Doa Makan Sahur

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia– Artikel ini bakal membahas tentang angan makan sahur. Sejatinya, angan makan sahur merupakan salah satu sunnah dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sahur bukan hanya sekadar makan dan minum di awal hari, namun mempunyai banyak keistimewaan dan faedah bagi umat Islam nan menjalankannya.

Di antara keistimewaan sahur adalah mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

السُّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Artinya; Makan sahur itu penuh berkah, maka jangan tinggalkan. Sekalipun kalian hanya minum seteguk air. Karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang nan bersahur.(HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, sahur juga membantu tubuh untuk mendapatkan daya nan cukup sehingga dapat berpuasa dengan optimal throughout the day. Oleh lantaran itu, sebaiknya untuk menyantap makanan nan bergizi seimbang saat sahur.

Waktu terbaik untuk makan sahur adalah menjelang azan Subuh alias sebelum memasuki waktu imsak. Hal ini bermaksud agar tubuh mempunyai waktu untuk mencerna makanan dan mendapatkan daya nan maksimal sebelum memulai puasa.

Di kembali ibadah sahur, terdapat rekomendasi untuk membaca angan sebelum dan sesudahnya. Membaca angan sebelum makan sahur mempunyai beberapa keutamaan. Pertama, angan menjadi bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat rezeki nan Allah berikan.

Kedua, angan memohon keberkahan dalam makanan agar memberikan daya dan kekuatan saat berpuasa. Ketiga, angan juga menjadi sarana untuk memohon perlindungan Allah SWT dari rasa lapar dan dahaga nan berlebihan.

Berikut referensi doanya:

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn

Artinya: “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka nan bersahur.”

Dengan demikian, membaca angan sebelum dan sesudah menyantap hidangan sahur memegang peranan penting. Diawali dengan angan pembuka nan memohon keberkahan pada makanan, dan diakhiri dengan angan penutup sebagai corak syukur atas rezeki nan telah berikan.

Dengan membiasakan diri membaca angan sahur, seyogianya ibadah ini menjadi lebih bermakna. Selain itu, kita juga memohon agar puasa nan kita jalankan mendapatkan ridho dan mendatangkan keberkahan dari Allah SWT.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah