkan untuk kita membahas masalah pekerjaan tukang becak dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Saya berpikir sebaiknya kita membahas masalah kemiskinan karna menurut saya persoalan tersebut terjadi secara menyeluruh di wilayah di Indonesia, sementara kawan saya menilai bahwa sebaiknya untuk persoalan nan kudu kita lakukan pembahasannya adalah masalah pekerjaan tukang becak karna sedang hangat terjadi dan menjadi pembicaraan hangat masyarakat karena banyak munculnya transportasi online kendaraan pribadi sehingga sedikit demi sedikit pekerjaan tukang becak ini mulai tergerus.

2. Langkah-Langkah Apa nan Anda Lakukan Untuk Mencapai Tujuan Kerjasama, Bagaimana Anda Memastikan Langkah-Langkah Tersebut Sejalan Dengan Kebutuhan Semua Pihak?

Dengan perbedaan pendapat tersebut, saya lantas membujuk teman-teman saya untuk berdiskusi, tentang bagaimana langkah nan baik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dan sewaktu saya pulang dari kampus pun saya menemui beberapa orang tukang becak nan mangkal di pangkalannya saya pun melakukan wawancara singkat dengan mereka, rupanya kondisi pendapatannya sangat memprihatikan, mereka melakukan penjelasan kepada saya soal kebutuhan hidup mereka, sebelum adanya ojek/kendaraan online pendapatan mereka sehari tetap bisa lebih dari Rp 100.000 tetapi sekarang penumpang/pelanggan mereka sudah banyak yang pindah ke kendaraan online. Akhirnya kami sepakat untuk melakukan masyarakat dengan masing-masing pihak melakukan rasionalisasi terlebih dahulu, dengan rasionalisasi kami berambisi dapat memberikan penguatan terhadap masing-masing pendapat agar nantinya keputusan nan kita ambil menjadi keputusan nan terbaik untuk golongan kami.

3. Apa Hasil nan Anda Capai Waktu Itu  ? 

Dari hasil musyawarah yang kami lakukan, akhirnya kami memutuskan untuk memilih opsi dari kawan saya untuk kita mengangkat masalah pekerjaan tukang becak . Dan saya sebagai nan berbeda pendapat tersebut menerima cengkir baik hasil musyawarah kami, karna sebagai ketua kelompok saya tidak kudu mementingkan kepentingan saya, karna menurut saya nan paling utama adalah kepentingan golongan saya.

Dari keputusan tersebut saya dan teman-teman pun mulai melakukan tugas tersebut mengenai pekerjaan tukang becak, kami mulai menentukan titik-titik untuk melakukan proses wawancara terhadap pekerjaan tukang becak. Alhamdulillah dari hasil tugas mata kuliah projects analisis fenomena sosial tersebut saya dan teman-teman golongan mendapatkan respon serta nilai nan baik dari pengajar saya.

Berikut ini lanjutnya Contoh Jawaban Essay Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024.

E. Ceritakan salah satu pengalaman Anda saat mengembangkan kemampuan dan keahlian dari orang lain (contoh: anak didk, rekan sejawat, anggota komunitas/organisasi)

1. Ceritakan Salah Satu Pengalaman Anda Saat Mengembangkan Keterampilan Atau Kemampuan Dari Orang Lain?

Saya mempunyai pengalaman mengembangkan orang lain ketika saya menjadi mahasiswa pada jenjang SI Pengalaman tersebut, saya dapatkan ketika saya diharuskan untuk melaksanakan PPL nan sudah menjadi mata kuliah dalam perguruan tinggi. Dalam program PPL, saya ditugaskan untuk mengajar pada sebuah sekolah menengah atas di wilayah terpencil. Disana saya mengajar tentang pelajaran pendidikan pengetahuan permukaan bumi pada kelas 10 dan 11.

2. Apa Saja nan Menjadi Fokus Pengembangan, Bagaimana Cara Membangun Kesepakatan Untuk Mencapai Hasil nan Diharapkan?

Dalam melaksanakan PPL tersebut saya berfokus kepada peningkatan motivasi belajar peserta didik,terutama dalam pelajaran pendidikan pengetahuan permukaan bumi . Dalam mencapai hasil nan diharapkan, saya bersama-sama dengan kawan golongan PPL nan disetujui oleh siswa untuk menggunakan pembelajaran berbasis digital, sehingga motivasi belajar siswa bakal lebih meningkatkan karena proses pembelajaran berjalan secara inovatif dan interaktif.

Sehingga para siswa dapat melihat langsung media pembelajaran nan kami pakai dalam proses belajar mengajar. Dan perihal itu juga dapat meningkatkan performa pembelajaran siswa, lantaran selama ini para pembimbing nan ada di sekolah tersebut melakukan pembelajaran dengan metode mencatat di papan tulis, sehingga para siswa kadang merasah jenuh untuk menerima pembelajaran dari para pembimbing gurunya.

3. Langkah-Langkah Apa nan Anda Ambil Untuk Pengembangan Tersebut? Apa Hambatan nan Anda Temui Dan Bagaimana Cara Mengatasinya ? 

Sebelum memilih mengembangkan motivasi belajar siswa, kami terlebih dulu berbincang dan melakukan observasi dan kajian awal. Hal itu, dilakukan untuk mengetahui apa nan menjadi kendala dalam proses pembelajaran, dari observasi dan kajian tersebut.

Adapun observasi yang kami lakukan adalah dengan memandang pembimbing pamong alias pembimbing pembimbing nan mengajar di kelas dan kami pun duduk di belakang untuk mengawasi proses belajar mengajar selama kurang lebih tiga jam dengan alokasi waktu 45 menit di situ kami menemukan bahwa anak-anak mengalami kesulitan dalam belajar dan pembelajaran pendidikan geografi yang tidak interaktif, sehingga motivasi belajar siswa menjadi berkurang. Sehingga, kami memutuskan untuk menggunakan media digital agar proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.

Dalam proses menggunakan media digital, kami mengalami kesulitan dengan akses internet dan juga kesulitan dalam mencari bahan ajar nan cocok untuk membikin media tersebut. Menanggapi kesulitan, kami lantas berbincang dan berkordinasi dengan pihak sekolah dan akhirnya kami menemukan solusi atas masalah nan kami hadapi.

4. Bagaimana Hasil nan Anda Peroleh Dari Membantu Mereka?

Hasil pemanfaatan media digital dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa menjadi lebih baik, hal itu dibuktikan dengan aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran menawarkan umpan kembali langsung untuk anak-anak dan guru. Bagi guru, umpan kembali sangat krusial dalam pembelajaran untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran, dan bagi anak-anak dapat memperbaiki gimana style dan langkah belajarnya..

F. Ceritakan Salah Satu Keputusan Penting Dalam Suatu Kegiatan Baik Di Pekerjaan, Organisasi, Komunitas, Perkuliahan nan Pernah Kamu Ambil.

1. Apa Yang Menyebabkan Anda Mengambil Keputusan Tersebut?

Pada semester 7, sebagai mahasiswa kita dihadapkan kepada proyek pengabdian Masyarakat alias sering juga disebut dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pada saat pembagian kelompok, saya mendapatkan kelompok nan terdiri dari 12 orang.

Dan letak tempat (KKN) saya dan kawan golongan ada pada salah satu sekolah menengah atas. Setelah kami berkonsultasi dengan pihak sekolah, kami diminta untuk membikin proyek papan nama sekolah, kami lantas menyusun Rancangan Anggaran Belanja (RAB).Kami mulai menyusun dan mengerjakan Proyek papan nama sekolah tersebut tahap demi tahap. Hingga terjadi peristiwa nan cukup mengagetkan, ialah anggaran nan kami rancang rupanya tidak cukup. Kami kekurangan anggaran. Semua personil golongan mempertimbangkan untuk memberhentikan Proyek ini dan mencoba untuk membikin proyek lain nan lebih kecil.

Sebagai seorang Ketua Kelompok saya tidak mau jika Proyek nan sudah kita bangun sejauh ini menjadi sia-sia. Saya kemudian mengusulkan untuk melakukan penggalangan biaya berupa Bazar, dan hasilnya kami bisa mendapatkan support dan proyek kami bisa terlaksana.

2. Bagaimana Anda Mengidentifikasi Dan Memperoleh Pemahaman nan Lebih Baik Tentang Permasalahan Yang Ada?

Keputusan untuk melanjutkan Program KKN tersebut dengan coba mengusulkan buahpikiran alias pendapat untuk membikin Bazar/kupon untuk di jual, saya peroleh ketika saya berpikir secara mendalam. Saya lantas mengingat bazar alias kopon ini merupakan salah satu jalan untuk saya dan teman- kawan kelompok untuk bisa kami lakukan, sesuai dengan kapabilitas kami hanya sebagai mahasiswa dan pasti masyarakat bakal membantu kami.

Selain itu saya juga sempat melihat beberapa aktivitas nan dilakukan oleh mahasiswa seperti membantu orang yang tertimpa musibah alam alias seremoni hari-hari besar keagamaan itu mereka lalukan pencarian biaya berupa pembuatan pagelaran alias kopon untuk di jual, sehingga saya berpikir jika saya dan teman-teman golongan membikin Bazar alias kopon untuk di jual bisa membantu dalam melanjutkan proyek nan kami buat.

3. Apa Yang Menjadi Pertimbangan Anda, Mengapa? Jelaskan Proses Dan Langkah- Langkah Dalam Mengambil Keputusan Tersebut? 

Hal nan menjadi pertimbangan saya untuk mengambil keputusan tersebut adalah asas kebermanfaatan, saya berpikir jika kita tidak melanjutkan proyek tersebut, prinsip kita untuk melaksanakan pengabdian kepada lembaga sekolah tersebut menjadi hilang, selain itu kita sudah mengajak para guru-guru untuk membantu untuk menyumbangkan anggaran.

Akan sangat disayang kan jika kita kemudian tidak menyelesaikan program tersebut dan memilih untuk membuat program nan lebih kecil. Proses saya mengambil keputusan tersebut nan pertama yaitu berasal dari pemikiran saya nan menilai program tersebut untuk kudu dilanjutkan. Setelah itu saya membujuk kawan golongan saya untuk berbincang dan bermusyawarah, hal itu saya lakukan mengingat KKN merupakan tugas berbareng dan kudu disepakati secara bersama-sama.

Setelah sepakat untuk membuat Bazar alias kopon kami lantas membagi peran masing-masing, ada nan berkordinasi dengan pihak nan kita ajak kerja sama untuk kelak pengambilan kupon di tempat mereka, ada nan mengetik format penjualan bazar/ kupon nya dan ada nan menggunting bazar atau kopon tersebut dan setelah itu kami mulai melakukan penjualan kupon nya.

4. Bagaimana Hasil Dari Keputusan nan Anda Ambil? 

Hasil dari keputusan yang saya ambil adalah proyek KKN kami nan membangun papan nama sekolah tersebut berjalan dengan baik. Dan pihak sekolah pun merasa bangga terhadap saya dan teman-teman kelompok atas hasil upaya nan kami lakukan.Selain itu nan tidak kalah penting, kami sebagai tim bisa menyelesaikan masalah nan kami hadapi secara bersama-sama sehingga kami mendapatkan kepuasan secara bersama-sama juga.

G. Ceritakan Secara Spesifik Saat Anda Dihadapkan Dengan Beberapa Tugas Dalam Waktu Bersamaan.

1. Seperti Apa Situasi Saat Itu? Kapan Situasi Tersebut Terjadi.

Saya seringkali dihadapkan pada situasi seperti ini, apalagi pada saat saya tetap kuliah S1.Saya sering mendapatkan tugas nan diberikan oleh pengajar dengan deadline di hari dan jam nan sama. Situasi ini semakin sering saya hadapi ketika menjelang ujian akhir, terkadang 1 pengajar bisa memberikan tugas lebih dari 1 nan dikumpulkan dalam waktu nan sama, perihal itu biasanya dilakukan oleh pengajar untuk mengejar ketertinggalan nilai kami.

Untuk bisa menyelesaikan tugas tugas nan sudah di berikan oleh pengajar kepada saya maka saya kudu mengatur strategi untuk bisa menyelesaikan tugas nan sudah di berikan kepada saya dan bisa mengumpulkan sesuai dengan waktu nan sudah di berikan.

2. Apa Yang Anda Lakukan Dalam Mengatur Tugas-Tugas Tersebut, Bagaimana Anda Memastikan Tugas-Tugas Tersebut Sesuai Degan Waktu nan Ditentukan?

Dalam mengatur tugas-tugas tersebut agar selesai sesuai dengan waktu nan ditentukan saya terbiasa untuk membuat perencanaan melalui agenda tugas nan dicatat pada kitab catatan ataupun notebook di Hp. Daftar aktivitas nan saya buat tersebut di list berasas waktu pengumpulan nya, tingkat kesulitan tugas nya. Dengan langkah itu saya bisa mengidentifikasi tugas mana nan kudu di prioritaskan dan kudu dikerjakan terlebih dahulu, perihal ini saya buat lantaran mengingat lantaran pengajar saya selalu disiplin terhadap waktu nan sudah di tentukan.

Selain itu dalam melaksanakan tugas nan diberikan oleh pengajar saya juga terbiasa untuk melakukan kerja kelompok bersama kawan kelas saya, perihal itu saya lakukan untuk mempermudah kami menyelesaikan tugas karna kami selalu berganti pikiran.

3. Sumber Daya Apa nan Anda Gunakan Untuk Menyelesaikan Tugas Tersebut? Apa Hambatan Yang Anda Temui Dan Bagaimana Hasilnya? 

Dalam menyelesaikan tugas tersebut, saya biasanya memanfaatkan sumber daya teknologi seperti handphone, buku catatan, laptop dan lain- lain untuk membikin daftar tugas nan kudu saya selesaikan dan mempermudah saya menyelesaikan tugas dengan support teknologi. Selain itu secara kolaboratif berbareng kawan kelas, kami membikin golongan belajar untuk berdiskusi dan berganti info nan berangkaian dengan tugas nan diberikan pengajar kepada kami.

Adapun halangan nan saya temui dalam menyelesaikan tugas tugas tersebut adalah ketidakpahaman saya terhadap separuh tugas nan di berikan oleh pengajar kepada saya, tetapi perihal itu bisa saya atasi karena keberanian saya dalam menanyakan ketidakpemahaman saya kepada Dosen mata kuliah tersebut alias juga kepada kawan teman saya.

4. Bagaimana Hasilnya?

Dengan memanfaatkan Sumber daya teknologi dan manusia nan ada disekitar saya semua tugas nan diberikan oleh dosen dapat terselesaikan dengan baik, serta waktu pengumpulan tugas nya pun sesuai dengan waktu nan sudah di berikan dan saya hingga saat ini terbiasa untuk melakukan tugas nan lebih dari satu tugas karna sudah terbiasa.

Demikian Contoh Jawaban Esai (Essay) Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024. Semoga bermanfaat untuk memberikan inspirasi bagi para calon pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2024 inii. Terima kasih.



Selengkapnya
Sumber Jelajah Informasi
Jelajah Informasi