Doa Malam Lailatul Qadar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia– Berikut ini angan malam lailatul qadar. Malam Lailatul Qadar adalah malam nan sangat spesial dan dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam. Keutamaannya dijelaskan langsung dalam Al-Quran, surat Al-Qadr ayat 1 sampai 5.

Tambahkan Pos Baru

Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Artinya, pahala nan didapatkan dari kebaikan ibadah pada malam tersebut dilipatgandakan nilainya, setara dengan beragama selama seribu bulan, alias sekitar 83 tahun lamanya.

Disebutkan pula bahwa pada malam Lailatul Qadar, malaikat dan rahmat Allah SWT turun ke bumi. Suasana malam ini dipenuhi dengan ketenangan dan keberkahan. Ini adalah malam nan penuh pembebasan dan kemuliaan. Bagi mereka nan beragama dengan sungguh-sungguh pada malam Lailatul Qadar, bakal mendapatkan pahala nan berlimpah dan pembebasan atas dosa-dosa nan telah lalu.

Meskipun malam Lailatul Qadar mempunyai keistimewaan nan luar biasa, namun Allah SWT tidak memberikan petunjuk mengenai tanggal pasti kapan malam tersebut terjadi. Hadis Rasulullah SAW menyebut bahwa Lailatul Qadar terdapat pada salah satu malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Oleh lantaran itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan ibadah baik pada seluruh malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, dengan angan bisa berjumpa dengan kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar, malam nan penuh keberkahan dan kemuliaan, adalah waktu nan sangat spesial bagi umat Islam. Di malam ini, diyakini pahala kebaikan dilipatgandakan dan doa-doa nan dipanjatkan mempunyai kesempatan lebih besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh lantaran itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan angan pada malam Lailatul Qadar.

Salah satu angan nan dianjurkan untuk dibaca pada malam Lailatul Qadar diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi. Doa tersebut berbunyi:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī

Artinya, “Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf nan pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh lantaran itu, maafkanlah saya (maafkanlah kami).”

Salah satu angan nan dianjurkan untuk dibaca pada malam Lailatul Qadar diriwayatkan oleh lima Imam hadits selain Imam Abu Dawud. Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim, Imam at-Tirmidzi, Imam Nasai, dan Imam Ibn Majah. Hadits ini dinilai shahih oleh Imam at-Tirmidzi dan Imam al-Hakim. Ini doanya;

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh lantaran itu, maafkanlah aku.

Demikian penjelasan mengenai angan malam lailatul qadar. Semoga kita semua mendapatkan keistimewaan malam mulia ini. Wallahu ‘alam. [Baca juga: Doa Malam Lailatul Qadar Lengkap]

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah