Daftar Makanan Khas Thailand Mulai Dari Tom Yum Hingga Dessert

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Makanan unik Thailand – Apakah Grameds mempunyai akun Instagram, TikTok alias YouTube? Biasanya, ada beberapa pembuat video asal Thailand nan me-review makanan alias membikin konten mukbang makanan unik Thailand.Berkat para pembuat tersebut, makanan Thailand pun menjadi viral dan terkenal di beberapa sosial media. Baru-baru ini, makanan Thailand nan viral adalah udang nan disajikan hidup-hidup.

Ada banyak makanan unik dari Thailand selain kepopuleran udang tersebut lho. Salah satunya adalah mango sticky rice nan mempunyai banyak peminat. Namun, selain dessert seperti mango sticky rice, ada banyak makanan unik Thailand nan bakal menggoyang lidah!

Contohnya adalah Tom Yum, sajian seafood dengan kuah masam pedas manis alias beragam macam salad dengan saus nan masam dan pedas. Apa saja makanan unik lain dari Thailand? Simak daftarnya berikut ini!

Ciri Khas Makanan dari Thailand

Sumber: Pixabay.com/Augustinus Martinus Noppé

Makanan unik Thailand adalah salah satu masakan nan cukup terkenal di Indonesia. Cita rasa dari makanan unik Thailand banyak cocok di lidah sebagian masyarakat Indonesia. Makanan unik Thailand nan cukup terkenal di Indonesia adalah som tam, pad thai, tom yam dan lainnya. Sebenarnya, makanan dari Thailand tidak jauh berbeda dengan makanan dari Indonesia.

Pasalnya, makanan dari Thailand juga banyak menggunakan beragam macam rempah-rempahan. Perbedaannya, makanan Thailand condong lebih sering menggunakan rempah dan ramuan berupa ketumbar, serai, basil, daun jeruk dan cabe.

Ciri unik lain dari makanan Thailand selain pemilihan rempahnya adalah seafood. Ada banyak olahan seafood unik Thailand dan biasanya seafood tersebut bakal dimasak dengan saus masam pedas. Oleh karena itu, cita rasa dari masam dan pedas pun menjadi karakter unik dari beberapa makanan unik dari Thailand. Rasa masam dari saus-saus tersebut berasal dari tamarin alias tanaman asam.

Thailand tidak hanya terkenal dengan makanan lezatnya saja, tetapi juga terkenal dengan lokasi wisata nan menarik. Oleh lantaran itulah, banyak visitor asal Indonesia nan tertarik untuk mengunjungi Thailand.

Akan tetapi, selain kota dan lokasi wisata terkenal di Thailand seperti Phuket alias Bangkok, sebenarnya tetap ada lokasi wisata menarik lain dengan biaya nan murah. Jika Grameds tertarik untuk berjamu ke Thailand, Grameds bisa membaca kitab Amazing Thailand sebagai pedoman ketika berekreasi di negeri Gajah Putih tersebut.

Dalam kitab ini, Grameds bakal mendapatkan info seputar tempat-tempat wisata nan layak dikunjungi, perincian area penginapan, lokasi wisata menarik, transportasi umum dan kuliner halalnya. Tertarik? Beli bukunya hanya di gramedia.com!

Daftar Makanan Khas Thailand

Sumber: Pixabay.com/sharonang

Mirip dengan Indonesia, Thailand juga menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan. Tidak hanya lantaran lokasi wisata dan keelokan alamnya, tetapi juga lantaran kelezatan kuliner khasnya. Oleh lantaran itu, jangan lupa untuk mencoba makanan unik Thailand saat mengunjungi negara nan disebut Gajah Putih tersebut. Makanan unik Thailand terkenal di seluruh bumi lantaran rasanya nan lezat.

Rasanya juga cocok dengan lidah orang Indonesia. Wajar saja, mengingat sebagian besar masakan unik Thailand menggunakan rempah-rempah nan mirip dengan masakan Nusantara. Meskipun dibuat dengan menggunakan rempah dan ramuan nan nyaris mirip, tetapi cita rasa dari makanan Thailand dan Indonesia tentu saja berbeda. Nah, apa saja makanan unik Thailand tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

  • Tom Yum Goong

Makanan unik dari Thailand nan pertama adalah Tom Yum Goong. Meskipun sekilas terlihat sama dengan hidangan tom yum, tetapi kedua hidangan ini sebenarnya berbeda.

Tom yum goong adalah makanan unik dari Thailand nan berupa sup dengan cita rasa masam nan dominan dan menggunakan bahan utama berupa udang. Lalu apa perbedaan dari Tom Yum dan Tom Yum Goong?

Perbedaan dari kedua jenis makanan tersebut adalah dari bahan dasar nan digunakan untuk membuatnya. Pada hidangan Tom Yum Goong bahan dasar nan digunakan adalah udang. Sementara itu, tom yum pla biasanya berisi ikan dan tom yum taek berisi beragam macam seafood.

Setiap hidangan Tom Yum tersebut, mempunyai cita rasa nan nyaris sama ialah dominan masam dengan rasa pedas nan bervariasi. Grameds bisa memastikan tingkat kepedasan nan sesuai dengan selera sebelum memesan hidangan seafood satu ini.

  • Pad Thai

Selain Tom Yum, Pad Thai adalah makanan terkenal dari Thailand berupa mie goreng. Seperti halnya di Indonesia, Pad Thai mudah ditemui di pinggir jalan dan banyak dijual oleh pedagang kaki lima.

Pad Thai merupakan makanan unik dari Thailand nan cukup melegenda, karena makanan satu ini telah ada sejak era kerajaan Ayutthaya serta dipercayai sebagai kuliner nan asalnya dari negara China alias Vietnam.

Makanan Pad Thai ini terdiri dari mie nan kemudian dimasak dengan langkah digoreng. Pada umumnya jenis mie nan digunakan untuk membikin Pad Thai adalah mie beras. Seperti halnya hidangan mie goreng di Indonesia, pad thai juga mempunyai isian beragam seperti telur, tahu dan kemudian diberi bumbu-bumbu mulai dari asam, saus ikan, bawang putih, gula, cabe dan kacang kedelai.

  • Gai Med Ma Moung alias Ayam Kacang Mete

Gai Med Ma Moung adalah masakan tumis ayam dengan kacang mete. Perpaduan dari ayam dengan kacang mete bakal menghasilkan tekstur nan unik di lidah. Rasa dari masakan satu ini pun tak jauh berbeda dari makanan unik Thailand lain ialah lebih condong ke masam dan juga manis lantaran diberikan tambahan kecap.

  • Kaeng Khiao Wan

Seperti halnya Indonesia, Thailand juga mempunyai hidangan kari. Salah satu perihal spesial dari kari unik Thailand ini adalah warnanya nan hijau dan rasa pedasnya.

Sebenarnya, terdapat beragam macam pilihan isi dalam kari Thailand, salah satunya nan menjadi favorit adalah ayam dan sayuran. Warna hijau nan ada pada kari satu ini berasal dari cabe hijau nan umumnya mempunyai rasa lebih pedas dibandingkan cabe merah di Thailand.

Selain menggunakan cabe hijau, bahan-bahan nan digunakan dalam Kaeng Khiao Wan adalah santan, gula aren, pasta kari hijau, dan saus ikan. Terkadang, terong alias apalagi buah-buahan juga ditambahkan dalam hidangan ini. Untuk pasta kari hijau, dibuat dengan mencampurkan bumbu-bumbu, biji jintan, pasta udang, dan garam, lampau digoreng dengan krim kelapa. Kaeng khiao wan biasanya disajikan dengan nasi, mie, daging ayam alias sapi, alias apalagi roti.

  • Sweet Cassava

Singkong Thailand merupakan salah satu hidangan unik Thailand nan cocok sebagai makanan penutup. Dessert satu ini terdiri dari singkong nan rebus kemudian dilumuri dengan santan, hidangan ini memberikan kombinasi rasa manis, dan gurih nan pasti bikin ketagihan!

Rasa manis singkong nan berasal dari perebusan berbareng gula, dipadukan dengan kelezatan saus santan nan kental. Makanan Sweet Cassava ini adalah salah satu dessert terkenal dari Thailand selain Mango Sticky Rice. Tak hanya lantaran rasanya nan enak, tetapi proses pembuatan nan mudah pun membikin makanan ini cukup terkenal.

Hal ini lantaran untuk membikin sweet cassava, Grameds tidak memerlukan oven alias proses memanggang dan perangkat nan rumit. Jadi, meskipun belum bisa ke Thailand, Grameds bisa membikin makanan ini sendiri di rumah. Selain Sweet Cassava, jika Grameds mempunyai sweet tooth dan mau makan dessert nan tak ribet proses membuatnya, Grameds bisa mencoba resep-resep dessert no bake.

Dalam kitab No Bake Dessert, Grameds bakal mendapatkan beragam macam resep hidangan dessert nan mudah dibuat dan tanpa memerlukan proses pemanggangan. Tertarik? Dapatkan jenis originalnya hanya di gramedia.com!

  • Mango Sticky Rice

Salah satu primadona dessert dari Thailand adalah Mango Sticky Rice. Hidangan satu ini adalah perpaduan dari ketan dengan santan kental sebagai saus dan topping buah mangga.

Beberapa restoran juga memberikan taburan berupa kacang hijau nan telah digoreng hingga mempunyai tekstur crispy alias renyah. Ketiga makanan ini ketika dipadukan menjadikan tekstur dan rasa dari Mango Sticky Rice nan unik. Renyah dari kacang hijau nan telah digoreng, lampau tekstur lembut dari ketan dan rasa manis dari buah mangga dan saus santan nan kental.

Mango Sticky Rice terbuat dari beras ketan nan dikukus lampau dicampur dengan santan, gula dan sedikit garam. Lalu diberi topping buah mangga nan sudah ranum dan matang. Selain menggunakan ketan putih biasa, ada beberapa ragam dari Mango Sticky Rice nan menggunakan ketan ungu. Warna ungu didapatkan dari campuran ketan putih biasa dengan ketan hitam unik dari Thailand.

Tak hanya ragam warna ketannya saja, tetapi topping buahnya pun dapat diganti. Beberapa ada nan mengganti dengan buah durian dan lainnya. Tetapi nan paling terkenal menggunakan buah mangga.

  • Banana Pancakes

Kalau Grameds menyukai K-Pop dan familiar dengan salah satu girl group berjulukan Red Velvet, salah satu membernya ialah Yeri sangat menyukai hidangan unik Thailand satu ini.

Bagaimana tidak? Banana Pancakes alias banana roti adalah martabak pisang nan mempunyai cita rasa manis lantaran diberi topping susu kental manis dan dimasak hingga matang.

Rasa manis dari pisang dan susu serta tekstur renyah dari kulit banana pancakes ini membikin beberapa orang menjadikan makanan satu ini sebagai dessert favoritnya.

  • Khaeng Phet

Thailand tidak hanya terkenal dengan beragam hidangan Tom Yum Seafood saja, tetapi juga terkenal dengan hidangan kari. Salah satunya adalah khaeng phet ialah masakan kari merah. Khaeng phet terbuat dari campuran ramuan kari merah, santan, dan daging bisa berupa daging sapi, daging ayam maupun daging babi.

Racikan dari ramuan merah untuk Khaeng Phet ditumbuk secara tradisional menggunakan ulekan nan sama dengan nan ada di Indonesia. Bumbu kari merah ini biasanya terdiri dari cabe, jintan putih, lada, garam, terasi, lengkuas, bawang dan lainnya.

Sementara itu, proses masaknya tidak jauh berbeda dari hidangan kari pada umumnya ialah dengan memasak di atas tungku dan diberikan santan kelapa nan kental untuk membikin kuah bercita rasa medhok. 

  • Khao Pad

Nasi goreng tidak hanya terkenal di Indonesia dan China saja, tetapi juga cukup terkenal di bagian wilayah Asia nan lainnya termasuk Thailand. Hidangan nasi goreng di Thailand ini diberi nama Khao Pad.

Jika nasi goreng unik Indonesia menggunakan lebih banyak rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe nan diulek kasar dan diberi tambahan kecap manis, maka perbedaannya adalah pada penambahan saus tiram. Khao Pad merupakan hidangan nasi goreng nan dimasak dengan diberi ramuan tambahan berupa saus tiram. Sementara itu, ramuan lain nan digunakan tidak jauh berbeda dengan nasi goreng unik Indonesia.

Topping nan sering digunakan pada Khao Pad adalah telur, udang, dan beberapa jenis daging bisa berupa ayam, sapi, babi alias jenis-jenis seafood lain selain udang.

  • Guay Teow Rhua

Hidangan dengan bahan dasar mie selain pad thai adalah Guay Teow Rhua makna dari nama hidangan satu ini adalah bakmie perahu. Dinamakan dengan nama demikian, dikarenakan makanan unik Thailand satu ini di era dulu banyak dijual di atas perahu.

Apabila dalam pad thai bahan dasar mie nan digunakan adalah mie beras, pada hidangan Guay Teow Rhua, jenis mie nan digunakan cukup bervariasi bisa berupa kwetiaw, bihun dan lainnya.

Selain perbedaan pada pilihan jenis mie nan digunakan, perbedaan lain Guay Teow Rhua dengan pad thai adalah topping alias isian nan digunakan. Hidangan mie perahu ini biasa diisi dengan lauk protein hewani berupa jeroan babi, daging sapi dan nan wajib ada dalam hidangan ini adalah darah babi.

  • Kari Massaman

Kari Massaman merupakan salah satu hidangan unik Thailand nan sudah terkenal sejak abad ke-17. Makanan lezat ini biasanya disajikan dengan daging sapi alias potongan ayam sebagai isian. Kari Massaman sangat cocok disantap berbareng nasi. Rasanya nan kaya rempah dijamin membikin Grameds tidak bisa berakhir untuk menikmati hidangan ini.

Bagaimana langkah membuatnya? Jangan cemas lantaran ada kitab resep E-BOOK: SERI HIDANGAN MANCANEGARA: THAILAND nan bakal menyajikan beragam macam hidangan unik dari negeri Gajah Putih tersebut.

Grameds bisa membeli dan membaca kitab resep satu ini di gramedia.com lantaran #SahabatTanpaBatas selalu menyediakan segala keperluan Grameds, tak hanya buku, keperluan instansi hingga mainan anak pun tersedia di gramedia.com! Jadi segera beli bukunya sekarang juga!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berbobot dan original agar Grameds mempunyai info #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Sumber: 

https://www.kompas.com/food/read/2022/06/25/211700975/ciri-khas-makanan-thailand-dari-penggunaan-rempah-hingga-cita-rasa-?page=2

https://www.orami.co.id/magazine/makanan-khas-thailand

Baca juga:

ePerpus adalah jasa perpustakaan digital masa sekarang nan mengusung konsep B2B. Kami datang untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan kitab dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk memandang laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ratih

Menekuni bumi SEO writing selama 6 tahun dengan minat terhadap bumi parenting, kuliner, dan style hidup. Berlatarbelakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight mengenai beragam jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO agar bisa mengembangkan tulisan ke arah digital.

Selengkapnya
Sumber Gramedia Official Blog
Gramedia Official Blog