Doa Menerima Zakat Fitrah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Kincaimedia– Menjelang Hari Raya Idul Fitri, amal fitrah menjadi salah satu ibadah krusial nan tidak boleh dilewatkan. Di kembali tanggungjawab menunaikan zakat, terdapat angan nan dianjurkan untuk dibaca oleh penerima zakat. Nah berikut keteranga angan menerima amal fitrah.

Doa menerima amal fitrah merupakan ungkapan rasa syukur nan mendalam atas limpahan berkah dari Allah SWT. Di momen spesial ini, angan dipanjatkan untuk mendoakan kebaikan bagi para pemberi zakat.

Doa diawali dengan rasa syukur atas karunia amal fitrah nan diterima. Zakat fitrah merupakan corak pensucian diri dan penolong bagi fakir miskin. Doa ini mencerminkan rasa senang dan terima kasih atas kesempatan untuk berbagi dan membantu sesama.

Berikut referensi angan menerima amal fitrah, sebagaimana dijelaskan dalam kitab Al Mubdi’ Syarhul Muqni, Jilid II, laman 406:

أَجَرَكَ اللَّهُ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَبَارَكَ اللَّهُ فِيْمَا أَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُورًا

Ajaraka Allāhu fīmā a’ṭayta wa bāraka Allāhu fīmā abqayta wa ja’alahu laka ṭhahūrā.

Artinya: “Semoga Allah memberikan pahala atas apa nan engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas kekayaan nan kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Selain itu, ada juga angan menerima amal dari Syekh Nawawi Banten, nan termaktub dalam kitab Nihayatuz Zain. Mendoakan orang nan mengeluarkan amal merupakan salah satu corak rasa syukur atas amal nan telah diberikan. Selain itu, angan ini juga dapat mendatangkan pahala bagi orang nan mendoakan.

طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ

Thahharallāhu qalbaka fī qulūbil abrār, wa zakkā ‘amalaka fī ‘amalil akhyār, wa shallā ‘alā rūhika fī arwāhis syuhadā’.

Artinya: “Semoga Allah menyucikan hatimu di antara hati orang-orang nan berbakti, menyempurnakan amalmu di antara kebaikan orang-orang nan shaleh, dan mencurahkan rahmat-Nya atas ruhmu di antara ruh para syuhada.”

Doa tersebut berisi permohonan agar Allah membersihkan hati mereka seperti hati orang-orang nan berbakti, kebaikan mereka menjadi baik seperti kebaikan orang-orang nan shaleh, dan memohonkan rahmat serta limpahan pahala seperti nan diberikan kepada para syuhada.

Selengkapnya
Sumber Bincang Syariah
Bincang Syariah