Dari Wallah Hingga Insya Allah, Ungkapan Islami Kini Jadi Budaya Populer Di Barat

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Disjoki dan produser DJ Khaled mendapat bintang Hollywood Walk of Fame, Senin (11/4/2022).

KINCAIMEDIA, NEW YORK -- Istilah-istilah islami saat ini seakan sudah menjadi perihal biasa diungkapkan oleh masyarakat dunia, apalagi oleh orang non-Muslim. Kata-kata "insya Allah" hingga "masya Allah" adalah beberapa kata nan sering terdengar di beragam kesempatan.

Kata-kata ini tidak lagi hanya dapat didengar di bumi Barat saat khutbah bagi umat Muslim. Tapi juga dapat ditemukan dalam lagu rap alias dalam beberapa aktivitas olahraga.

Dilansir dari Middle East Eye, atlet Ultimate Fighting Championship seperti Khabib Nurmagomedov tidak malu dengan warisan Muslim mereka dan telah menggunakan ekspresi Islami dalam wawancara. Di tempat lain, entertainer seperti DJ Khaled menerima tantangan untuk mengajarkan kata-kata Arab kepada fans mereka. Dalam salah satu klip viral, produser musik itu memperagakan pengucapan bahasa Arab.

BACA JUGA: Porta Potty Pesta Menyimpang Orang Kaya Dubai, Psikolog Muslim Ingatkan Ini

Beberapa kata sebenarnya sudah menjadi mainstream apalagi di bumi Barat, diantaranya sebagai berikut.

Ungkapan Islami nan Kini Bukan Hal Asing di Dunia Barat

• Salam

Berasal dari bahasa Arab, kata salam adalah salah satu salam nan paling banyak digunakan di Timur Tengah dan bumi Islam. Secara harfiah, salam berfaedah "damai". Kata ini serumpun dengan salam Ibrani shalom, lantaran bahasa Arab dan Ibrani adalah bahasa Semit dengan nenek moyang nan sama.

Dalam konteks Islam, salam adalah langkah singkat untuk mengatakan Assalamualaikum. Saat ini, jenis salam banyak digunakan oleh organisasi non-Muslim dan sekuler di Timur Tengah, serta di negara-negara di mana Muslim menjadi minoritas. Ungkapan itu cukup dikenal oleh rapper Maroko-Amerika French Montana untuk merilis single berjudul Salam Alaykum.

Selanjutnya...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam