Doa Berlindung Dari Orang Jahat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia– Berikut ini adalah angan berlindung dari orang jahat. Hidup di bumi nan penuh dengan kompleksitas dan keragaman manusia, terkadang kita dihadapkan dengan orang-orang nan mempunyai niat jahat.

Kehadiran mereka dapat membawa akibat negatif dan membahayakan diri kita, baik secara bentuk maupun mental. Dalam situasi ini, angan menjadi salah satu senjata efektif untuk berlindung dan memohon pertolongan Allah SWT.

Doa berlindung dari orang jahat bukan hanya tentang meminta keselamatan dari bahaya, tetapi juga tentang memohon kekuatan untuk tetap teguh pada jalan nan betul dan terhindar dari pengaruh negatif. Doa ini merupakan corak ikhtiar dan penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT, dengan kepercayaan bahwa Dia lah nan Maha Melindungi dan Maha Penolong.

Nah berikut beberapa angan nan dapat diamalkan untuk berlindung dari orang jahat. Pertama dalam Q.S Ghafir [40] ayat 9, Allah berfirman;

وَقِهِمُ السَّيِّاٰتِۗ وَمَنْ تَقِ السَّيِّاٰتِ يَوْمَىِٕذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهٗ ۗوَذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ ࣖ

Wa qihimus-sayyi’āt(i), wa man taqis-sayyi’āti yauma’iżin faqad raḥimtah(ū), wa żālika huwal-fauzul-‘aẓīm(u).

Artinya; Lindungilah mereka dari keburukan. Siapa nan Engkau lindungi dari keburukan pada hari itu, sungguh, Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya. Itulah kemenangan nan agung.”

Kedua, angan berlindung dari orang zalim, sebagaimana dalam Q.S al-Qasas [28] ayat 21;

ۖقَالَ رَبِّ نَجِّنِيْ مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ ࣖ


qāla rabbi najjinī minal-qaumiẓ-ẓālimīn(a).
Artinya; “Ya Tuhanku, selamatkanlah saya dari kaum nan zalim.”

ketiga, Dalam Ihya Ulumiddin, Imam al-Ghazali memasukkan satu angan untuk meminta perlindungan dari kejahatan nan berasal dari diri sendiri maupun setan. Doa ini disarankan untuk dibaca saat pagi, sore, dan sebelum tidur.

اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَواتِ والأرضِ عَالمَ الغَيْب وَالشَّهَادةِ، ربَّ كُلِّ شَيءٍ وَمَلِيكَهُ. أَشْهَدُ أَن لاَ إِله إِلاَّ أَنتَ، أَعُوذُ بكَ منْ شَرِّ نَفسي وشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكهِ

Allahumma fathiras samawati wal ardhi ‘alimal ghaibi was syahadati robba kulli syai-in wa malikahu. Asyhadu alla ilaha illa anta a’uzu bika min syarri nafsi wa syarris syaithani wa syirkihi.

Artinya; “Ya Allah, nan menjadikan langit dan bumi, nan mengetahui nan gaib dan nan nyata, Tuhan bagi tiap-tiap sesuatu dan nan memilikinya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan nan berh

Doa ini memohon perlindungan Allah SWT dari beragam macam kejahatan, termasuk dari orang-orang nan zalim, makhluk berbisa, dan seluruh makhluk ciptaan-Nya. Selain itu, terdapat beberapa angan lain nan bisa dipelajari dan diamalkan.

Memanjatkan angan berlindung dari orang jahat tidak hanya memberikan ketenangan hati, tetapi juga memberikan kekuatan dan keteguhan dalam menghadapi beragam rintangan dalam hidup. Doa ini menjadi pengingat bahwa Allah SWT adalah sebaik-baik pelindung dan penolong bagi hamba-Nya nan beriman.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah