Dilakukan Usai Idul Fitri, Ini Jadwal, Keutamaan, Dan Niat Puasa Syawal 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 12 Apr 2024 06:41 WIB

Warga mengunjungi kuburan massal korban tsunami Ulele Lheu saat berkunjung di Banda Aceh, Aceh, Kamis (11/4/2024). Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra Warga mengunjungi kuburan massal korban tsunami Ulele Lheu saat berkunjung di Banda Aceh, Aceh, Kamis (11/4/2024).

KINCAIMEDIA, JAKARTA -- Setelah menjalani ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh, umat Islam juga dianjurkan melaksanakan ibadah puasa nan dikenal dengan puasa Syawal.

Puasa ini dilakukan enam hari sejak 2 Syawal 1445 Hijriyah. Idul Fitri 2024 jatuh pada Rabu, 10 April sehingga puasa sunnah Syawal sudah bisa dilakukan mulai 11 April 2024.

Puasa di bulan Syawal adalah salah satu puasa nan disunahkan. Bulan Syawal menjadi momentum nan tepat untuk meningkatkan kualitas diri setelah berpuasa di bulan Ramadhan.

Puasa sunnah ini dilaksanakan umat Islam setelah Hari Raya Idul Fitri dan mempunyai banyak keutamaan. Apa saja keistimewaan dari kesunahan puasa enam hari di bulan Syawal?

Keutamaan Puasa Syawal

Puasa Ramadhan nan dijalani selama sebulan lamanya menjadi berlipat-ganda lagi nilainya jika dilengkapi dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal. Dalam sebuah hadits dinyatakan berpuasa enam hari setelah Idul Fitri bakal menerima pahala layaknya puasa selama satu tahun.

Selanjutnya...

Selengkapnya
Sumber Intisari Islam
Intisari Islam