Doa Awal Ramadhan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia– Sungguh gembira, kita telah memasuki bulan suci Ramadhan. Tepatnya hari Selasa, 12 Maret 2024 Pemerintah Indonesia telah menetapkannya sebagai awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah. Dalam rangka menyambut bulan suci ini umat muslim diharapkan untuk menyambutnya dengan suka cita. Nah berikut angan awal Ramadhan.

Sebagaimana dengan firman Allah SWT dalam QS Yunus: 58 berikut ini.

قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

Artinya: Sampaikanlah wahai Nabi Muhammad, berbareng karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaknya berbareng itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu lebih baik dari apa nan mereka kumpulkan dari kekayaan benda, (Q.S Yunus: 58).

Bahkan perlu kita ketahui, sejak era Rasulullah SAW, para sahabat dan ustadz pun menyambut kehadiran bulan Ramadhan dengan penuh suka cita, dan melepasnya dengan tangisan. Sebagaimana diriwayatkan dalam sabda Dorrutun Nasihin nan berbunyi:

Artinya: “Siapa nan berbahagia dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah bakal mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

Selain itu, umat muslim juga bisa mengamalkan doa-doa menyambut datangnya Ramadhan. Berikut ini doa-doa untuk menyambut Ramadhan sesuai dengan aliran Nabi Muhammad SAW.

Doa Awal Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

Sebagaimana nan diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani dan Imam Ad-Dailami, Nabi Muhammad SAW mengamalkan angan berikut:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allahumma sallimni li Ramadhana, wa sallim Ramadhana li, wa sallimhu minni.

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah saya (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan Hilal) ramadhan untukku, dan selamatkanlah saya (dari maksiat) di bulan Ramadhan.”

Doa Agar Di Bulan Ramadan Mendapat Keberkahan

Sebagian umat Islam juga dapat membaca angan sembari meminta keberkahan dan bimbingan. Doa ini diriwayatkan oleh HR Tirmidzi, nan berbunyi:

اللَّهُمَّ أَهْلُهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَ الْإِيْمَانِ وَ السَّلَامِ وَ الْإِسْلَامِ وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَ ارْضَى رَبِّي وَ رَبُّكَ اللَّهُ

Allahumma ahluhu ‘alayna bil-yumni wal-īmāni was-salāmi wal-Islāmi wa at-tawfīqi limā tuhibbu wa ardā, rabbi wa rabbuka Allāh.

Artinya: “Ya Allah hadirkanlah kepada kami bulan (Ramadhan) ini dengan keberkatan dan keagamaan dan dengan tenteram dan Islam, serta pengarahan dan keberhasilan melakukan apa nan Engkau senangi. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.” (HR Tirmidzi).

Semoga di bulan suci Ramadhan ini, kita senantiasa dilimpahkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Demikian, semoga bermanfaat.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah